Catatan Konsumsi BBM Hyundai Tucson Terbaru, Impresif!

30/03/2021

Mobil baru

5 menit

Konsumsi BBM Hyundai Tucson terbaru ternyata berhasil menorehkan hingga 15,7 km/liter. Sayangnya untuk Tucson varian plug-in hybrid belum ada hasil ujinya.

Hyundai Tucson terbaru sudah bersiap untuk mendebut tahun ini. Ada banyak hal berubah dari SUV kelas menengah asal Korea Selatan (Korsel) itu. Misalnya dari sisi desain yang lebih agresif, serta penggunaan teknologi hybrid an plug-in hybrid.

Tentunya segmen SUV compact dan crossover sedang digandrungi di beberapa negara, termasuk di Amerika Serikat (AS), dan juga Eropa membuat Hyundai pun menawarkan banyak teknologi baru di Tucson model 20211. Ternyata, catatan konsumsi BBM Hyundai Tucson generasi keempat ini juga cukup impresif.

>>> Hyundai Luncurkan Tucson N Line 2021, Suspensinya Dirombak

Konsumsi BBM Hyundai Tucson Tembus 15,7 Km/Liter

Hyundai Tucson terbaru merah

Lawan tangguh Honda CR-V

Dikutip dari Carbuzz, Senin (29/03/2021), hasil pengujian dari Hyundai Tucson 2022 menunjukkan beberapa catatan konsumsi bahan bakar untuk mobil ini. Untuk versi mesin bensin 2.500 cc berpenggerak roda depan misalnya, konsumsi bahan bakar Hyundai Tucson terbaru untuk pemakaian dalam kota sebesar 26 mpg (mile per galon) atau sekitar 11 km/liter. Kemudian untuk rute tol 33 mpg (14 km/liter), dan rute kombinasi 29 mpg (12,3 km/liter). Angka ini jauh lebih irit dari pada model sebelumnya yang hanya punya catatan konsumsi BBM terbaik dikisaran 11,9 km/liter.

Jika memilih yang bermesin bensin tipe penggerak All-Wheel Drive (AWD), maka catatan konsumsi BBM kendaraan tersebut adalah sekitar 10 km/liter untuk rute dalam kota. Sementara untuk rute jalan tol 12,3 km/liter, dan 11 km/liter untuk rute kombinasi. Hasil uji penggunaan BBM Hyundai Tucson model 2022 ini juga masih lebih baik dibanding varian yang sama untuk Tucson model 2021.

Torehan efisiensi bahan bakar makin mengejutkan untuk tipe Tucson Hybrid. Menggunakan mesin 4 silinder turbocharged 1.600 cc yang dipadukan motor listrik serta baterai berkekuatan 1,49 kWh, model ini mampu mencatat konsumsi BBM 15,7 km/liter untuk penggunaan di dalam kota dan 15,3 untuk pemakaian di jalan tol.

>>> Pakai Bahan Bakar Sesuai Rekomendasi Bisa Bikin Mobil Panjang Umur

Hasil Pengujian dari EPA dan Hyundai

Hyundai Tucson Plug-In Hybrid 2022

Makin hemat bahan bakar dengan mesin hybrid

>>> Review Renault Clio E-Tech 2020: Edisi Hybrid yang Lebih Efisien

Catatan-catatan penggunaan BBM Hyundai Tucson terbaru itu berdasarkan data yang dirilis oleh Environmental Protection Agency (EPA) dan tim internal Hyundai. Sayangnya belum ada hasil uji untuk Tucson Plug-In Hybrid, demikian juga data hasil pengujian yang dilakukan tim Hyundai sendiri.

Namun menurut Hyundai, dengan menggunakan mesin 1.600 cc turbo yang dikombinasikan baterai 13,8 kWh, varian plug-in hybrid ini setidaknya mampu mencatat konsumsi bahan bakar lebih dari 13,6 km/liter.

Dengan figur efisiensi bahan bakar seperti itu, Hyudai sangat percaya diri untuk melawan Toyota RAV4, Nissan Rougue dan Honda CR-V.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top