Bukan Hanya Corolla Dan Kijang, Inilah Daftar Sports Car Legenda Toyota

11/09/2018
Toyota telah melahirkan sejumlah model yang kemudian menjadi legenda. Meski dikenal sebagai pabrikan yang fokus pada produk massal, namun ada beberapa sports car yang menjadi legenda. Berikut daftar sports car legenda Toyota.

Ada banyak mobil legenda produksi Toyota, sebut saja Corolla atau Kijang. Tetapi tidak hanya mobil penumpang, mobil sport Toyota juga ada yang menjadi legenda karena telah mencapai sebuah prestasi atau kejayaan. Beberapa diantaranya adalah Toyota Celica, Toyota Supra dan Toyota 2000 GT.

1. Toyota 2000 GT

Toyota 2000 GT salah satu sports car Toyota

Toyota 2000 GT dikembangkan oleh Toyota bekerjasama dengan Yamaha Motor Co., Ltd

Pada tahun 1964, Toyota memulai pengembangan sebuah model Gran Turismo (GT) yang bekerjasama dengan pabrikan Jepang lainnya yakni Yamaha Motor Co., Ltd. Pada gelaran Tokyo Motor Show 1965, prototipe dari Toyota GT mulai diperkenalkan dan dilanjutkan menjadi model produksi pada tahun 1967. Keputusan Toyota termasuk tepat karena era 1960-an memang menjadi kelahiran banyaknya mobil sport di seluruh dunia.

>>> Simak Review Toyota 86 2012: Lanjutan Kejayaan Toyota AE 86

Toyota Motor Corporation (TMC) merancang Toyota GT dengan desain bodi rendah dan mengadopsi model coupe. Dalam hal performa, Toyota mempercayakan mesin DOHC 6 silinder berkapasitas 2.000 cc yang menjadi dapur pacu dari Toyota GT. Pada kaki-kaki, suspensi independen di keempat roda telah disematkan dengan konstruksi double-wishbone. Fitur keamanannya pun cukup mumpuni untuk saat itu dengan rem cakram yang terpasang pada empat rodanya. Sebgai mobil spesial, Toyota mengadopsi komponen baru pada velg. Menggunakan bahan magnesium untuk menekan bobot kendaraan sehingga bisa melaju kencang. 

Pernah digunakan dalam film James Bond

Toyota GT 2000 pernah digunakan dalam film James Bond berjudul  “You Only Live Twice.”

Menariknya, sebelum resmi diluncurkan ke publik, Toyota 2.000 GT telah menorehkan banyak rekor dunia dan diakui internasional saat itu. Khususnya pada bagian performa yang menjadi perhatian dunia otomotif. Dengan kecepatan maksimum 220 km/jam, akselerasi dengan jarak 400 meter mampu ditorehkan hanya 15,9 detik saja. Sedangkan akselerasi 0-100 km/jam mampu diselesaikan dalam waktu 8,6 detik. Sebuah performa yang membuat pabrikan lain bekerja keras untuk menghadirkan sports car terbaiknya.

>>> Temukan harga mobil terlengkap di Cintamobil.com

Selain rekor dunia, momen yang membuat nama Toyota 2.000 GT semakin dikenal adalah tampil di fim James Bond berjudul "You Only Live Twice". Namun Toyota 2.000 GT yang tampil di film agen rahasia tersebut tidak mempunyai atap alias convertible. Pemotongan atap ini dilakukan karena postur tubuh pemeran James Bond, yakni aktor Sean Connery terlalu tinggi. Toyota pun bekerja selama 2 minggu untuk membuatnya convertible. Pengorbanan dua mobil yang diubah menjadi convertible itu justru membuat pamor Toyota 2.000 GT semakin melegenda. Namun Toyota hanya memproduksi secara terbatas yakni 337 unit dan pada tahun 1970 produksi dihentikan.

2. Toyota Celica

Toyota Celica Generasi Pertama

Toyota Celica generasi pertama yang diluncurkan pada tahun 1970

Berbeda dengan Toyota 2.000 GT yang dikembangkan khusus, Toyota Celica mengambil platform sedan, Toyota Carina. Awalnya Toyota ingin menghadirkan Celica sebuah varian khusus yakni sebuah sport car namun memakai platform sedan. Namun ada perbedaan yang signifikan dengan platform aslinya. 

>>> Toyota akan turunkan Supra 2019 di arena NASCAR

Diluncurkan pertama kali pada tahun 1970, ada 4 pilihan mesin yang ditawarkan Toyota untuk konsumen pembeli Celica yakni satu unit berkapasitas 1.400 cc dan tiga opsi lainnya adalah 1.600 cc dengan pengaturan (tuning) yang berbeda. Tidak hanya mesin, ada 3 transmisi yang bisa dipilih konsumen yakni manual 4 atau 5 percepatan dan otomatis 3 percepatan. Sedangkan variannya ada 4 model yang diperkenalkan yakni ET, LT, ST dan FT.

