Bocoran Harga MPV Mewah Hyundai Staria di Indonesia

15/04/2021

Mobil baru

5 menit

Nama MPV mewah Hyundai Staria rupanya sudah terdaftar di laman Badan Pendapatan Daerah Pemprov DKI Jakarta. Di situ tertulis nilai jual Staria Rp 450 juta.

Hyundai baru saja merilis MPV mewahnya Staria. Selain mewah, Staria tampil dengan wujud yang futuristik ala pesawat ruang angkasa. Santer beredar MPV mewah Hyundai Staria itu bakal masuk ke Indonesia.

Dugaan itu makin kuat saat nama Staria tercantum dalam laman Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Di situ tertulis Staria 2.2 2 WD 8AT memiliki NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Rp 450 juta.

Hyundai Staria

Nama Staria muncul di laman Samsat

>>> MPV Mewah Hyundai Staria Meluncur, Begini Tampangnya!

Hyundai Staria Siap Masuk ke Indonesia?

STARIA Premium 02

Sinyal kehadiran Staria di Indonesia kian kuat

Nilai jual bukanlah harga Hyundai Staria final, mengingat masih ada pajak yang dibebankan sehingga saat dijual lebih tinggi dari NJKB. Memang ini tak menjadi jaminan bahwa mobil pasti masuk ke pasar Indonesia. Namun bila memperhatikan yang sudah-sudah, bila sudah NJKB-nya sudah terdaftar maka peluang untuk meluncur di Indonesia kian besar. 

Bila memang jadi masuk ke pasar Indonesia, Hyundai Staria sudah ditunggu oleh para rivalnya. Kalau melihat dari desain pintu geser serta mesin yang diusungnya, Hyundai Staria tampaknya bakal meramaikan segmen High MPV bersama dengan Toyota Alphard, Nissan Elgrand, dan Toyota Vellfire. 

Desain Hyundai Staria

Sebagai MPV mewah, Hyundai menggunakan warna eksterior yang sama untuk semua bagian depan kendaraan untuk memaksimalkan gaya modern dan orisinil dari Staria. 

Staria tipe Premium menampilkan aksen warna krom kuningan eksklusif yang diaplikasikan pada emblem, grille, bezel lampu depan, bemper depan dan belakang, roda, kaca spion samping, dan gagang pintu untuk menekankan tampilan premium dan modern dari kendaraan ini. 

Posisi beltline yang lebih rendah dan jendela panoramic di bagian samping kendaraan meningkatkan visibilitas secara keseluruhan dan nuansa yang lebih terbuka. Pendekatan desain yang luas dan terbuka ini terinspirasi oleh pendekatan arsitektur tradisional 'hanok' dari Korea - yang memungkinkan para penumpang untuk seolah-olah merasakan langsung pemandangan bagian luar sebagai bagian dari sisi interior kendaraan. 

New inside out design

Desainnya diklaim menyerupai pesawat luar angkasa

Selain itu, tema desain dari Staria turut diaplikasikan ke bagian belakang, menghadirkan jendela yang lebar dikelilingi oleh lampu belakang vertikal yang memanjang, sedangkan tipe Staria Premium menggunakan desain lampu Parametric Pixel Hyundai yang unik. Bemper bagian belakang didesain dengan posisi yang lebih rendah agar para penumpang dapat dengan mudah menaikkan dan menurunkan barang bawaan. 

Kemudian dari sisi interior, Staria menerapkan tata ruang sederhana untuk menonjolkan kenyamanan pengemudi dan penumpang, sekaligus tetap menerapkan fungsi utama sebuah MPV. Interior Staria juga terinspirasi dari kapal pesiar untuk menghadirkan suasana terbuka dan unik melalui desain arsitektur yang inovatif. Posisi beltline yang lebih rendah dan jendela panoramic menciptakan ruang yang luas dan memberikan semangat bagi semua penumpang. 

new-inside-out-design-02

Ruang kabin Staria diklaim lega

>>> Hyundai New Santa Fe 2021 Resmi Meluncur, Harganya Mulai Rp 569 Juta

Fitur Hyundai Staria

Kursi pengemudi memiliki tampilan futuristik dan berteknologi tinggi dengan dukungan layar depan 10,25 inci yang canggih, layar sentuh fascia bagian tengah, dan sebuah tuas pemindah gigi elektronik berbasis tombol. Kluster digital mobil ini terletak di atas dasbor, memberikan pandangan yang luas dan tidak terhalang bagi pengemudi. 

