Calya Belum Dilengkapi Double Blower, Ini Tanggapan Toyota

17/09/2019
Toyota Calya baru saja mendapatkan facelift dan mendapatkan beragam fitur baru, namun demikian ada satu fitur penting untuk sebuah mobil keluarga yang belum dilengkapi, yakni double blower, mengapa demikian?

Dibandingkan versi pre-facelift, Toyota Calya facelift 2019 mendapatkan banyak sekali fitur baru. Sebut saja lampu LED, retractable mirror, head unit layar sentuh dengan audio steering switch, sampai fitur keamanan seperti ABS dan EBD.

>>> Simak review Toyota Calya Facelift di sini

Desain dashboard Toyota Calya Facelift

Desain dashboard Toyota Calya Facelift dengan tambahan banyak fitur baru

Namun, dari serangkaian fitur baru tersebut, Toyota belum menambahkan hal menjadi standar untuk sebuah MPV, yakni double blower. Memang, sejak pertama kali diluncurkan 2016 lalu Toyota Calya sudah memiliki semacam evaporator yang menyedot udara dari AC depan untuk dialirkan ke baris kedua dan ketiga, tapi tetap saja tidak sebaik double blower sungguhan.

>>> Harga Toyota Calya Facelift bisa Anda lihat di sini

Ketika ditanyakan soal double blower yang belum ada di Toyota Calya Facelift, PT Toyota Astra Motor (PT. TAM) mengatakan hal tersebut dilakukan untuk menjaga efisiensi bahan bakar, terlebih sistem evaporator yang digunakan sudah bisa menjaga suhu kabin belakang dengan baik.

Kabin Toyota Calya

Menurut klaim Toyota, sistem pendingin yang sekarang sudah cukup untuk baris kedua dan ketiga

>>> Temukan mobil lainnya dengan harga terbaik di sini

“Alasan kami tidak menggunakan double blower karena suhu kabin di belakang dengan sistem saat ini (evaporator) masih acceptable. Selain itu, double blower akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Karena harapan pembeli Toyota Calya adalah bahan bakar super irit,” ujar Marketing Director PT. TAM, Anton Jimmi Suwandi saat peluncuran Toyota Calya Facelift.

Bagaimana komentar para pecinta mobil yang kebetulan menggunakan Toyota Calya, apakah hal tersebut benar adanya? Apakah double blower dibutuhkan LMPV entry level lansiran Toyota itu?

>>> Simak berita seputar mobil terbaru di sini

>>> Untuk berita otomotif lainnya, klik link ini ya

Derry Munikartono

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
10

berita lain