BMW Mau Boyong Mobil Listrik BMW iX dan MINI Cooper SE ke Indonesia

26/08/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
BMW Group Indonesia membeberkan rencana strategi elektrifikasinya di Tanah Air dengan ambisi hadirkan mobil listrik BMW iX dan MINI Cooper SE di tahun depan.

BMW Group Indonesia telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya akan hadirkan jajaran mobil listrik terbaru di tahun depan. Dikatakan akan ada dua mobil listrik terbaru yakni BMW iX dan MINI Electric (E).

>>> BMW Perkenalkan iX5 Hydrogen, Siap Gantikan Mobil  Listrik Baterai?

Gambar menunjukan BMW ix

BMW iX telah ditampilkan di halaman muka BMW Group Indonesia

Meluncur Tahun Depan

Director of Communication BMW Group Indonesia Jodie O'tania mengatakan kehadiran kedua mobil listrik itu sudah dipersiapkan sejak tahun ini. Bahkan dikatakan infrastruktur sendiri sudah dikembangkan sejak beberapa tahun yang lalu.

“Kalau untuk infrastruktur sendiri kita sudah melakukannya sejak beberapa tahun yang lalu karena kita sudah menghadirkan BMW i3, i8 dan juga kita telah memulai banyak sekali kegiatan edukasi dan untuk di tahun ini pun kita terus lakukan dengan menjalin hubungan dengan stakeholder untuk nantinya kita bisa siap kembali hadirkan kendaraan listrik,” kata ujar Jodie O'tania, Director of Communication BMW Group Indonesia saat konferensi virtual, Jumat (21/8/2021).

“Jadi untuk BMW sendiri selain akan hadirkan mobil listrik iX kita untuk MINI juga akan hadirkan MINI E di tahun depan jadi semuanya sudah dipersiapkan sejak tahun ini,” jelasnya.

>>> BMW i4 M50 Jadi Safety Car Balap Motor Listrik MotoE

Gambar menunjukan MINI EV

Tampilan MINI Cooper SE

BMX iX dan MINI Cooper SE

BMW iX merupakan SUV bertenaga listrik pertama dari pabrikan mobil mewah asal Jerman tersebut. Awalnya, produksi mobil ramah lingkungan itu akan dimulai pada paruh kedua 2021, namun diundur sampai awal 2022.

BMW iX sendiri dibangun dengan teknologi powertrain BMW eDrive generasi kelima dengan dua buah motor listrik yang total menghasilkan tenaga 496 HP, dan bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 5 detik. Untuk baterainya sendiri memakai kapasitas super besar, 100 kWh, yang diklaim bisa menempuh jarak sampai 483 kilometer untuk satu kali pengisian penuh.

Sementara itu untuk MINI Electric yang akan masuk ke Tanah Air kemungkinan MINI Cooper SE. Mobil listrik pertama MINI tersebut telah diproduksi di pabrik BMW Group Oxford di Inggris sejak November 2019 lalu.

MINI Cooper SE telah dibekali dengan motor listrik yang sama seperti yang digunakan pada BMW i3. Motor elektrik tersebut mampu memberikan tenaga maksimal setara dengan 181 hp dan torsi 270Nm. Tersedia beberapa pilihan baterai yang nantinya akan memberikan beberapa opsi MINI Cooper SE dengan jangkauan jarak maksimal yang berbeda.Baterai lithium-ion ini memiliki beberapa pilihan penyimpanan daya, yakni mulai dari 60 Ah hingga 120 Ah dengan jarak jangkauan maksimal mencapai 200 mil atau setara dengan 321 km.

>>> Amankah Mencuci Mobil  Listrik Pakai Air?

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top