Canggih! Toyota Punya Mobil Penangkal Virus Corona

02/09/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Canggih! Toyota Punya Mobil Penangkal Virus Corona
Toyota dan Softbank melalui usaha patungannya Monet hadirkan mobil penangkal virus Corona. Berbasiskan Toyota Hiace, mobil ini jadi punya banyak fungsi.

Monet, perusahan patungan antara Toyota dan Softbank yang diperkenalkan dua tahun silam akhirnya meluncurkan mobil pertamanya. Mobil pertama Monet ini bukanlah kendaraan biasa. Selain bisa dimanfaatkan sebagai kantor berjalan, mobil yang dihadirkan Monet ini juga bisa menjadi mobil penangkal virus Corona.

>>> Hongqi S9 PHEV Jadi Mobil Termahal Seantero China, Bakal Saingi Bugatti?

Gambar menunjukan Mobil Hiace

Tampilan Toyota Hiace yang telah dimodifikasi Monet

Toyota Hiace Dimodifikasi untuk Bisa Menekan Penyebaran Virus Corona

Dalam satu versi, Toyota Hiace yang telah dimodifikasi dapat mengambil udara dari luar dan disalurkan ke interior. Selain itu di bagian dalam juga telah dilengkapi dengan layar dan tirai untuk membatasi penularan virus.

Van yang bisa menampung delapan penumpang ini dalam versi lain ditawarkan juga memungkinkan penggunanya untuk mengatur interior sebagai toko atau sebagai ruang kerja.

Usaha patungan Monet pertama kali diumumkan pada Oktober 2018 dengan tujuan menjadi platform untuk layanan mobil tanpa awak atau swakemudi. Monet berharap dapat menjual 100 unit Toyota Hiace yang telah dimodifikasi itu di Jepang kepada pelanggan dari pemerintah dan perusahaan di tahun ini.

>>> Toyota Beri Sentuhan Gazoo Racing ke Yaris Cross

Gambar menunjukan strategi Monet

Strategi Monet Technologies Corporation

Kerjasama Toyota dan SoftBank 

Toyota Motor Corporation dan SoftBank Corp pada Oktober 2018 sepakat untuk membentuk kemitraan strategis untuk memfasilitasi penciptaan layanan mobilitas baru, dan mendirikan usaha patungan perusahaan, Monet Technologies Corporation.

Monet bertujuan untuk membantu mewujudkan masyarakat mobilitas yang lebih aman dan nyaman dengan menggabungkan filosofi perusahaan SoftBank, 'Revolusi Informasi, Kebahagiaan untuk semua orang,' dengan visi Toyota tentang 'Mobilitas untuk Semua'.

Nama Monet sendiri menggabungkan huruf pertama dari kata ‘Jaringan Mobilitas’, dan dipilih untuk mewujudkan keinginan kedua perusahaan untuk membangun jaringan mobilitas yang menyediakan mobilitas yang lebih aman dan nyaman bagi semua orang.

"Untuk tahap pertama, Monet berencana untuk meluncurkan layanan pengiriman kendaraan tepat waktu untuk badan publik lokal dan perusahaan swasta di seluruh Jepang. Layanan ini mencakup transportasi sesuai permintaan melalui kemitraan regional dan angkutan perusahaan, akan disediakan selaras dengan permintaan pengguna." kata keterangan tertulis Toyota, (10/18). 

>>> Klik sini untuk baca berita otomotif yang hot lainnya

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Kendaraan Penjelajah Bulan Milik Toyota Dinamai Lunar Cruiser

01/09/2020

Pasar mobil

3 menit

JAXA dan Toyota umumkan Lunar Cruiser sebagai nama untuk kendaraan kedua perusahaan yang dikembangkan untuk menjelajah bulan. Bagaimana ya kira-kira bentuknya?

Lihat juga

Hongqi S9 PHEV Jadi Mobil Termahal Seantero China, Bakal Saingi Bugatti?

01/09/2020

Mobil baru

4 menit

Hongqi mengumumkan akan membuat salah satu mobil termahal lewat hypercar Hongqi S9 PHEV. Dengan kecepatan tingginya, mobil bakal saingan dengan Bugatti.

Lihat juga

Toyota Beri Sentuhan Gazoo Racing ke Yaris Cross

01/09/2020

Perawatan dan service

3 menit

Toyota hadirkan paket modifikasi Gazoo Racing untuk Yaris Cross. Cuma sekadar modifikasi visual memang, namun partsnya cukup beragam, termasuk mud flap dan dudukan plat karbon.

Lihat juga

Mantan CEO Mitsubishi Osamu Masuko Tutup Usia

01/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Osamu Masuko CEO Mitsubishi Motors yang berperan membantu ciptakan kemitraan antara Mitsubishi dan Nissan dikabarkan telah meninggal dunia karena gagal jantung.

Lihat juga

Harga Wuling Cortez CT Type S di Kaltim Dibanderol Mulai Rp 223 Juta

01/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Resmi mengaspal di Kalimantan Timur, harga Wuling Cortez CT Type S dimulai dari Rp 223 Juta, alias lebih mahal Rp 14 juta dibanding harga OTR DKI Jakarta.

Lihat juga