BMW Hentikan Produksi BMW i8 Mulai April

14/01/2020
Setelah enam tahun diproduksi sebagai flagship mobil listrik BMW i, BMW mengonfirmasi bahwa mulai April ini produksi BMW i8 hybrid sportscar resmi dihentikan. Dan akan digantikan dengan line-up BMW i terbaru.

Berhentinya produksi BMW i8 juga bersamaan dengan masuknya line-up generasi BMW i terbaru seperti SUV kompak iX3, i4 yang akan jadi 3 Series versi listrik, serta BMW iNext yang diposisikan sebagai SUV flagship. Sementara itu, pengganti i8 sebgai sportscar elektrik BMW akan memakai basis Vision M Next Concept, dan akan tiba dalam waktu lima tahun ke depan.

Gambar menunjukkan BMW i8 ke-20.000 yang diproduksi di pabrik BMW Leipzig

BMW i8 terhitung cukup sukses dengan lebih dari 20.000 unit terjual sampai saat ini

>>> Review BMW i8 Roadster 2018, Spesifikasi dan Harganya 

BMW memang belum mengumumkan secara resmi kapan produksi BMW i8 akan berakhir, namun humas pabrikan Jerman itu mengatakan “Pelanggan di Inggris yang tertarik untuk membeli BMW i8 masih bisa memesan unit di dealer BMW sampai akhir Februari ini.”

Dealer BMW juga menanggapi isu ini dengan menawarkan BMW i8 dengan harga lebih murah. Tak tanggung-tanggung, beberapa dealer bahkan menawarkan varian hardtop dengan harga £93.115 (setara Rp 1,65 miliar), lebih murah £20.000 (Rp 345 juta) dibandingkan harga normal £115.105 (Rp 2,05 milar).

Dua line-up pertama BMW i, i3 dan i8 berwarna biru dilihat dari sisi depan

BMW i8 merupakan model flagship dari generasi pertama line-up BMW i

>>> Sedang cari BMW? Kami punya banyak pilihan untuk Anda

Diperkenalkan sebagai konsep bermesin turbodiesel pada Frankfurt Motor Show 2009, BMW i8 mulai dijual pada 2014 sebagai flagship dari line-up mobil elektrik BMW-i di atas i3. Sejak 2014 sampai saat ini, BMW i8 yang hadir sebagai mobil 2+2 dengan layout mesin tengah menggunakan mesin tiga silinder 1.500cc turbo, dan dipasangkan dengan sebuah motor elektrik. Secara performa mobil juga hanya naik satu kali, yakni pada 2018 di mana tenaga mobil naik dari 357 HP menjadi 369 HP.

Tahun lalu, bos R&D BMW juga mengatakan kepada Autocar bahwa mereka telah memutuskan masa depan BMW i8, yang akan lahir kembali sebagai rival Tesla Roadster generasi kedua, atau Audi R8 e-Tron yang akan hadir tahun 2022 mendatang.

Gambar menunjukkan Mobil konsep BMW Vision M 2019 berwarna merah dilhat dari sisi depan

BMW Vision M Concept sepertinya akan jadi penerus BMW i8

BMW belum membeberkan lebih jauh terkait desain atau drivetrain yang akan dipakai BMW i8 generasi baru, namun mereka akan memakai strategi “race to road”. Yang berarti akan ada keterikatan antara pengembangan mobil listrik BMW dengan tim balap Formula E BMW.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Derry Munikartono

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain