Chevrolet Silverado Electric Bersiap Lawan Tesla Cybertruck

21/11/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Chevrolet Silverado Electric Bersiap Lawan Tesla Cybertruck
Keberadaan Tesla Cybertruck sebagai pick up truk bertenaga baterai listrik benar-benar memacu produsen lain untuk menghadirkan model serupa. Kini kabar terbaru muncul akan rencana hadirnya Chevrolet Silverado electric.

Setelah Ford mengumumkan sedang mempersiapkan F-150 varian dengan baterai listrik, maka kini kabar serupa datang dari pihak General Motors (GM). Tentunya untuk melawan Ford F-150 electric, GM tidak akan menyodorkan GMC Hummer EV karena mobil tersebut dianggap terlalu mahal.

GM sadar, untuk melawan F-150 dibutuhkan model yang setimpal. Sehingga mereka pun memikirkan untuk menghadirkan pick up elektrik dengan harga yang lebih terjangkau dibading Hummer EV. Jadi yang akan ditawarkan adalah Chevrolet Silverado electric.

Sebenarnya Silverado bermesin motor dan baterai listik ini pernah digoda oleh Chevrolet beberapa bulan lalu. Saat itu mobil tersebut muncul dalam bentuk siluet dengan nama Batery Electric Truck.

>>> Ford F-150 Listrik Bakal Jadi Pick Up Terkuat Ford?

Chevrolet Silverado Electric Masuk dalam Strategi Masa Depan GM

 GM EV plan

Silverado EV masuk dalam rencana full-size pick up GM

Kini, seperti dikutip dari Autoevolution, Jumat (20/11/2020), pada Barclays 2020 Global Automotive Conference, para petinggi GM mengkonfirmasi jajaran lini produk elektrik mereka. Diantaraya Bolt EV facelift, Bolt EUV dan juga sebuah full-size pickup dari merk Chevrolet. Sementara untuk merk GMC yang masuk daftar adalah Hummer EV dan Sierra EV. Lalu untuk Cadillac, GM menyodorkan nama Lyriq dan Celestiq.

"Perubahan iklim itu nyata, dan kami ingin menjadi bagian dari solusi ini dengan mendorong semua orang untuk menggunakan kendaraan listrik," kata Mary Barra, Chief Executive GM. "Kami sedang dalam proses transisi menuju portofolio serba elektrik. Kami dapat mempercepat program EV karena kami membangun baterai, perangkat lunak, dan manufaktur yang unggul," lanjut dia.

Pihak GM sebelumnya juga sudah menegaskan kalau mereka telah mampu membuat baterai Ultium generasi kedua yang memiliki kepadatan energi dua kali lipat lebih baik tapi dengan biaya produksi setengah lebih rendah dari baterai Ultium yang dipakai pada Hummer EV. Sehingga nantinya produk-produk GM yang menggunakan baterai terbaru ini bisa memiliki harga lebih murah.

>>> Daftar Mobil Listrik Murah yang Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

Harganya Bakal Mirip Tesla Cybertruck

Chevrolet Silverado Electric teaser

Kemunculan perdana Silverado EV dalam bentuk siluet

>>> Review Chevrolet Silverado 2020: Intip Yuk, Si ‘Monster’ Gagah Asal Amerika

Menurut Barra, direncanakan ada 30 kendaraan listrik GM yang akan diluncurkan sampai tahun 2025. Itu artinya Chevrolet Silverado electric paling lambat hadir dalam 5 tahun ke depan.

"Kami sudah membuat prototipe untuk menguji baterai baru ini dan akan tersedia produksinya pada pertengahan dekade," sebut Barra.

Dengan harga komponen yang lebih murah, maka banyak yang mempertanyakan berapa harga Chevrolet Silverado EV tersebut nantinya. Jika Ford dikabarkan bakal membabderol F-150 EV seharga USD 45.000 - USD 70.000, sementara Tesla Cybertruck harganya di kisaran USD 39.900 - USD 67.500, maka diprediksi harga Silverado EV akan ada di rentang yang sama, yaitu antara USD 39.000 - USD 70.000 atau setara Rp 545 jutaan hingga Rp 1,2 miliar.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Chevrolet Silverado 2019 Masuk Dunia Lego dengan The Lego Movie 2

30/01/2019

Mobil baru

Chevrolet memulai kampanye iklan besar-besaran untuk Chevrolet Silverado 2019 awal bulan ini dengan merilis video baru yang menampilkan Emmet dan Lucy dari “The Lego Movie 2: The Second Part.”

Lihat juga

Lordstown Endurance, Pick Up Listrik Pesaing Tesla Cyber Truck

28/06/2020

Mobil baru

5 menit

Selain Tesla, kini ada pick up truk bertenaga listrik dari Ohio, namanya Lordstown Endurance. Bahkan pick up ini kabarnya sudah terpesan belasan ribu unit.

Lihat juga

Pickup Toyota Bakal Memakai Platform Tunggal

11/04/2019

Pasar mobil

Dua produk pickup Toyota di Amerika Serikat, Tundra dan Tacoma, akan memakai platform tunggal dengan nama kode sementara ‘F1’.

Lihat juga

Masyarakat Indonesia Sudah Lebih Siap dengan Kehadiran Mobil Listrik

20/11/2020

Pasar mobil

4 menit

Mobil listrik bukan lagi barang baru di Indonesia. Bahkan bagi Toyota, masyarakat Indonesia saat ini sudah lebih siap dengan kehadiran mobil listrik.

Lihat juga

Honda Masih Pelajari Mobil Listrik yang Pas Buat Dijual di Indonesia

18/11/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Honda Prospect Motor tak mau terburu-buru dalam meluncurkan mobil listrik di Indonesia. Honda masih mempelajari mobil listrik yang pas dijual di Indonesia.

Lihat juga
 
back to top