Bocoran Fitur Toyota Raize Versi Indonesia

21/04/2021

Mobil baru

5 menit

Jagoan baru PT Toyota Astra Motor ini diprediksi akan mengaspal pada tanggal 30 April 2021, tapi apa saja fitur yang diusung Toyota Raize versi Indonesia?

Jagoan baru PT Toyota Astra Motor ini diprediksi akan langsung 'memukul' para rival-rivalnya yang sudah lebih dahulu hadir di Indonesia. Seperti KIA Sonet, dan Nissan Magnite. Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang diprediksi meluncur akhir bulan April antara tanggal 28 - 30 ini akan mengusung fitur-fitur canggih yang out of the box di kelasnya. Lantas, apa saja prediksi fitur yang akan diusung kedua jagoan Astra itu?

Bertabur Fitur Canggih

Gambar Adaptive Cruise Control di Toyota Rocky GR-S CVT 2021

Toyota Raize akan usung Toyota Safety Sense

Toyota Raize maupun Daihatsu Rocky, diprediksi nantinya akan mengusung suatu fitur safety terpadu yang akan menjaga mobil dari berbagai macam resiko di jalan. Sistem bernama Advance Smart Assist ini terdiri dari banyak fitur peranti keselamatan. Diantaranya ada adaptive cruise control, line keep assist, lane departure warning, rear cross traffic alert, hingga automatic city braking support. Semua fitur canggih tersebut dapat memberikan keamanan Anda saat mengemudikan mobil ini di jalan raya.

Gambar Toyota Safety Sense radar di Toyota Raize

Toyota Safety Sense maupun Advance Safety Assist mengandalkan 'mata' ini

Fitur-fitur canggih ini bergantung pada kamera dan juga sensor ultrasonik yang tertempel di kaca depan dan dipasang berbarengan dengan dudukan spion tengah. Kamera ini berfungsi untuk mendeteksi adanya kendaraan lain maupun objek lain di depan mobil ini. Kamera dan sensor radar akan menangkap objek dan menghubungkannya dengan electronic control module Advance Safety Assist untuk melakukan intervensi baik itu kemudi maupun rem mobil ketika dibutuhkan.

Gambar panel pengaturan AC Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Panel pengaturan AC sudah digital

Fitur penunjang kemewahan juga tetap dibawa di Toyota Raize ini, di antaranya ada pengaturan AC digital yang juga bisa mengatur kecepatan kipas untuk penumpang yang duduk di belakang, push start stop engine button, hingga panel instrumen yang berbentuk futuristik. Dan juga selayaknya mobil modern, interior mobil ini juga mengusung bahasa small but practical yang lebih detailnya kami telah bahas sebelumnya dalam artikel ini.

Gambar Speedometer dan Multi Information Display Toyota Raize

Panel LCD menarik untuk dilihat

Salah satu bagian menarik di Toyota Raize ini adalah panel instrument yang dimilikinya. Menggunakan panel LCD dengan resolusi tinggi, tampilan berbagai informasi, seperti putaran mesin, kecepatan, jarak hingga konsumsi bahan bakar dapat ditampilkan dengan indah. Anda bahkan dapat memilih empat desain layout spidometer dan takometer yang sesuai dengan selera dan suasana hati Anda. Sentuhan ringan nan modern ini membuat SUV kompak kerjasama Daihatsu dan Toyota ini terasa canggih dan berkelas premium, dan tentunya menjadikan pengendaraan semakin menyenangkan.

>>> Materi Promosi Bocor, Toyota Raize Segera Meluncur 30 April?

Transmisi CVT Canggih

Gambar tuas transmisi Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

Transmisi matiknya CVT-nya canggih

Akselerasi Daihatsu Rocky dan Toyota Raize juga semakin sempurna dengan penerapan transmisi Dual-Mode CVT (D-CVT). Sistem D-CVT ini mengandalkan planetary gear set setelah CVT sebelum menuju roda. Jadi saat high speed, CVT-nya di by pass pakai planetary gear tersebut. Jadi tenaga mesin lebih besar tersalurkan ke roda. Kalo 'dipaksa' melalui CVT akan ada potensi slip, sedangkan dari roda gigi tidak alias lebih presisi.

Gambar mesin 1KR-VET Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Terdapat dua pilihan mesin yakni 1.000 cc Turbo dan 1.200 N/A 3-silinder

"Biasaya semua mobil, rpm tinggi itu torsi emang loyo, ini bisa naekin torsi di rpm tinggi sampai nambah sekitar 8% wah lumayan sih, D-CVT dipasang di mobil-mobil Daihatsu (dan Toyota) yang cc nya kecil-kecil, jadi emang perlu planetary gear buat nambahin kekurangan torsi dari mesin. Konsepnya mirip Direct CVT, cuma yang direct CVT enggak punya planetary gear langsung ke roda. Mungkin karena powernya udah gede, jadi enggak perlu planetary gear untuk nurunin rasio, agar torsi naik." jelas salah satu narasumber teknik Cintamobil.com yang namanya ogah terkenal dan juga punya nomor induk karyawan Astra.

Harga Tetap Terjangkau

Gambar tampilan samping Toyota Raize 2021

Harganya tak tembus Rp 300 juta

Makin istimewa karena diperkirakan semua paket fitur maupun teknologi yang tadi kami sebutkan tak lekas membuat SUV kompak ini dibanderol dengan harga mahal. Meski belum ada harga resmi dari Toyota Raize ini sebab mobilnya belum meluncur, tetapi diprediksi ia tak akan melewati angka Rp 300 juta untuk trim termahalnya. Sebagai informasi, tipe GR-S (Gazoo Racing Sport) akan jadi top of the line dari Toyota Raize.

Gambar menunjukkan promo saat membeli mobil Toyota Raize

 

>>> Small But Practical, Jadi Ciri Interior Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top