Bocoran Harga Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

21/04/2021

Mobil baru

4 menit

Spekulasi harga Toyota Raize dan Daihatsu Rocky mulai bermunculan. Keduanya juga santer disebut sudah mengisi laman Samsat Jakarta meski tak disebutkan namanya.

Satu lagi mobil kembar garapan PT Toyota Astra Motor dan PT Astra Daihatsu Motor yang bakal diluncurkan di Indonesia. Adalah Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, mobil kembar kelima yang akan mengaspal 28 April 2021. 

Sebelum meluncur, banyak bocoran yang sudah bermunculan soal Raize dan juga Rocky. Mulai dari fitur, teknologi, mesin, dan yang menarik adalah harga. Kepastian harga Toyota Raize dan Daihatsu Rocky memang baru terungkap saat peluncuran nanti.

Toyota Raize-Daihatsu Rocky

>>> Bayar Booking Fee Rp 5 Juta Sudah Bisa Pesan Toyota Raize 2021

Kepastian Harga Toyota Raize Menunggu Peluncuran

Namun bagi Anda yang berminat untuk meminang SUV sub-4 meter tersebut, ada baiknya mengetahui kisaran harga untuk mempersiapkan keuangan saat membeli nanti. 

Mengutip laman Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, ada 6 tipe mobil merek Toyota berkode A250 dan A251 yang diduga sebagai Raize. Dalam daftar itu tertulis A250RA-GBVVJ 1.0T, A250RA-GMXVJ 1.0T, A251RA-GBXFJ 1.2, dan A251RA-GMXFJ 1.2 sama dengan yang tercantum pada lampiran Permendagri No. 1 tahun 2021. 

Gambar menunjukkan promo saat membeli mobil Toyota Raize

 

Tertulis bahwa mobil yang diduga sebagai Toyota Raize itu punya Nilai Jual mulai Rp 146 juta hingga yang tertinggi Rp 198 juta. Tampaknya akan ada Raize versi turbo yang ditawarkan untuk Indonesia. Rupanya bukan hanya Raize saja yang masuk di laman pajak tersebut. 

Masih dalam laman yang sama, saat mengganti merek mobil menjadi Daihatsu, kode serupa juga ditemukan yakni A250 dan A251. Ada enam model yang menggunakan kode tersebut. Kisaran harganya pun mirip-mirip. Untuk mobil Daihatsu dengan kode tersebut punya nilai jual Rp 130 juta sampai Rp 168 juta. 

Toyota Raize-Daihatsu Rocky

Terdaftar di laman Samsat

>>> Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Meluncur di Indonesia 28 April

Dipastikan Dapat Diskon PPnBM

Tapi informasi nilai jual tersebut tak bisa menjadi patokan harga Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize. Tentunya ada sederet pajak lain yang membebani dan membuat harganya lebih mahal ketika meluncur. Dari informasi yang didapat tim Cintamobil dari tenaga penjual, Raize kabarnya dibanderol di kisaran Rp 160-250 jutaan. 

diskon ppnbm

Ada nama Raize-Rocky

Gambar menunjukkan promo saat membeli Daihatsu Rocky

 

Sekadar gambaran, di Jepang harga Daihatsu Rocky dibanderol mulai 1.705.000 yen atau kalau dirupiahkan setara Rp 226 juta. Sedangkan untuk model termahal punya banderol 2.422.200 yen yang dirupiahkan setara Rp 321,4 jutaan. Sementara Raize di Jepang dibanderol mulai 1.679.000 yen setara Rp 222 juta sampai yang tertinggi 2.282.200 yen atau Rp 302 jutaan. 

Satu yang pasti keduanya akan mendapat keringanan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Dengan begitu diharapkan harga Toyota Raize-Daihatsu Rocky bisa lebih murah dari seharusnya lantaran bebas PPnBM sampai Mei 2021. 

>>> Dipakai Daihatsu Rocky, Platform DNGA Bisa Bikin Harga Mobil Terjangkau

Penulis
Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019
 
back to top