BMW Bakal Usung Software Buatan Perusahaan Israel yang Bisa Deteksi Jalan

17/09/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
BMW Bakal Usung Software Buatan Perusahaan Israel yang Bisa Deteksi Jalan
BMW dikabarkan bakal mengusung software buatan perusahaan Israel pada tiap mobilnya mulai 2021. Software itu membuat mobil bisa merasakan kondisi jalan.

Pabrikan asal Jerman BMW bakal mengusung software buatan perusahaan Israel dalam setiap mobilnya mulai tahun 2021. Software buatan perusahaan Israel digarap oleh Tactile Mobility. 

Adanya software ini, memungkinkan mobil-mobil BMW untuk menganalisa permukaan jalan dan benda-benda apapun di bawah ban mobil. 

Dilaporkan Reuters, Kamis (17/9/2020), perangkat lunak lansiran Tactile Mobility ini menggunakan sensor non-visual pada kendaraan Anda. Kemudian sensor itu dimungkinkan untuk mengukur kecepatan roda, sudut ban, rpm, posisi gigi, dan lainnya. 

Mobil baru BMW

Baru tersedia di tahun 2021

>>> Hadiah BMW M4 2021 untuk Jawara MotoGP Styria, Miguel Oliveira

Bisa Merasakan Kondisi Jalan

Di samping itu, perangkat lunak tersebut juga membuat mobil BMW bisa merasakan kondisi jalan dan kalibrasinya lebih dinamis. 

"Kami sangat senang untuk bisa bekerja sama dengan BMW Group dan menyematkan perangkat ini pada mobil-mobil masa depan yang telah memasuki era otomisasi lewat 'sentuhan'. Ini juga sekaligus menunjukan bahwa perangkat kami memang bisa digunakan pada mobil," ungkap Co-Founder dan CTO Tactile Mobility, Boaz Mizrachi. 

Tactile Mobility tergolong perusahaan start-up karena baru didirikan tahun 2012 oleh Mizrachi sendiri bersama dengan Yossi Shiri, dan juga Alex Ackerman. 

Meski start up, Tactile Mobility sudah banyak menjalin kerjasama dengan para pabrikan, otoritas jalan raya dan perkotaan. Tak cuma itu, Tactile Mobility juga telah memiliki beberapa kantor cabang yang tersebar di tiga benua yakni Eropa, Amerika, dan juga Asia. 

Mobil BMW

Perangkat ini membuat mobil bisa 'merasakan' kondisi jalan

>>> 9 Mobil Listrik Baru BMW Antre untuk Mengaspal Hingga 2025

Porsche Juga Bakal Ikutan

Saat ini, mereka tengah berusaha mengimplementasikan perangkat lunak tersebut agar bisa digunakan secara komersial. Kerjasama antara BMW dan Tactile Mobility juga sekaligus menandakan berawalnya unit usaha BMW Startup Garage. 

Kemampuan Tactile Mobility dalam menghadirkan perangkat lunak canggih ini membuatnya meraup dana sebesar 9 juta dolar atau setara dengan Rp 133 miliar dari beragam investor. Porsche pun termasuk dalam daftar investor Tactile Mobility. 

Sama halnya dengan BMW, tentunya Porsche juga akan mengambil keuntungan dari teknologi yang dihasilkan Tactile Mobility pada setiap mobilnya. 

Perangkat lunak tersebut sengaja dihadirkan Tactile Mobility untuk bisa membantu mobil-mobil berteknologi otonom merasakan langsung permukaan jalan seperti halnya yang dirasakan oleh pengendara saat tengah menyetir. 

>>> Beli Mobil BMW Sekarang, Nyicilnya Bisa Tahun Depan

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Pilihan BMW 2 Pintu dari yang Lawas Sampai Terbaru

21/09/2020

Jual beli

8 menit

Ada banyak BMW 2 pintu yang dipasarkan baik secara global maupun singgah ke Indonesia. Mulai dari yang produksi tahun 1990-an sampai yang keluaran terbaru.

Lihat juga

Mengenal BMW M3 GTR E46, Mobil Sport Legendaris di Game Need for Speed

12/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Mobil sport ikonik ini pernah menjadi wajah dari salah satu game legendaris pada masanya, yaitu Need for Speed: Most Wanted yang dirilis pada tahun 2005.

Lihat juga

BMW Astra Gratiskan Biaya Layanan Perawatan BMW dan MINI di Rumah

15/09/2020

Event - Promosi

3 menit

Sebagai dukungan dan menjawab kebutuhan pelanggan di tengah pandemi virus Covid-19. BMW Astra gratiskan biaya Layanan Perawatan BMW dan MINI di rumah.

Lihat juga

SUV Buatan Vietnam, VinFast President Siap Tantang BMW X7-Lexus LX570

09/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Label pendatang baru yang tersemat pada produsen mobil asal Vietnam VinFast tak membuatnya ciut. VinFast dikabarkan telah menyiapkan SUV mewah, President.

Lihat juga

Review BMW iX3 2021: SUV Listrik Pertama Dari Bavaria

Rp. 1.200.000.000

14/09/2020

Editor rate:

BMW melanjutkan program elektrifikasi dengan menghadirkan gelombang kedua mobil listrik. Salah satu dari mobil tersebut adalah BMW iX3, yang menjadi SUV pertama asal Bavaria.

Lihat juga