BMW X7 2021 Dirakit di Indonesia, Harganya Lebih Murah Rp 100 juta

24/02/2021

Mobil baru

9 menit

Share this post:
BMW Group Indonesia menghadirkan SUV Flagship X7 2021 yang kini dirakit lokal di Indonesia. Hadir dengan trim xDrive40i Opulence, harga mobil lebih murah Rp 100 juta dari model CBU.

BMW Group Indonesia melanjutkan agresi SUV di awal musim ke pasar lokal. Setelah sebelumnya meluncurkan facelift dari X1, X3, dan X5, Agen Pemegang Merek (APM) BMW di Indonesia itu meluncurkan model flagship BMW X7 xDrive40i Opulence.

Proses perakitan lokal BMW X7 2021 di pabrik Gaya Motor

BMW X7 menjadi model kedelapan yang dirakit di Indonesia

Bukan sembarang X7, BMW X7 yang diluncurkan satu ini sudah dirakit secara lokal di BMW Production Network 2, Gaya Motor, Jakarta. Kehadirannya menambah portofolio line-up mobil yang dirakit lokal menjadi delapan model.

“Hari ini, BMW Indonesia siap buka babak baru dari BMW Story of Luxury, mengomunikasikan mengenai rangkaian kendaraan flagship dalam portofolio BMW, wujudkan pemahaman baru tentang kemewahan - yang menyatukan emosi, estetika inspirasional dan kenyamanan berkendara melalui peluncuran THE NEW X7,” ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia, dalam rilis yang dikeluarkan saat peluncuran.

“Produk flagship dari keluarga BMW X ini mewakili puncak kemewahan dan perlihatkan potensi pengembangan pasar kendaraan mewah di Indonesia. Model terbaru BMW X7 xDrive40 Opulence telah dilengkapi dengan sentuhan eksterior, fitur serta sistem semi-autonomous driving yang semakin canggih.”

>>> BMW X5 2021 Meluncur, Dibekali Segudang Fitur Canggih

BMW X7 xDrive40i Opulence: Kasta Tertinggi SUV Bavaria

Disebut juga sebagai “The President”, BMW X7 2021 merupakan puncak tertinggi dari SUV (Sport Utility Vehicle) BMW secara global, dan model tersebut kini lebih dekat setelah resmi dirakit lokal di Indonesia.

Dengan panjang 5,151 mm, lebar 2,000 mm, dan tinggi 1,805 mm, BMW X7 xDrive40i Opulence menawarkan proporsi yang harmonis dan sebagai ekuivalen model Seri 7 di keluarga BMW X.

Tampilan depan BMW X7 xDrive40i 2021 yang dirakit lokal

Tampilan belakang BMW X7 xDrive40i 2021 yang dirakit lokal

X7 merupakan pemegang kasta tertinggi line-up BMW X Series

Desain BMW X7 2021 semakin mewah dengan penggunaan Opulent exterior design yang dicirikan sentuhan high-gloss chrome di fascia depan, ornament air breather di samping, hingga garis high-gloss chrome di belakang yang menyatu dengan L-shape rear-lamp.

BMW X7 2021 dilengkapi BMW LaserLight sebagai standar yang menyatu dengan kidney grille terbesar dalam sejarah BMW, sangat menonjol di bagian depan. Tongkrongan BMW X7 xDrive40i Opulence semakin gagah berkat penggunaan velg 21 inci Y-Spoke Style 752 Bicolour.

Di bagian belakang, THE NEW X7 hadir split tail-gate, mudahkan akses bagi pengemudi untuk menikmati fleksibilitas bagasi. Dengan satu tombol Max Cargo, bangku baris ketiga akan terlipat dan hasilkan kapasitas bagasi yang sangat lapang.

Masuk ke dalam, BMW X7 xDrive40i Opulence masih mempertahankan layout interior yang sama, dan telah didukung sistem infotainment iDrive 7.0 dengan BMW Live Cockpit Professional.

Kemewahan sangat terasa dari penggunaan crafted clarity package pada tuas transmisi, iDrive controller, dan juga volume button untuk tekankan positioning BMW X7 2021 sebagai flagship berikutnya dari BMW.

Layout Dashboard BMW X7 xDrive40i 2021 yang dirakit lokal

Kemewahan menjadi tema interior BMW X7 2021 rakitan Indonesia

Interior BMW X7 hadirkan sensasi baru dari kelapangan kabin di segmen kendaraan premium. Tiga baris kursi, termasuk captain chair, manjakan pengemudi dan penumpang dengan kenyamanan dan desain ekslusif.

Merupakan mobil 6-seater, baris tengah merupakan tempat terbaik dari X7 xDrive40i Opulence dengan adanya Rear-Seat-Entertainment dengan dua layar sentuh individual sebesar 10,2 inchi integrasi atap kaca panorama Sky Lounge.