Ruang penyimpanan tersedia di beberapa titik seperti bagian atas dari konsol overhead, bagian bawah cluster, serta bagian atas dan bawah fascia tengah. Baik para pengemudi maupun penumpang memiliki akses ke konsol tengah yang dilengkapi dengan cup holder, port USB, dan ruang penyimpanan tambahan. 

Staria Premium menawarkan berbagai fitur interior tambahan yang akan mengubah pengalaman mobilitas para penumpang. Tipe Premium mobil 7-seater ini dilengkapi dengan Premium Relaxation Seats di baris kedua yang dapat disandarkan secara elektronik dan juga dapat digeser agar mudah dijangkau atau untuk memaksimalkan ruang penyimpanan barang. 

Mode relaksasi dengan satu sentuhan membuat kursi dapat bersandar secara otomatis ke posisi yang nyaman serta membagi berat penumpang dan meningkatkan keseimbangan tubuh secara keseluruhan. Meskipun kursi penumpang bagian tengah dapat dibaringkan dengan mode ini, terdapat ruang yang cukup bagi penumpang dewasa untuk duduk dengan nyaman pada baris ketiga, hal ini didukung oleh tata ruang interior Staria yang luas.

Kursi perorangan pada tipe Premium 9-seater, di baris kedua dapat berputar 180 derajat untuk berhadapan dengan penumpang pada baris ketiga. Hal ini membuat Staria tipe Premium ideal untuk kendaraan perusahaan atau berfungsi sebagai tempat kerja di dalam mobil, karena para penumpang dapat membalikkan tempat duduk mereka dan melakukan pertemuan tatap muka. Keluarga juga akan merasa nyaman dengan kursi yang dapat diputar ini karena para penumpang yang menghadap ke belakang akan memiliki akses mudah ke kursi pada baris ketiga.

usability

Hyundai juga akan menghadirkan Staria versi lain

Lampu mood ambient dengan 64 pilihan warna, tersedia pada semua varian Staria Premium yang memberikan suasana interior yang asri. Pencahayaan langsung dan tidak langsung yang harmonis dapat secara selektif menerangi area kokpit, konsol, pintu, dan bagian penyimpanan barang bawaan. Perasaan premium semakin ditingkatkan dengan sound system Bose.

Lebih lanjut, ruang untuk kaki Staria yang luas merupakan salah satu yang terbaik di segmennya dan dapat diubah menjadi ruang kargo tambahan yang luas saat semua kursi digeser secara bersamaan-hal tersebut dimungkinkan karena fungsi kursi yang serbaguna dan dapat digeser. 

>>> Penjualan Hyundai Bulan Maret 2021 Tembus 375.000 Unit

Mesin Hyundai Staria

Gallery 07

Tampilan belakang Hyundai Staria

Staria menggendong mesin diesel  VGT 2.2 liter dan mesin bensin MPI 3.5 liter Smartstream G6DIII. Mesin itu digabungkan dengan transmisi manual enam-percepatan atau transmisi otomatis delapan-percepatan, menghasilkan output tenaga dengan estimasi sebesar 177 PS dan torsi 44 kgf-m. Memiliki air-cooled turbocharger dengan efisiensi yang tinggi juga didukung oleh kompresor dan performa turbine wheel yang ditingkatkan untuk performa torsi kecepatan rendah yang lebih baik. 

Staria pun tampaknya sudah siap untuk bersaing dengan para rivalnya jika masuk ke Indonesia. Hal itu bisa dilihat taburan fitur di dalamnya seperti 6 airbag, Forward Collision Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Wireless Module Seat Belt Reminder (WM-SBR), Safe Exit Assist (SEA) mencegah pintu terbuka hingga Rear Occupant Alert (ROA). 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top