Canggih, Mobil Mewah Ini Bisa Buka-Tutup Pintu dengan Deteksi Wajah

17/09/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Pabrikan mobil mewah asal Korea Selatan yang berada di bawah Hyundai memperkenalkan teknologi buka tutup pintu dengan deteksi wajah pada SUV terbarunya.

Divisi mobil premium dari Hyundai, Genesis, akhirnya memperkenalkan teknologi futuristik terbarunya. Teknologi yang digunakan pada mobil mewah Genesis GV60 ini diberi nama ‘Face Connect’. Sesuai dengan namanya, sistem ini menggunakan deteksi wajah untuk membuka maupun mengunci pintu tanpa menggunakan smart key.

Menggunakan deteksi wajah

Sistem Face Connect dari produsen asal Korea Selatan ini dilengkapi dengan kamera Near Infra-Red (NIR) pada pilar B. Untuk memudahkan pengguna mengakses fitur ini, kamera ini dirancang untuk bisa bekerja di semua kondisi pencahayaan, termasuk di malam hari. Bahkan Anda bisa mendaftarkan hingga dua wajah.

mobil mewah Genesis GV60 berwarna putih
Deteksi wajah Genesis GV60 terdapat pada pilar B kendaraan

Serupa dengan teknologi yang terdapat pada Subaru Outback, teknologi ini akan menerapkan pengaturan yang disimpan pada profil wajah yang disimpan. Pengaturan ini meliputi posisi kursi pengemudi dan setir, pengaturan HUD, kaca spion, hingga fitur infotainment yang sesuai dengan preferensi.

Face Connect juga memungkinkan pemilik untuk meninggalkan kunci pintar (smart key) di dalam mobil. Mobil nantinya akan menggunakan sistem pengenalan wajah. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi pergi tanpa membawa kunci mobil.

>>> Mewah! Dua Sejoli Rayakan Ulang Tahun Pernikahan dengan Rolls-Royce Kustom

Ada teknologi 'fingerprint'

Bersamaan dengan teknologi Face Connect, Genesis juga mengumumkan teknologi baru bertajuk “Fingerprint Authentication System”, atau sistem otentikasi sidik jari. Teknologi ini akan memungkinkan pengguna untuk menyalakan mobil hanya dengan menggunakan sidik jari yang sudah terdaftar.

Genesis mengatakan bahwa mereka telah menggantikan akses kode PIN. Sehingga Anda bisa menggunakan otentikasi sidik jari untuk mengaktifkan Mode Valet atau pembayaran yang ada di dalam kendaraan, seperti pembayaran tol.

>>> Nggak Cukup 1, Sultan Brunei Koleksi 7.000 Mobil Mewah

inteiror Genesis GV60 yang penuh fitur canggih
Ada pula otentikasi sidik jari sebagai pengganti PIN di dalam kabin

Pabrikan mobil juga memperluas cakupan pembaruan perangkat lunak Over-the-air (OTA). Di luar pengaturan pada sistem infotainment, navigasi, kluster digital, dan HUD, pembaruan perangkat lunak OTA akan mencakup perangkat kontrol terintegrasi kendaraan listrik, suspensi rem, roda kemudi, hingga airbag.

Edisi terbaru Genesis GV60 merupakan SUV kompak terbaru yang diperkenalkan Genesis pada Agustus 2020 lalu. Menggunakan sasis Hyundai E-GMP, mobil mewah ini menggunakan pilihan baterai 85kWh dan 74,5 kWh dengan jarak tempuh hingga 500 kilometer. Belum ada informasi harga maupun kapan mobil ini akan secara resmi dipasarkan.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top