BMW Alpina B8 Gran Coupe, Monster yang Anggun

30/03/2021

Mobil baru

5 menit

BMW Alpina B8 Gran Coupe sosoknya terlihat anggon dan diracik agar kenyamanan lebih baik. Namun dibalik itu semua, Alpina mendesain sebuah Gran Coupe monster.

BMW Alpina B8 Gran Coupe resmi jadi monster terbaru BMW yang diciptakan oleh Alpina. Berbasis BMW 850i Gran Coupe, mobil ini sanggup melesat hingga kecepatan 324 km/jam tetapi di satu sisi juga tampil sangat anggun..

Alpina memang terkenal sebagai tuner khusus BMW yang mampu menciptakan beberapa model BMW yang jauh lebih agresif. Selain dari sisi penampilannya, racikan Alpina juga menuju ke sektor ruang bakar. Tujuannya hanya satu, memecut tenaga dari mobil basic BMW tersebut untuk mengeluarkan kemampuan maksimalnya.

>>> BMW Seri 8 Coupe Meluncur Akhir Pekan, Indonesia Makin Banyak Mobil Mewah

Dari Luar Jauh Dari Kesan Agresif

Alpina B8 Gran Coupe interior

Kemewahan dan kenyamanannya ditingkatkan

Karya terbaru dari Alpina kini menyentuh BMW Seri 8 terbaru, yaitu 850i Gran Coupe. Penampilannya secara kasat mata memang tidak terlalu jauh berubah dari aslinya. Tapi Alpina sudah banyak melakukan sentuhan yang membuat kinerja mesin mobil ini jauh lebih baik.

Jangan terkecoh dengan paras Alpina B8 Gran Coupe berkelir hijau ini. Sebab Alpina sudah banyak melakukan personalisasi desain dengan selera tinggi, kenyamanan yang ditingkatkan, serta respon mesin yang lebih progresif dan akurat.

>>> AC Schnitzer Sediakan Paket Modifikasi BMW Seri 5 Terbaru

Alpina Lakukan Penelitian Khusus untuk Mobil Ini

Alpina B8 Gran Coupe Engine

Mesinnya alami sentuhan di sistem turbo

Supaya peningkatan yang dihasilkan cukup signifikan namun dengan perubahan fisik yang tidak terlalu ekstrim, Alpina menggandeng beberapa pihak untuk menggarap B8 Gran Coupe ini. Misalnya saja demi mengejar tingkat aerodinamika yang lebih baik, Alpina menguji Seri 8 ini di terowongan angin BMW untuk dapat  menentukan dimana posisi part tambahan yang harus dipasang agar kinerjanya bisa makin optimal.

Kemudian Alpina juga menghubungi pihak ZF untuk menyediakan gearbox otomatis 8 percepatan khusus untuk B8. Selain itu, gearbox ini juga diminta kinerjanya sedikit ditingkatkan untuk mengejar fungsionalitas yang sudah diterapkan lebih tinggi dari gearbox standar BMW.

Alpina B8 Gran Coupe 2022

Mampu melesat 324 km/jam

>>> Review BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020: Coupe Empat-Pintu Termewah BMW

Kemudian untuk mesinnya, Alpina B8 Gran Coupe ini mampu meletupkan tenaga 612 hp dengan torsi 800 Nm. Tenaga tersebut digapai dari mesin 4.400 cc V8. Sementara catatan akselerasinya 0-100 km/jam hanya dalam 3,4 detik, sementara kecepatan maksimumnya 324 km/jam. Hasil ini berkat peningkatan sistem pendinginan mesin hingga 50 persen lebih baik dan mengubah ukuran sistem bi-turbocharging.

Terakhir, velg khas Alpina berukuran 21 inci juga sudah dilesakkan pada ruang fender B8 Gran Coupe. Velg ini kemudian dikombinasikan dengan satu set rem yang dipesan khusus dari Brembo.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top