Bersama JAXA, ‘SUV Toyota’ Baru Siap Menjelajah Bulan

15/03/2019

Mobil baru
Share this post:
Bersama JAXA, ‘SUV Toyota’ Baru Siap Menjelajah Bulan
Bersama dengan badan antariksa Jepang, JAXA (Japan Aerospace Exploration Agency), Toyota akan mengembangkan kendaraan luar angkasa yang akan menjelajahi bulan bahkan mungkin Mars.

Toyota sedang mempersiapkan perjalanan ke Bulan untuk pertama kalinya. Bekerja sama dengan JAXA, mereka akan mengembangkan kendaraan seperti SUV yang akan mendarat di permukaan bulan pada 2029. Kendaraan ini akan mendarat ke bulan sebelum ekspedisi manusia dilaksanakan serta melakukan perjalanan tanpa awak terlebih dahulu.

>>> Toyota Corolla Terbaru Disulap Jadi Mobil Balap

Toyota Lunar berwarna putih di bulan

Kendaraan bulan baru milik Toyota

Kendaraan tanpa awak tersebut memakai badan dari Toyota FJ Cruiser dengan konsep baru. Dan jika melihat gambar yang dikeluarkan oleh Toyota dan JAXA, kendaraan ini tampak seperti ilustrasi yang bisa Anda temukan dalam sampul novel fiksi ilmiah. Kali ini, Toyota bersiap membuat konsep mereka menjadi kenyataan.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar terlengkap hanya di sini

Transporter beroda enam tersebut bisa membawa dua manusia dan menempuh jarak 10.000 kilometer menggunakan tenaga surya dan teknologi sel bahan bakar Toyota. Cukup untuk mengelilingi lingkar diameter bulan yang berukuran 10.916 kilometer.

Ilustrasi kendaraan bulan baru dari Toyota

Dengan panjang hampir 6 meter, lebar 5.2 meter, serta tinggi 3.8 meter, kendaraan ini akan berukuran sekitar 2 minibus, dengan 13 meter persegi ruang layak huni. Dalam keterangan resminya, Toyota mengungkapkan bahwa kendaraan ini bisa menampung 2 orang dengan nyaman, tetapi muatan bisa ditingkatkan menjadi 4 orang dalam keadaan darurat.

>>> Dapatkan berita mobil baru terlengkap hanya di Cintamobil.com

Presiden JAXA, Hiroshi Yamakawa, menyatakan bahwa, "Penumpang berawak dengan kabin bertekanan adalah elemen yang akan memainkan peran penting dalam eksplorasi penuh menggunakan permukaan bulan. Untuk ini, kami ingin memusatkan kemampuan teknologi negara kami dan melakukan studi teknologi.”

Lunar Roving Vehicle berwarna cokelat di bulan

Lunar Roving Vehicle yang dibawa oleh Apollo

Kendaraan baru ini akan menjadi lompatan besar dalam teknologi penggerak di Bulan. Sebelumnya, kendaraan berawak terakhir di bulan adalah Lunar Roving Vehicle (LRV) milik NASA yang diangkut oleh Apollo 15, 16, dan 17. Sebagai perbandingan, LRV memiliki panjang 3.1 meter dan tinggi 1.14 meter, serta didukung oleh dua baterai 3.6 volt perak-kalium hidroksida yang tidak bisa diisi ulang.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top