BMW Masih Terlibat Dalam Pengembangan Toyota Supra

06/05/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
BMW Masih Terlibat Dalam Pengembangan Toyota Supra
Meski BMW dan Toyota memiliki arah berbeda dalam pengembangan Supra A90 dan Z4, namun kedua pabrikan masih duduk dalam satu meja dalam proses pengembangan mobil.

Keputusan Toyota melibatkan BMW dalam pengembangan Toyota Supra menggunakan basis Z4 menuai reaksi beragam. Ada yang mengkritik dan mengatakan mobil ini bukanlah sebuah Supra, namun ada juga yang memuji.

>>> Supra 2021 siap launching, tenaganya lebih buas!

Satu tahun setelah Supra generasi kelima diperkenalkan, Toyota Supra 2021 sudah disiapkan dengan beberapa development. Mulai dari tenaga mesin 6-silinder turbo yang ditingkatkan, varian 4-silinder yang lebih murah, sampai edisi spesial.

Ciptakan momentum untuk Toyota

Mengingat status Toyota Supra yang spesial di line-up mobil, maka angka penjualan tidaklah terlalu penting. Supra dijadikan untuk membangun image brand, terlebih di saat Toyota berambisi menghadirkan varian performa dari hampir line-up mobilnya.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Toyota Supra 2020 warna merah

Kehadiran Supra A90 dapat membangun image Toyota

Oleh karena itu, penjualan sepanjang tahun 2019, yang menembus 2.884 unit di Amerika Serikat mendapatkan respon positif dari manajemen Toyota, hal tersebut dikonfirmasi oleh Vice President & General Manager Toyota America, Jack Hollis.

Toyota masih libatkan BMW dalam pengembangan Supra?

Salah satu pembahasan menarik seputar Toyota Supra tidak jauh dari keterlibatan BMW dalam development mobil. Jawabannya masih, meski Toyota sepenuhnya bertanggung jawab dalam tuning dan set-up sasis mobil, beberapa engineernya masih berkoordinasi di Munich dengan tim BMW. Namun, pada akhirnya kedua pabrikan memiliki alah pengembangan berbeda.

Toyota Supra dan BMW Z4 yang dibuat dengan platform serupa

Supra dan Z4 akan didevelop dengan konsep yang berbeda

“Seiring berjalannya waktu, BMW dan Toyota akan berpisah. Meski masih saling berbagi ide dan informasi, pada akhirnya kami membuat perjanjian untuk berpisah. Namun bukan tanpa percakapan dan hal teknis, kepala engineer (Tetsuya) Tada dan timnya masih berhubungan dengan BMW secara konstan terkait fitur,” lanjut Jack Hollis.

>>> Jangan lewatkan berita terkini seputar mobil baru bisa Anda baca di sini

Saat ini, proses perakitan Toyota Supra 2021 juga terganggu karena pabrik milik Magna Steyr yang jadi basis produksi Supra dan BMW Z4 ditutup karena pandemi, dan baru beroperasi dalam beberapa pekan ke depan.

Pabrik Magna Steyr yang merakit Toyota Supra

Proses perakitan Supra 2021 terhambat fasilitas yang tutup di tengah pandemi

Namun, penjualan Toyota Supra 2021 masih tetap berjalan sesuai jadwal pada bulan Juni karena sudah 400 unit yang diproduksi sebelum pabrik ditutup. Hal berbeda terjadi pada varian mesin 4-silinder ditunda karena pabrik belum memproduksi varian murah tersebut.

>>> Berita otomotif terbaru bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Toyota Supra GR 450, Modifikasi Tak Biasa Dari Manhart

16/04/2020

Perawatan dan service

4 menit

Paket modifikasi Toyota GR Supra A90 sudah banyak beredar di pasaran. Tak terkecuali dari beberapa tuner yang identik dengan mobil BMW, salah satunya Manhart.

Lihat juga

Tanpa Swap Engine, Toyota Supra Drift Car Ini Hasilkan 1.000 HP Lebih

06/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Kata siapa mesin standar Toyota Supra tak bisa hasilkan 1.000 HP? Papadakis Racing berhasil menciptakan Supra Drift Car dengan tenaga 1.033 HP tanpa harus melakukan proses swap engine.

Lihat juga

GR Supra GT Cup, Cara Unik Toyota Mencari Pembalap Virtual Terkencang

07/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Toyota mencari pembalap terkencang untuk menjajal mobil sport ikonik GR Supra. Uniknya, mereka mencari sosok tersebut di platform balap virtual Grand Turismo Sport. Bagaimana jelasnya?

Lihat juga

8 Mobil Ini Hiasi Film Fast & Furious 9, Kembalinya Toyota Supra

01/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Fast & Furious 9 akan hadir di layar lebar pertengahan tahun ini. Seperti film-film sebelumnya, iterasi kesembilan waralaba ini juga masih membawa mobil-mobil canggih nan cepat ini.

Lihat juga

Toyota Supra 2021 Hadirkan Tenaga Lebih Buas

17/02/2020

Mobil baru

3 menit

Toyota Supra akan mendapatkan facelift untuk model tahun 2021 dengan peningkatan tenaga hampir 50 HP. Selain itu, akan hadir juga varian 2.000cc untuk pasar Amerika Serikat.

Lihat juga
 
back to top