Bukan Hanya Mitsubishi, Mobil Toyota Ini Juga 'Black Edition'

02/07/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Bukan Hanya Mitsubishi, Mobil Toyota Ini Juga 'Black Edition'
Tak hanya pabrikan tiga berlian saja yang berhak menyandang trim 'Black Edition', mobil Toyota ramah lingkungan ini juga bisa tampil keren dengan titel tersebut

Tahun 2020 lalu bahkan berlanjut di tahun ini, geng Pulomas atau yang lebih populer kami sebut Mitsubishi Indonesia cukup rajin menelurkan line up Pajero maupun Xpander dan Xpander Cross edisi khusus Black Edition alias serba hitam. Tapi tahukah Anda jika mobil Toyota juga cocok menyandang trim serba hitam tersebut?

Toyota Prius 'Black Edition' yang Serba Hitam

Adalah Toyota Prius Black Edition lansiran 2021 yang mendapatkan edisi khusus ini. Toyota Prius generasi keempat ini dilabur kelir black pearl pada sekujur bodynya. Seluruh ornamen krom yang ada di body luar semua 'dihitamkan' agar mobil Toyota pada trim ini tampil lebih menawan. 

Gambar detail Toyota Prius Black Edition

Serba hitam baik di eksterior maupun interior

Tak hanya bodi dan ornamen krom saja yang mendapat kelir serba hitam. Bahkan velgnya pun dicat dengan warna senada dan pakai finishing gloss agar lebih menarik dilihat. Masuk ke dalam mobil Toyota ini memang tak terlalu terlihat adanya ubahan, karena dari awal Prius memang menyediakan pilihan warna interior hitam.

>>> Sejarah Toyota Prius yang Lahir dari Mimpi

Powertrain Toyota Prius

Mesin berkode 2ZR-FXE DOHC masih dipercaya jadi jantung pacu Toyota Prius Black Edition ini dan masih menganut single VVT-i. Jika melihat brosur, mesin ini mampu menelurkan tenaga maksimum sebesar 98 Ps atau sekitar 95,5 HP pada putaran mesin 5.200 rpm, serta semburan torsi 142 Nm di kitiran 3.600 rpm. Kecil ya? Tapi jangan salah, tenaga tersebut dibantu dengan motor listrik yang mempu menghasilkan tenaga 72 Ps atau sekitar 69,5 HP dari 0 rpm.

Gambar powertrain Toyota Prius

Toyota punya reputasi tinggi sebagai pengembang hybrid terbaik di dunia

Tim Cintamobil.com sebut dari 0 rpm, karena karakter motor di mobil Toyota elektrifikasi ini memang tenaga maksimumnya sudah dicapai dari putaran mesin 0 rpm. Jadi tenaga total mobil ini adalah 165 HP. Tenaga besar tersebut disalurkan ke dua roda depan atau pilihan baru yakni di keempat rodanya. Kami pernah mencoba secara langsung Toyota Prius model sebelum facelift dan kami sangat terkesan dengan performa serta pengendalian dari Toyota Prius tersebut.

Gambar sistem penggerak Toyota Prius

Sistem AWD akan menjaga grip dan traksi tetap optimal

Jika biasanya pilihan penggerak empat roda hanya tersedia untuk pasar Jepang saja, namun kini Toyota Motor Corporation menyediakan format penggerak empat roda atau AWD (All Wheel Drive) untuk pasar diluar Jepang. Sistem AWD akan membantu cengkraman roda saat dijalan licin, menikung, maupun saat berakselerasi. Traksi dan grip roda menjadi lebih maksimal dengan adanya sistem ini.

Gambar Toyota Prius Black Edition

Toyota Prius Black Edition 2021

Uniknya sistem AWD di Toyota Prius ini mengandalkan motor listrik bagian belakang untuk menggerakkan roda belakangnya. Lalu diberi sensor untuk membagi daya dorong mobil sesuai dengan kebutuhan serta elevasi dan permukaan jalan. Sistem ini termasuk pintar di sebuah mobil hybrid. Lantas, apakah Prius edisi hitam ini bisa masuk Indonesia? Halo... PT Toyota Astra Motor bakal dimasukkan enggak ya?

>>> Toyota Prius Generasi Kelima Diprediksi Meluncur Januari 2023

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Head of Content di Cintamobil.com   About Arfian Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebe
 
back to top