Brabus Smart Fortwo EQ, Ketika Mobil Listrik Mungil Berubah Agresif

24/03/2021

Mobil baru

5 menit

Brabus Smart Fortwo EQ merupakan model yang diracuk khusus dengan penampilan yang berubah dan performa baterai serta motor listriknya jadi lebih agresif.

Brabus selalu identik sebagai tuner Mercedes-Benz, namun bagaimana kalau muncul Brabus Smart Fortwo EQ yang menggunakan mesin listrik? Dijuluki Brabus 92R, ini adalah cty car listrik edisi terbatas racikan Brabus yang menggunakan basis Smart Fortwo EQ Cabrio.

Namun seperti halnya racikan Brabus lainnya, pada Smart Fortwo EQ fokus ubahannya adalah bagaimana membuat mobil kecil itu makin agresif. Baik dari sisi penampilan, juga dalam hal performa berkendaraanya.

>>> Daimler Berencana Jual Pabrik Perakitan Smart di Prancis

Tampilannya Jadi Lebih Galak

Brabus 92R Smart Fortwo EQ

Pakai bodykit berdesain agresif

Fasia depannya sudah terlihat berubah dengan penggunaan bodykit full bumper custom. Leku-lekuknya jauh lebih agresif, dan ada tiga intake udara besar di bagian ini. Kemudian dibagian bawah bumper depan juga ditambhakan spoiler. Lalu di bagian sisi mobil ada sideskirt serta di belakag juga ada diffuser baru.

Perubahan lainnya ada pada penggunaan suspensi sport jenis coilover yang membuat jarak bodi mobil ke aspal menjadi 25 mm. Selain itu Velgnya juga sudah diganti pakai model monoblok 16 inci di depan dan 17 inci di belakang.

Brabus 92R interior

Joknya pakai kulit warna merah dengan jahitan hitam

>>> Memilih Warna Jok Mobil yang Bagus Agar Interior Makin Elegan

Dari sisi interior, seluruh jok menggunakan pelapis kulit berwarna merah dengan desain Ultimate Ellipse dari Brabus. Pada sandarannya terukir logo Brabus, sementara untuk jahitannya pakai warna hitam. Beberapa aksen di panel instrumen menggunakan bahan serat akrbon, pedal set pakai bahan aluminium, serta karpet lantai khusus dengan logo Brabus.

Makin Gesit Saat Berakselerasi

Dari sisi performa Brabus membuat Smart Fortwo EQ Cabrio memiliki tenaga puncak 91 Hp dengan torsi 180 Nm atau 20 Nm lebih besar dari torsi standarnya. Kemudian dengan mode Sport+, pengemudi bisa melakukan akselerasi di mobil ini dari 0-100 km/jam hanya dalam 10,9 detik. Sementara kecepatan tertingginya dibatasi 130 km/jam.

Brabus 92R

Edisi khusus Smart Fortwo EQ Cabrio

>>> Review Smart ForTwo Passion Coupé 2011

Untuk kekuatan baterai listrik di mobil ini menawarkan jangkauan sampai jarak 128 km dari kondisi terisi penuh sampai daya baterai benar-benar habis. Selain mode Sport+, Brabus Smart Fortwo EQ Cabrio juga tersedia mode Sport, Basic, dan Eco. Untuk mode berkendara yang terakhir mampu menghemat daya baterai dengan cukup signifikan.

Model ini dipasarkan terbatas oleh Brabus dengan konsumen memsan terlebih dahulu. Namunt idak dijelaskan, berapa unit yang akan dibangun oleh Brabus.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top