CintamobilTV: Test Drive BMW M235i Gran Coupe 2021, Sport Sedan Coupe Jadi Mobil Harian

19/04/2021

Mobil baru

3 menit

Varian terbaru dari BMW ini memang tidak termasuk ke dalam keluarga BMW M, namun BMW M235i Gran Coupe 2021 ini cocok bagi Anda yang ingin merasakan performa apik dari BMW tanpa harus membeli salah satu dari seri BMW M.

Tim Cintamobil TV mendapat kesempatan untuk mengetes seri terbaru dari BMW yakni BMW M235i Gran Coupe 2021. Varian terbaru ini memang tidak termasuk ke dalam keluarga BMW seri M, namun BMW M235i Gran Coupe ini cocok bagi Anda yang ingin merasakan performa apik dari mobil Jerman tanpa harus membeli salah satu dari seri BMW M.

BMW M235i sendiri masuk di jajaran line-up BMW M Performance yang merupakan jembatan antara seri BMW standar atau varian dengan bodykit M Sport dengan BMW M murni.

BMW M235i sendiri tergolong mobil yang cukup unik lantaran berperforma tinggi namun tetap nyaman dikendarai. Hal ini bisa dilihat dari torsi nya yang cukup besar yakni 450 Nm dengan jangkauan rpm 1.750-4500 serta mampu menghasilkan tenaga 306 HP dengan power brand yang yang lebih lebar yakni dari rpm 5.000-6.250.

Tenaga dari mesin tersebut dihubungkan ke semua roda alias all wheel drive atau untuk BMW dinamakan  xDrive melalui girboks otomatis 8-percepatan steptronic. Dengan kombinasi tersebut, mobil ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,8 detik dengan top speed 250 km/jam. Dari sisi kepraktisannya juga cukup baik mengingat BMW M235i Gran Coupe 2021 ini memiliki 4 pintu. 

>>> AC Schnitzer Sediakan Paket Modifikasi BMW Seri 5 Terbaru

Impresi Berkendara

Setelah mengulas sedikit mengenai mesin dan performa yang dimiliki oleh BMW M235i Gran Coupe versi terbaru, selanjutnya adalah merasakan langsung impresi saat berkendara dengan mobil asal Jerman ini.

Pertama seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, BMW M235i Gran Coupe masih bisa dikendarai dengan nyaman digunakan meski memiliki tenaga dan torsi yang cukup besar. Termasuk dengan bantingan suspensinya yang tergolong empuk, berbeda dengan BMW M murni yang lebih keras. Karena itu BMW M235i cenderung lebih cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari. 

mobil BMW

Mobil BMW selalu memiliki tampilan yang mewah dan elegan 

Hal lain yang dirasakan ketika berkendara dengan BMW M235i ini ialah respons mesinnya yang sangat baik di putaran bawah mengingat torsinya yang besar bisa dicapai pada putaran 1.750 rpm. Kemudian ketika pengemudi berpindah ke mode sport dan melakukan kick down, respons mesinnya sangat-sangat baik di putaran bawah. Karena menggunakan teknologi xDrive maka ketika Anda melakukan start awal pada mobil akan meminimalisir terjadinya wheelspin.

Akselerasi 0-100 km/jam

mobil BMW

Tingkat akselerasi BMW M235i yang mantap 

Selanjutnya, kita beralih ke percobaan akselerasi dari 0-100 km/jam. Dengan teknologi xDrive  yang dimiliki, mobil ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam rentang waktu 4,8 detik. Namun saat Tim CintamobilTV menjajal langsung akselerasi 0-100 km/jam, waktu yang dibutuhkan mencapai 6,2 detik atau lebih lambat 1,4 detik dari waktu yang diklaim. Kendati begitu, hasil ini mungkin saja bisa disebabkan oleh kondisi aspal maupun bahan bakar yang berbeda dengan saat mobil ini dites akselerasinya oleh pabrikan. Overall, akselerasi BMW M235i Gran Coupe ini masih tergolong apik meski bukan termasuk BMW M murni.

Konsumsi Bahan Bakar

Dengan tenaga dan performa yang cukup tinggi, BMW M235i Gran Coupe 2021 ini ternyata memiliki konsumsi bahan bakar yang tergolong irit. Untuk rute dalam kota, konsumsi bahan bakarnya bisa menghabiskan 10,2 km/liter dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam. Sedangkan untuk rute jalan bebas hambatan atau jalan tol bisa mencapai 16,1 km/liter dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam. Melihat konsumsi bahan bakarnya yang cukup efisien, mobil yang satu ini memang lebih cocok untuk digunakan sehari-hari ketimbang BMW seri M murni. 

mesin bmw

Bagian mesin BMW dengan fitur yang canggih

Selain konsumsi bahan bakarnya yang cukup efisien, yang menarik dari mobil ini ialah pengendaliannya. Seperti ketika mobil menikung, mobil masih terkontrol tidak seperti BMW M2 misalnya, yang ketika kita kick down di tikungan kemungkinan besar bisa melintir. Hal ini tidak lepas dari teknologi all wheel drive atau xDrive yang dimiliki M235i Gran Coupe. Karena itu M235i ini bisa dibilang lebih mudah untuk dikendarai. Kemudian untuk setir, ketika ada dalam mode sport, bobotnya menjadi lebih berat dan responsnya menjadi lebih cepat.

Desain Eksterior

mobil bmw

Tampilan eksterior BMW yang selalu memukau 

Setelah mencoba mengaspal langsung, ada yang kurang jika tidak membahas sisi eksterior maupun interiornya. Kami bahas secara ringkas. Yang pertama dari desain eksteriornya yakni bagian grille depan dengan aksen mesh 3D yang diberi finishing satin chrome. Kemudian di bagian samping, kesan mewah dari BMW tidak bisa dipungkiri terlihat dari profil khas M235i Gran Coupe ini dengan lekuk garis atap yang mengalir dan garis bahu yang memanjang sampai ke bagian buritan. Ditambah dengan keempat pintu mobil yang menggunakan model frameless. Kemudian di bagian disk brake dan kalibernya yang cukup besar ditambah dengan velg ukuran 18 inch membuat tampilannya tampak lebih sporty. Ke bagian belakang, ada dua buah knalpot berbentuk persegi panjang yang berukuran 90 mm serta ada diffuser berwarna hitam di area belakangnya yang memperkuat tampilan sporty-nya.

Desain Interior

Beralih ke interior. Karena merupakan line-up dari M performance, mobil ini banyak menggunakan part-part dari BMW M seperti setir dan jok. Sedangkan pada panel instrument sudah full digital dan sistem operasi sudah menggunakan iDrive 7.0 sehingga sudah support untuk Apple CarPlay dan Android Auto. Sementara di bagian perseneling, ada juga tombol-tombol seperti VSC off, sensor parkir, pilihan mode berkendara yakni Sport, Comfort, dan Eco Pro, serta tuas electric hand brake.

mobil BMW

Interior BMW menghadirkan beragam fitur untuk kenyamanan 

Secara keseluruhan, walaupun tidak termasuk keluarga BMW M murni, sensasi berkendara dengan M235i tidak terpaut jauh dengan BMW seri M murni. Selain itu mobil ini lebih unggul untuk penggunaan sehari-hari karena lebih mudah dikendarai dan efisien dalam penggunaan bahan bakar. Mobil yang dibanderol Rp 1,259 miliar untuk off the road (OTR) cocok bagi Anda yang menginginkan sportcar mewah untuk jadi mobil harian. 

>>> BMW Alpina B8 Gran Coupe, Monster yang Anggun

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top