BMW i4 Tengah Disiapkan, Sedan Listrik Pertama Berdaya Jelajah 600 Km

10/12/2019

Mobil baru

3 menit

BMW i4 Tengah Disiapkan, Sedan Listrik Pertama Berdaya Jelajah 600 Km
Bayerische Motoren Werke AG tengah menyiapkan BMW i4 Gran Coupé, model terbaru mobil listrik dengan daya jelajah 600 km dalam sekali pengisian penuh. Rencananya bakal diluncurkan tahun 2021

BMW tengah dalam rencana besar dalam program elektrifikasinya dengan target 2023 memiliki 25 mobil berpenggerak listrik yang terdiri dari model hybrid, plug ini hybrid, hingga full electric. Semua model akan dibentuk menggunakan basis teknologi BMW eDrive generasi kelima, yakni sistem penggerak yang sangat terintegrasi di mana motor listrik, transmisi, dan elektronik daya ditampung dalam satu rumah.

Salah satu yang kini tengah dipersiapkan yaitu BMW i4, gran kupe empat pintu yang sepenuhnya bertenaga listrik alias full electric. Dituturkan dalam rilis resminya di laman BMW Group, mobil ini bakal jadi model pertama implementasi mobil bertenaga listrik yang tetap mengutamakan fungsi utamanya sebagai kendaraan keluarga yang nyaman.

Foto BMW i4 Gran Coupe dalam tampilan kamuflase

BMW i4 sedan kupe bertenaga listrik bakal diluncurkan pada 2021

Peluncuran

Peluncuran dan produksi i4 bakal dilakukan tahun 2021 atau setahun setelah peluncuran model SUV listrik BMW iX3 tahun 2020. Setelah itu akan didistribusikan secara global sebagaimana BMW i3s.

>>> Diluncurkan 2021, Foto Interior SUV listrik BMW Bocor

BMW i4 dibekali baterai seberat 550 kg dengan kapasitas energi 80 kWh. Tenaga maksimum dihasilkan mencapai 390 kW atau 530 Hp, setara tenaga mesin V8 pada mobil berbahan bakar konvensional. Diklaim dalam satu kali pengisian penuh bisa menempuh jarak hingga 600 km. Untuk akselerasi 0-100 km per jam hanya butuh waktu 4,0 detik, sedangkan kecepatan maksimalnya 200 km per jam.

Foto BMW i4 Gran Coupe dalam tampilan kamuflase

Mobil listrik BMW i4 diklaim memiliki daya jelajah 600 km

Sebelumnya di pameran Frankfurt Motor Show 2019 pertengahan September 2019 lalu BMW meluncurkan edisi terakhir dari BMW i8 Plug ini Hybrid lewat model i8 Ultimate Sophisto. Bebarengan dengan itu juga diluncurkan edisi spesial dari BMW i3s lewat i3s Edition Roadstyle. i8 Ultimate Sophisto hanya diproduksi 200 unit untuk kemudian i8 dihentikan secara total baik produksi dan penjualannya serta tidak akan ada pengganti. BMW i8 bakal jadi legenda.

Sementara untuk i3s Edition Roadstyle yang hanya diproduksi 900 unit, BMW tidak mengatakan sebagai edisi penutupan dari seri 3. Direktur Pemasaran BMW, Pieter Nota menuturkan BMW i3s tidak akan ditutup tapi diteruskan melalui model mobil listrik baru yang sangat berbeda dari versi sebelumnya. "Tidak ada rencana khusus untuk i3, kami akan membawa elektrifikasi ke model yang lebih mainstream," kata Pieter seperti dikutip dari Financial Times (15/9/2019).

Penerus BMW i3s?

Belum ada keterangan apakah BMW i4 ini dinyatakan sebagai penerus dari BMW i3s, atau mungkin model lain yang juga tengah dipersiapkan.

>>> BMW i8 Bakal Berakhir, Bagaimana dengan BMW i3s?

>>> Simak juga berita terkini lainnya di sini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top