Chevrolet Grand Blazer, Calon Pesaing Ford Bronco dan Jeep Wrangler

25/08/2021

Mobil baru

3 menit

Chevrolet Grand Blazer menjadi SUV baru andalan sang bow tie untuk menyaingii dominasi Ford Bronco dan Jeep Wrangler dalam segmen pasar SUV tradisional

Wajar saja kalau General Motors (GM) selaku salah satu anggota the big three merasa sangat gerah dengan pemberitaan SUV dalam berbagai media yang isinya bolak-balik cuma Ford Bronco dan Jeep Wrangler. Apalagi Chevrolet, salah satu anak asuh dalam keluarga besar GM pernah mencatat sejarah gemilang melalui Blazer generasi K5 dan S10 pada era tahun 1970-an dan 1980-an yang membuat Ford Bronco maupun Jeep Wrangler mengalami "panas dingin".     

Kini, saat Ford Bronco lahir kembali dan Jeep Wrangler terus membombardir pasar dengan produk baru, Chevrolet Blazer generasi terbaru (mulai tahun 2019) malah  tampil sebagai crossover alias SUV kota. Bisa dipahami ketika muncul sejumlah kalangan yang menuntut GM Chevrolet untuk back to basic alias menghadirkan “the  true off-roader like the original Blazer”. 

>>> 3 Deretan SUV Kompak dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Chevrolet Grand Blazer

gambar grand blazer

Lebih kurang demikianlah sosok hasil rendering  

Tentu saja GM tidak ingin  kehilangan  pasar dalam kompetisi SUV. Intinya, semakin lama tidak merilis produk sejenis, semakin sulit untuk menembus dominasi Ford Bronco dan Jeep Wrangler. Itu sebabnya, GM buru-buru memasukkan daftar paten Grand Blazer kepada Argentina National Institute of Industrial Property dan dokumen tersebut berhasil ditemukan oleh CarBuzz. 

gambar grand blazer

Paten nama Grand Blazer didaftarkan di Argentina  

Sejauh ini belum detail lanjutan tentang Grand Blazer. Namun dari nama Grand Blazer, sudah bisa diprediksi kalau Chevrolet sedang mengembangkan Blazer versi  hardcore, off-road-focus untuk melawan dominasi  Ford Bronco dan Jeep Wrangler. Pada sisi lain, kata Grand mengacu pada mobil berukuran besar atau kasta mewah. Dengan demikian, posisi produk Grand Blazer memang sekelas  Bronco dan Wrangler.   

Nama Lain

Sejatinya, nama Chevrolet Grand Blazer adalah nama yang digunakan untuk Chevrolet Tahoe yang dipasarkan di  Argentina, Brazil dan Venezuela hingga tahun 2019. Kemungkinan besar, Chevrolet Grand Blazer versi baru ini akan tetap dijajakan secara eksklusif di kawasan Amerika Selatan. Apalagi paten nama sudah didaftarkan di Argentina 

Opsi lain adalah menjadikan nama Grand Blazer sebagai Chevrolet Blazer dengan tiga baris kursi untuk pasar di luar China. Saat ini, Chevrolet  Blazer untuk pasar Amerika Serikat adalah versi lima penumpang, sedangkan versi tujuh penumpang dijual khusus untuk pasar China. Semoga  saja, misteri Grand Blazer segera terpecahkan.  

>>> Kelahiran Kembali SUV Legendaris Chevrolet Blazer

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top