BMW Siapkan M4 CSL, Cuma Diproduksi 1.000-an Unit?

16/02/2021

Mobil baru

3 menit

BMW Siapkan M4 CSL, Cuma Diproduksi 1.000-an Unit?
Lebih dari 16 tahun hilang dari peredaran, BMW kembali menghadirkan varian CSL di line-up performanya. Mobil tersebut adalah M4 CSL, dan produksi 1.000-an unit.

Sepertinya sudah lama sejak terakhir BMW memiliki varian Coupe Sport Leichtbau (CSL). Mengingat model BMW CSL terakhir hadir 10 tahun sebelum 3 Series Coupe berdiri sendiri menjadi 4 Series, tepatnya pada 2004 saat BMW M3 CSL di generasi E46.

BMW M3 E46 versi CSL

BMW terakhir kali memperkenalkan model CSL di M3 E46

Lebih dari 10 tahun kemudian, BMW memperkenalkan M4 GTS yang memiliki konsep seperti CSL, di mana bobot mobil berkurang diimbangi tenaga mesin yang meningkat.

>>> BMW Kekeuh Pertahankan Desain Baru Walau Dihujani Kritikan

Hadir di BMW M4, perakitan tahun depan

Tahun 2018, BMW berencana untuk kembali menghadirkan emblem CSL sebagai ganti varian GTS. Namun, realisasi kembalinya line-up BMW CSL baru terendus lagi di awal 2021.

BMW M4 Competition KITH

M4 CSL akan diperkenalkan paling awal tahun depan, dengan jumlah produksi sangat terbatas

Menurut salah satu orang dalam BMW yang cukup aktif di forum Bimmer Post, diketahui model tersebut adalah BMW M4 CSL dan akan diperkenalkan paling awal tahun depan, dengan perakitan akan mulai pada Juli 2022.

Tidak diketahui berapa banyak M4 CSL yang akan diproduksi. Namun jika melihat produksi M3 CSL yang hanya 1.383 unit, kemungkinan M4 CSL akan diproduksi dengan jumlah sama atau lebih sedikit.

>>> Hadiah BMW M4 2021 untuk Jawara MotoGP Styria, Miguel Oliveira

Menerka spesifikasi M4 CSL

Jika BMW M4 CSL dibuat dengan fokus sama seperti CSL sebelumnya, bisa jadi mobil dilengkapi sistem penggerak RWD dan girboks manual sebagai standar. Sebagai catatan, saat ini M4 paling ringan dengan bensin penuh memiliki bobot 1.674 kg, lebih berat 34 kg dari BMW M4 gen sebelumnya dengan girboks DCT.

Belum diketahui berapa bobot yang akan dipangkas BMW M4 CSL, tapi sebagai pembanding, M3 CSL kehilangan bobot 110 kg dibandingkan BMW M3 biasa yang hadir di generasi E46.

Mesin BMW M4 G82

Selain pengurangan bobot, tenaga mesin M4 CSL juga akan ditingkatkan

Konsepnya mungkin tidak jauh berbeda dari M3 CSL, di mana mobil akan lebih banyak memakai carbon fiber untuk memangkas bobot mobil, diimbangi tenaga mesin yang kemungkinan dibuat lebih dari 510 HP/650 Nm yang ada di varian M4 Competition.

Jika rumor ini benar adanya dan produksi akan dimulai pada pertengahan 2022, kemungkinan peluncurannya akan digelar beberapa bulan sebelumnya. Oleh karena itu, BMW M4 CSL kemungkinan akan dirilis awal tahun depan.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top