BMW Group Indonesia Beberkan Rencana Elektrifikasi, iX Launching 2022?

03/03/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
BMW Group Indonesia Beberkan Rencana Elektrifikasi, iX Launching 2022?
Selain meluncurkan lebih dari 20 model baru sepanjang tahun 2021, BMW Group Indonesia juga membeberkan rencana elektrifikasi brand, termasuk soal ix yang ada di website resmi brand.

Sepanjang tahun 2020 ini, BMW Group Indonesia telah meluncurkan lima mobil baru. BMW X7 xDrive40i Opulence dan BMW X3 xDrive30i M Sport jadi dua model terbaru yang dihadirkan pekan lalu.

Peluncuran BMW X7 2021 CKD

BMW X7 xDrive40i Opulence jadi mobil terbaru yang hadir di Indonesia bulan lalu

BMW mengonfirmasi akan menghadirkan 20 model baru lewat beberapa model mulai dari SAV sampai mobil performa tinggi M3 dan M4 Competition yang akan dihadirkan pada paruh kedua 2021.

"Jadi di tahun 2021 ini kita akan ada lebih dari 20 kendaraan baru dari BMW dan MINI. Sampai dengan saat ini aja kita dari BMW sudah lima unit kendaraan diluncurkan dari awal tahun. Dan untuk ke depannya kita ada beberapa varian kendaraan terbaru. Mulai dari SUV, sedan, sedan compact, juga akan dihadirkan," kata Director of Communications, BMW Group Indonesia, Jodie O'tania.

>>> Lebih dari 20 Mobil Baru BMW Siap Ramaikan Jalanan Indonesia

Fokus ke Plug-In, 2022 hadirkan EV murni

Tidak hanya rencana mobil baru, BMW Group Indonesia juga membocorkan soal rencana elektrifikasi brand Jerman. Saat ini, BMW lebih fokus ke teknologi PHEV (Plug-in Hybrid). Pun demikian, BMW tetap melirik model EV murni, dan mengatakan akan hadir beberapa kendaraan EV murni dari BMW dan juga MINI.

"Untuk kendaraan listrik, kita fokus di tahun ini untuk memperkenalkan teknologi terbaru plug-in hybrid BMW. Sebelumnya kita sudah punya i8, di mana i8 roadster dan i8 coupe. Dan di tahun ini kita ada plug-in hybrid dari BMW 330e, dan di tahun 2022 itu akan ada beberapa kendaraan full listrik yang hadir dari BMW dan juga MINI," tambah Jodie.

>>> 2.565 Unit Mobil Mewah BMW Terjual di Indonesia Sepanjang 2020

BMW iX masih dalam studi pasar

Ini menarik, karena beberapa bulan lalu sosok iX, SUV listrik terbaru dari BMW nongol di situs resminya. Dan ketika disinggung soal kehadiran iX di Indonesia, pihak BMW mengatakan mereka tengah melakukan studi awal sambil menunggu produksi awal.

Tampilan BMW iX di Website BMW Indonesia

Tampilan BMW iX yang hadir di halaman muka BMW Group Indonesia

“Untuk ix, secara global memang sudah diperkenalkan namun untuk penjualan secara resminya belum, mungkin sebentar lagi. Dan untuk Indonesia sendiri, ix belum ada dalam milestone kita, karena kita masih fokus ke Plug-in Hybrid (PHEV), dan mobil lain yang relevan untuk pasar Indonesia,” ujar Jodie O’tania, Director of Communication, BMW Group Indonesia.

“Pasti ada rencana (menghadirkan BMW ix) untuk ke depannya, karena pada saat itu kita ada acara global peluncuran ix, dan kita mau lihat seperti apa ketertarikan pelanggan di Indonesia untuk kendaraan listrik ini.

“Tapi untuk tahun ini, saya bisa katakan itu belum dihadirkan, karena dari peluncuran global sampai peluncuran lokal pasti ada waktunya. Kita juga butuh waktu untuk pendaftaran kendaraan, uji tipe, dan sejenisnya. Itu pasti akan memakan waktu,” tandas Jodie.

Sebagai catatan, BMW iX sudah diperkenalkan November lalu, dan jadi SUV EV pertama BMW yang dibangun dari nol. Awalnya, produksi mobil akan dimulai pada paruh kedua 2021, namun diundur sampai awal 2022.

Tampilan depan BMW iX 2022

Berbeda dari iX3 yang dibangun memakai basis X3, iX dibangun dari nol

BMW ix dibangun dengan teknologi powertrain BMW eDrive generasi kelima dengan dua buah motor listrik yang total menghasilkan tenaga 496 HP, dan bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 5 detik. Untuk baterainya sendiri memakai kapasitas super besar, 100 kWh, yang diklaim bisa menempuh jarak sampai 483 kilometer untuk satu kali pengisian penuh.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top