Toyota Celica versi liftback

Toyota Celica liftback untuk memenuhi permintaan konsumen yang berorientasi outdoor

Toyota Celica juga membuat pilihan full custom menjadi populer dimana konsumen bisa bebas memilih dan menggabungkan mesin, transmisi serta kelengkapan aksesoris interior dan eksterior. Meskipun harga yang dibanderol tentu lebih mahal dari versi standar, saat itu Toyota menjualnya mulai dari 570.000 Yen hingga 1 juta Yen. Semakin populernya Toyota membuat Celica hadir dalam banyak model seperti liftback yang diperkenalkan pada 1973  juga sebuah coupe 3 pintu.

>>> Edisi khusus Toyota GT86 TRD siap mengaspal

Toyota mengembangkan Celica liftback sebagai kendaraan yang multifungsi dan memenuhi konsumen yang berorientasi outdoor. Ajang Tokyo Motor Show 1971 pun menjadi debut prototipr mobil ini dipamerkan kepada publik.

Toyota Celica XX awal dari kehadiran Toyota Supra
Toyota Celica XX atau lebih dikenal sebagai Toyota Supra untuk pasar Amerika Serikat

Toyota juga mengembangkan khusus pasar Amerika dengan nama Celica XX atau dikenal Celica Supra. Menggunakan basis Celica liftback namun jarak sumbu roda hingga 130 mm dan panjang 270 mm. Ciri khas dari Celica Supra ini adalah kap mesin yang lebih panjang. Mesin yang digunakan juga berbeda yakni diambil dari Toyota Crown berkonfigurasi 6 silinder dengan kapasitas 2.000 cc dan 2.600 cc. Toyota sempat mengganti mesin 2.600 cc dengan 2.800 cc pada pertengahan tahun 1980 untuk memenuhi permintaan konsumen mobil bertenaga lebih besar.

Toyota Celica generasi kelima

Toyota Celica generasi kelima yang membuat nama Celica naik daun karena mengikuti ajang WRC (World Rally Championship)

Toyota Celica menjadi salah satu mobil sport yang mempunyai banyak pilihan model. Tidak lama setelah Celica liftback diluncurkan, pada Oktober 1986 Toyota memperkenalkan Celica GT-Four. Kali ini penggerak empat roda (4WD) dengan memakai mesin berkode 3S-GTEU yang berteknologi DOHC turbocharged.

>>> Mungkin Anda tertarik : Toyota Ingin Reinkarnasi Tiga Bersaudara Sports Car

Popularitas Toyota Celica semakin mendunia ketika mengikuti lomba balap internasional World Rally Championship (WRC). Menggunakan Toyota Celica GT-Four, pembalap Carlos Sainz memenangkan loba WRC dan menjadi penghargaan pertama untuk mobil dari pabrikan Jepang. 

3. Toyota Supra

Toyota Supra generasi ketiga

Toyota Supra generasi pertama menggunakan suspensi double wishbone seperti Toyota 2000 GT

Kehadiran Toyota Supra berawal dari penamaan Toyota Celica XX dengan nama Supra di pasar Amerika. Ketika masuk jalur produksi, Toyota Supra mempunyai perbedaan performa dan kualias lebih tinggi dari Celica XX. Ada 4 opsi mesin yang bisa dipilih konsumen dimana semuanya memakai mesin 6 silinder, termasuk mesin 3.000 cc DOHC turbocharged berkode 7M-GTE dengan tenaga maksimum 230 dk. Penggunaan suspensi double wishbone pada Toyota Supra mengambil sedikit DNA pada mobil sport legenda Toyota 2.000 GT.

>>> Beragam informasi menarik seputar mobil impian dan mobil klasik bisa Anda baca disini

Sayangnya, Toyota Supra hanya hadir selama dua generasi. Hal ini jauh berbeda dengan Celica yang mempunyai catatan sejarah panjang. Namun pada generasi terakhir Toyota Supra alami perubahan total. Dimensinya terlihat lebih pendek untuk sebuah model hatchback coupe karena jarak sumbu roda yang dipangkas. Tetapi dimensi lebarnya justru membesar sehingga terlihat lebih compact.

Toyota Supra generasi terakhir

Toyota Supra generasi kedua yang melambungkan namanya saat mengikuti ajang  lomba balap durabilitas 24 Hours of Le Mans

Pada model RZ, Toyota Supra dibekali mesin DOHC berkapasitas 3.000 cc yang disematkan twin-turbo. Tenaganyan pun meningkat menjadi 280 dk. Untuk menyalurkan tenaga besar tersebut, Toyota menggandeng pabrikan Jerman, Getrag untuk menghadirkan transmisi manual 6 percepatan. Sedangkan pada kaki-kakinya, Toyota mempertahankan suspensi double wishbone untuk mempertahankan sensasi berkendara.

Adapun yang membuat nama Toyota Supra semakin dikenal dan melegenda adalah keikutsertaannya dalam lomba balap durabilitas 24 hours of Le Mans. Bahkan sebelum mengikuti lomba balap bertaraf internasional tersebut, Toyota Supra juga mencatatkan prestasi besar pada lomba tingkat nasional di Jepang yakni Super GT. Sejak tahun 2002, Toyota memberhentikan produksi Toyota Supra. Menariknya, mobil ini tetap aktif dalam kegiatan balap hingga tahun 2005.

>>> Temukan berita mobil terkini dan terlengkap di Cintamobil.com

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0