Brabus B45, Hatchback Bengis Penantang Supercar

29/01/2021

Mobil baru

5 menit

Brabus B45 berbasis Mercedes-AMG CLA45 yang dituning ulang sehingga mesinnya sanggup meletupkan daya puncak 450 Hp dengan torsi 550 Nm. Padahal mesinnya hanya 2.000 cc 4 silinder.

Brabus B45 diciptakan dari Mercedes-AMG CLA 45. Sebenarnya dalam kondisi standar saja CLA 45 sudah mampu meletupkan tenaga hingga 416 hp dengan torsi 500 Nm. Padahal hatchback ini cuma dibekali mesin kecil M139 berkapasitas 2.000 cc 4 silinder turbo.

Namun tentunya Brabus tidak puas dengan coretan detil spesifikasi yang sudah dicetak oleh Mercedes-Benz. Tuning house Jerman ini pun membawa CLA 45 kepada jenjang hypercatch yang sangat bisa menyaingi supercar Italia.

>>> Mercedes-AMG GT Black Series Jadi Raja Baru Nurburgring

Tenaganya 450 Hp dengan Torsi 550 Nm

Brabus B45 Rear

Hatchback 2.000 cc turbo namun tenaganya begitu kuat

Paket modifikasi yang dilakukan pada Brabus B45 tentu saja berfokus pada sektor mesin. Mesin 2.0-liter AMG yang terpasang di hatchback Jerman itu dituning ulang dengan turut menambahkan beberapa komponen baru. Misalnya memasang saluran airbox baru serta adaptor Brabus BoostXtra.

Menurut Brabus, adaptor BoostXtra memungkinkan mobil mampu mengeluarkan suara ledakan layaknya mobil-mobil balap. Tentu ini akan selaras dengan sebuah mesin yang sudah bertenaga lebihd ari 400 Hp. Dan tentu saja hal terakhir adalah management mesin ikut diracik ulang agar setiap komponen sanggup menuntaskan tugasnya dengan maksimal.

Brabus B45 wheels

Pakai velg desain khusus dan suspensi sport adjustable

>>> Modifikasi Toyota Supra Bertenaga 1.100 Hp Racikan Sepasang Kekasih

Alhasil, tenaga Brabus B45 tercatat 450 Hp dengan torsi puncak 550 Nm. Kemampuan akselerasinya dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/jam hanya dalam 3,7 detik. Namun kecepatan tertingginya dibatasi 280 km/jam mengingat mobil ini masih ditujukan untuk penggunaan juga di jalan umum.

Estetikanya juga dibuat Lebih Sangar

Selain sektor mesin, Brabus juga menempelkan banyak komponen baru di sisi eksterior dan interior. Paling mencolok adalah terpasangnya velg 10-spoke Monoblock yang diproduksi khusus untuk Brabus B45 ini. Velg berdesain cantik itu dikombinasikan ban Continental.

Brabus B45 Interior

Ruang kabinnya juga ada sentuhan detil dari Brabus

>>> Review Mercedes-Benz CLA-Class 2019: A-Class yang Lebih Sporty dan Berteknologi

Supaya ketinggian bodi sedikit tereduksi demi meningkatkan aerodinamika dan pengendalian saat dipacu pada kecepatan tinggi, Brabus juga sudah memasang suspensi sport dengan fitur adjustable. Jadi kalau bukan untuk kebutuhan di trek, maka suspensi bisa disetel ketinggiannya secara manual.

Sementara dibagian dalam, Brabus B45 menggunakan pedal set aluminium dan karpet lantai berlogo Brabus. Gimana, berminat dengan hatchback bengis yang satu ini?

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top