Bikin Penasaran, BMW Kembali Bocorkan Fitur Terbaru BMW M8

10/05/2019
Sejak pertama kali dikenalkan dua tahun lalu sebagai mobil konsep, BMW M8 tak kunjung resmi diluncurkan, dan membuat pecinta otomotif penasaran. Kali ini BMW memamerkan fitur terbaru M8 dengan melibatkan juara DTM 2011, Martin Tomczyk.

Semuanya dimulai saat BMW memamerkan konsep BMW M8 untuk pertama kalinya pada 27 Mei 2017, yang mengawali serangkaian teaser tanpa akhir. Hampir dua tahun setelah kemunculan perdananya, M8 kembali menjadi sorotan. Kali ini, giliran juara DTM 2011, Martin Tomczyk, yang merupakan pembalap pabrikan BMW, dan berlaga di kejuaraan International GT Challenge, mencoba fitur terbaru yang nantinya akan ada di BMW M8.

Martin Tomczyk mengetes BMW M8

Juara DTM 2011, Martin Tomczyk berkesempatan menjajal fitur kunci BMW M8

>>> Nah lo, kabin BMW 1 Series terbaru tertangkap kamera sebelum debut di Frankfurt

Fitur tersebut adalah tombol M Mode, yang akan memulai debutnya di konsol tengah BMW M8 Coupe dan versi Convertible. Dengan tombol tersebut, pengemudi dapat memilih antara mode Road dan Sport untuk M8 normal, dan opsi Track Mode khusus untuk versi lebih agresif M8 Competition.

Tampilan sistem pengemudi BMW M8

Tiap mode mengemudi memiliki set-up yang terpampang di layar

Tiap mode memiliki set-up masing-masing yang terpampang di layar, dan juga mengubah set-up driver assistance system. Saat mengaktifkan Track Mode, semua fitur kenyamanan dan keamanan dimatikan, bahkan Radio juga tak dapat dinyalakan untuk mengurangi distraksi pengemudi saat memacu M8 Competition di trek.

>>> Temukan mobil BMW idaman dengan kondisi dan harga terbaik di sini

Bukan hanya itu, M8 juga menyisipkan system pengereman baru yang meliputi aktivasi rem, brake booster, dan braking control functions yang disebut BMW sebagai compact module, yang memangkas sekitar 2 kilogram dari system konvensional. Sistem tersebut mengatur jumlah tekanan rem yang diperlukan untuk memperlambat mobil, dan menyesuaikan dengan mode yang diaktifkan pengemudi, apakah itu Comfort atau Sport. Selain itu, piringan rem standar juga dapat diganti dengan carbon-ceramic, meski sifatnya opsional.

Tampilan Speedometer BMW M8 2020

Parameter yang dapat disetting sendiri dengan mode set-up

Tak berhenti di situ, BMW juga menyisipkan tombol Setup di konsol tengah, di mana pengemudi dapat mengakses lima parameter mobil yang muncul di layar, yakni mesin, steering, suspensi, pengereman, dan M xDrive.

>>> Selalu update berita mobil baru di Cintamobil.com

Sama seperti versi M5, pengemudi juga dapat memilih mode penggerak roda belakang dengan dynamic stability control yang dimatikan sepenuhnya. Selain set-up yang disediakan BMW, pengemudi juga dapat menaruh hingga dua set-up pribadi.

BMW memang belum memberi detail lebih lanjut perihal mesin, namun tampaknya mesin V8 4,4 liter twin turbo dengan tenaga 600 dk akan menjadi dapur pacu BMW M8 biasa, dengan 617 hp untuk M8 Competition.

Setelah dua tahun menggoda khalayak umum dengan serangkaian teaser, kapan BMW menyudahi rasa penasaran pecinta otomotif dengan meluncurkan varian terbaru line-up M Series itu? Menarik untuk ditunggu.

>>> Berita otomotif terlengkap di Cintamobil.com

Derry Munikartono

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain