Berdesain ala Film Sci-Fi, Ini Mobil Futuristik Toyota Yang Menunggu Diluncurkan

03/11/2018

Mobil baru
Share this post:
Berdesain ala Film Sci-Fi, Ini Mobil Futuristik Toyota Yang Menunggu Diluncurkan
Sederet mobil konsep jadi penghuni markas Mega Web Toyota City Showcase di Odaiba, Tokyo. Punya desain futuristik dengan bekal berbagai teknologi canggih, mobil-mobil Toyota ala film Sci-Fi itu menunggu waktu untuk diluncurkan dan diproduksi secara massal.

Bagi yang pernah nonton film Sci-Fi (Science Fiction) Blade Runner 2049 pasti tahu kalau di film ini ada sesuatu menarik dari tokoh utamanya K (Ryan Gosling) yang berperan sebagai polisi khusus LAPD, yaitu mobil dengan teknologi super canggih, bisa terbang bahkan dilengkapi dengan sebuah drone.

Gambar salah satu adegan film Blade Runner 4049

Sfi-Fi movie Blade Runner 4049 penuh dengan adegan mobil terbang canggih

Ternyata, mobil semacam itu tak hanya ada dalam film fiksi buatan Alcon Entertainment dan Columbia Pictures di atas. Perusahaan otomotif asal Jepang, Toyota saat ini tengah mengembangkan mobil serupa bernama Toyota FV2 dan FCV Plus untuk direalisasikan menjadi mobil masa depan yang bisa diproduksi massal. Wujud kedua mobil ini sudah ada dalam bentuk prototype yang didisplay di Mega Web Toyota City Showcase, Odaiba, Tokyo.

Dijelaskan oleh salah satu guide Mega Web, Toyota FV2 dan FCV Plus diciptakan dengan teknologi hybrid yang memungkinkan dipakai untuk berbagai kebutuhan rumah tangga disamping sebagai alat transportasi. "Kendaraan ini masih dalam pengembangan sejak 2014. Cara mengemudikannya cukup menggerakkan badan ke kanan dan ke kiri tanpa harus berpegangan pada setir. Selain itu teknologi hybridnya bisa digunakan kembali untuk kebutuhan rumah tangga," tutur guide bernama Nakagawa kepada salah satu media nasional, Rabu (31/10/2018).

Toyota FV2 mampu mengerti kondisi dan mood pengemudi lalu memberikan reaksi yang dibutuhkan. Seperti saat mood pengemudi sedang sedih, FV2 menawarkan alternatif hiburan atau tempat-tempat menyenangkan. Boleh dibilang, Toyota FV2 laksana co-pilot bagi pengemudinya. Toyota FV2 yang diluncurkan di pameran otomotif Tokyo Motor Show 2013 ini memiliki dimensi 3 m x x1,6 m x 0,99 m (sleep mode) dan 1,78 m (drive mode).

Belum ada kepastian kapan mobil masa depan ini bakal diluncurkan. Yang jelas, mobil ini sudah bikin penasaran para pecinta otomotif. Selain punya desain keren futuristik, Toyota FV2 juga sangat ramah lingkungan dan sarat teknologi.

>>> EZ-Ultimo, Mobil Konsep Pelengkap Entitas Trilogi Masa Depan Renault

Foto Toyota FV2 tampak dari depan sleep mode

Foto Toyota FV2 tampak dari samping sleep mode

Foto Toyota FV2 tampak dari samping depan drive mode

Toyota FV2, mengerti kondisi dan perasaan pengemudi

Mobil masa depan lain di Mega Web Toyota City Showcase ada yang lebih mirip dengan mobil terbang K di Blade Runner 4049, yaitu Toyota FCV Plus yang pernah diperkenalkan kepada publik di pameran Tokyo Motor Show 2015. Mobil ini benar-benar ramah lingkungan karena menggunakan tenaga listrik yang dihasilkan dari hydrogen. Saat tidak digunakan, listrik hidrogen-nya bisa dilepas dan bisa dijadikan sebagai sumber listrik untuk kebutuhan rumah tangga seperti menyalakan banyak lampu, menghidupkan perangkat elektronik dan berbagai keperluan lain yang membutuhkan tenaga listrik. Atau bila dibutuhkan, listrik pada Toyota FCV Plus bisa digunakan sebagai tenaga untuk kendaraan listrik yang lain.

Masuk ke bagian dalam, interior Toyota FCV Plus sungguh sangat simpel dan sederhana, tidak ada dashboard dengan banyak pernak-pernik. Hanya ada dua tempat duduk di depan dan di belakang, setir dengan dua tombol, satu tombol on-off (kontak) dan satu lagi tombol lampu bahaya (hazard). Kecanggihan interior terlihat dari display digital yang ditampilkan langsung di kaca depan.

>>> Baca Review Test Drive Toyota Prius PHV 2018 eksklusif oleh Tim Cintamobil!

Foto Toyota FCV Plus tampak dari samping depan

Foto interior Toyota FCV Plus

Toyota FCV Plus bisa jadi generator listrik rumah tangga

Sama dengan Toyota FV2, Toyota FCV Plus juga belum ada kepastian kapan bakal diluncurkan secara resmi. Yang jelas mobil futuristik berdimensi panjang 3.800 mm lebar 1.750 mm dan tinggi 1.540 mm bakal jadi solusi kebutuhan listrik dalam rumah tangga.

Masih banyak kendaraan masa depan lain yang menghuni Mega Web Toyota City Showcase seperti Toyota Concept-i RIDE, Toyota Concept-i WALK, Toyota i-TRIL Concept Car, Toyota Concept-i, Toyota i-ROAD. Semuanya menunggu diluncurkan dengan waktu yang belum pernah diungkap.

>>> Toyota Tampilkan Kendaraan Elektrikfikasi Di Ajang GIIAS 2018

>>> Informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top