Sedan Listrik BMW i4 Bertenaga Buas Meluncur

18/03/2021

Mobil baru

3 menit

Lewat peluncuran daring sedan bertenaga listrik BMW i4 2021 diperkenalkan publik dunia. Pesaing Tesla Model S dan Porsche Taycan!

BMW memperkenalkan mobil bertenaga listrik terbarunya bernama i4. Sedan bertenaga listrik pertama BMW i4 itu melengkapi mobil listrik SUV iX3 dan iX serta hatchback i3 yang telah diluncurkan sejak 2013 silam.

>>> BMW iDrive 8 Tawarkan Peningkatan Sistem dan Teknologi Baru

Gambar menunjukan BMW i4

Tampang BMW  i4 2021

Sama Seperti Versi Konsepnya

BMW i4 yang diperkenalkan secara daring ini terlihat hampir sama dengan Concept i4 yang dihadirkan di ajang Consumer Electronic Show 2020 lalu di Las Vegas, Amerika Serikat. Sedan ini wajahnya sangat mirip dengan BMW Seri 4 Gran Coupe dengan aura elektrifikasi dari BMW i.

Penambahan dua pintu belakang bukan satu-satunya perubahan yang terjadi pada profil samping dibandingkan dengan Seri 4 Gran Coupe karena BMW  i4 juga memiliki pegangan yang didesain ulang yang tetap rata dengan pintu untuk aliran udara yang lebih baik. Aksen biru di samping pintu dan roda aerodinamis juga menjadi pembedanya serta bumper yang didesain ulang dan kurangnya tip knalpot di bagian belakang.

“Dengan penampilannya yang sporty, dinamika berkendara terbaik di kelasnya, dan tanpa emisi lokal, BMW i4 adalah BMW sejati. Itu membuat jantung merek BMW sekarang berdegup kencang sepenuhnya, ”kata Pieter Nota, anggota Board of Management BMW AG yang bertanggung jawab atas Pelanggan, Merek dan Penjualan.

>>> Pentingnya Melakukan Perawatan Area Roda Mobil

Gambar menunjukan BMW i4

Tampilan belakang BMW  i4 2021

Memiliki Tenaga Hingga 523 Daya Kuda

Sama halnya seperti mobil konsep, BMW tidak berikan informasi detail teknis tentang sedan bertenaga listrik tersebut. BMW hanya bocorkan bagian-bagian informasi penting seperti tenga yang bisa dihasilkan dari BMW i4.

BMW hanya mengatakan BMW i4 akan memasuki pasar selama tahun 2021 dengan menawarkan daya hingga 523 tenaga kuda, serta termasuk model BMW M Performance yang dikatakan dapat berlari hingga 62 mph (100 km / jam) dalam waktu sekitar empat detik.  Sayangnya BMW belum mengatakan apapun tentang baterai, tetapi i4 paling kuat diharapkan menampilkan baterai lithium-ion dengan energi sekitar 80 kWh  yang cukup untuk menempuh jarak sejauh 590 kilometer.

Begitu pula informasi untuk harganya BMW masih menutup rapat, namun bisa dipastikan sedan bertenaga listrik BMW ini akan bersaing dengan Tesla Model S, Audi 2022 e-tron GT, Lucid's 2021 Air dan Porsche Taycan. Detail lebih lanjut tentang BMW Seri 4 Gran Coupe akan keluar dalam beberapa minggu mendatang. 

>>> BMW Group Indonesia Beberkan Rencana Elektrifikasi, iX Launching 2022?

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top