Kenikmatan dalam kabin juga ditunjang sistem audio premium Bower & Wilkins Diamond surround system dengan 20 speakers dan tenaga hingga 1.508 watt, yang terdiri dari midrange speakers, 9 tweeters yang termaksud diantaranya berada di atas kepala penumpang untuk memberikan efek suara 3 dimensi, hingga 2 rohacell subwoofers.

BMW X7 xDrive40i 2021 rakitan lokal yang memakai sistem audio Bower Wilkins

Sistem audio premium dari Bower & Wilkins semakin memanjakan penumpang dalam kabin

Beralih ke powertrain, BMW X7 2021 memakai mesin BMW TwinPower Turbo 3.0L yang menghasilkan 40 hp pada 5,500 - 6,500 rpm dan torsi maksimum sebesar 450 Nm dari 1,500 rpm.

Powertrain mobil dihubungkan ke sistem penggerak All-Wheel Drive xDrive melalui 8-Speed Steptronic transmission, yang menghasilkan akselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 6,1 detik dengan top speed 245 km/jam.

Salah satu fitur menarik di sini adalah Active Cruise Control with Stop&Go Functions, sebuah fitur semi-autonomous driving yang memungkinkan mobil berjalan mengikuti ritme mobil di depannya, dan bisa diakses pada tombol di multifunction steering-wheel dengan mudah dan intuitif.

Selain itu, BMW X7 2021 juga menyisipkan xOffroad package juga hadir di THE NEW X7. Sistem intelligent all-wheel drive ini menawarkan 4 pilihan moda berkendara - xSand, xGravel, xRocks dan xSnow, yang mengatur ketinggian dan rebound air-suspension mobil.

Soal harga, BMW Group Indonesia membandrol BMW X7 xDrive40i Opulence rakitan lokal dengan harga Rp 2.299.000.000,- off-the road, ini lebih murah sekitar Rp 100 juta dari model lalu yang CBU.

>>> 2.565 Unit Mobil Mewah BMW Terjual di Indonesia Sepanjang 2020

Hadirkan varian tertinggi BMW X3 dengan bodykit M Sport

BMW X7 2021 tidak sendiri, dalam acara peluncuran virtual ini, BMW Group Indonesia juga menghadirkan trim tertinggi BMW X3, xDrive30i dengan bodykit M Sport.

Tampilan depan BMW X3 xDrive30i dengan bodykit M Sport

BMW juga memberikan sentuhan M Sport pada X3 xDrive30i

“Pada hari ini juga kami kembali memperlihatkan komitmen BMW Group Indonesia untuk dukung industri otomotif Indonesia dengan memperluas lini produksi BMW di Production Network 2, Gaya Motor, Jakarta melalui peluncuran varian kedua dari BMW X3 yaitu BMW X3 xDrive30i M Sport. Varian terbaru ini hadir dengan desain eksterior dan interior BMW M Sport yang ikonik dan sporty, serta ragam fitur pintar terbaru,” tambah Ramesh.

Sesuai dengan nama mobil, BMW X3 xDrive30i merupakan varian lebih tinggi dari sDrive20i. Namun berbeda dari model 2018 yang memakai trim Luxury, atau 2019 yang memakai trim xLine, untuk model 2021 X3 xDrive30i memakai bodykit M Sport yang ikonik.

Salah satu pembeda dari sDrive20i adalah penggunaan M Sport exterior package, yang terdiri dari M Aerodynamics package dengan velg 20 inci M light alloy wheels Double-spoke style 699 M Bicolour dengan M Sport Brake yang membuat aura sporty mobil semakin kuat.

Velg M Sport 699 M 20 inch yang dipakai BMW X3 M Sport

Velg M Sport yang dipakai di BMW X3 M Sport

Masuk ke interior, X3 xDrive30i mendapatkan beberapa sentuhan M Sport, seperti setir tiga palang M Sport, interior yang dibalut kulit Vernasca dengan warna yang cukup vibrant.

Perbedaan yang cukup mencolok juga ada di sisi powertrain, memang mesin yang dipakai masih sama, BMW TwinPower Turbo 2.0L berkode B48, namun performa yang dihasilkan lebih tinggi, yakni 252 HP dan torsi 350 Nm. Karena model ini merupakan tipe xDrive, maka tenaga mesin disalurkan menuju sistem penggerak all-wheel drive melalui girboks Steptronic 8-percepatan yang juga dilengkapi predictive gear shift.

Layout dashboard yang dipakai di BMW X3 M Sport

Tema M Sport juga terasa dalam interior BMW X3 xDrive30i

Untuk harga, BMW X3 xDrive30i M Sport dibanderol Rp. 1.139.000.000,- off-the-road. Adapun BMW X7 2021 dan trim tertinggi BMW X3 2021 akan dipamerkan dalam acara BMW Exhibition di Plaza Senayan pada 26-28 Februari 2021 mendatang.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top