Berbasis Yaris, Crossover Kompak Toyota Siap Diproduksi di Prancis

16/01/2020

Mobil baru

2 menit

Berbasis Yaris, Crossover Kompak Toyota Siap Diproduksi di Prancis
Menanggapi pemberitaan yang beredar, pernyataan resmi Toyota Eropa mengumumkan produksi crossover kompak Toyota yang baru akan dibuat berdasarkan Toyota Yaris.

Awal bulan ini, crossover kompak Toyota Yaris dilaporkan akan masuk pasar Eropa. Dan melalui sebuah event di Amsterdam, Belanda, pihak Toyota baru saja mengkonfirmasi informasi kehadiran model baru dengan meluncurkan siluet model yang belum disebutkan namanya.

Sesuai dengan pemberitaan yang beredar, Toyota mengungkapkan kendaraan baru ini akan dibuat berdasarkan platform TNGA-B yang menpang Yaris baru. Tapi crossover baru ini tak hanya mengampil desain kasar dari hatchback Yaris. Lini produk yang diposisikan berada di bawah Toyota C-HR ini akan mendapatkan tampilan dan konstruksi desain yang baru.

siluet crossover kompak Toyota berwarna hitam 
Siluet crossover kompak yang dibuat berdasarkan Toyota Yaris

>>> Crossover Kompak Toyota Berbasis Yaris Akan Hadir di Eropa Akhir 2020

Dalam pernyataan resminya, Matt Harrison selaku Wakil Presiden Eksekutif bisnis Toyota Eropa mengatakan, “Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk melihat desain akhir, dan Anda akan melihat bahwa ini bukan hanya Yaris dengan desain bodi dan suspensi yang dinaikkan, tetapi model B-SUV yang sama sekali baru dan khas dengan desain yang kompak dan dinamis serta kepribadiannya sendiri.”

Pengumuman ini disertai sketsa teaser pertama dari crossover, menunjukkan penampilan yang lebih berotot dan terlihat lebih besar dari Yaris. Berbagai pemberitaan menyebutkan bahwa model ini tidak akan lebih besar dari C-HR dalam hal dimensi dan harga.

>>> Ingin membeli Toyota terbaru? Dapatkan daftarnya di sini

Toyota menjelaskan akan meluncurkan crossover baru pada akhir tahun ini dengan produksi dilakukan di Toyota Motor Manufacturing France (TMMF) di Onnaing, Prancis, bersamaan dengan Yaris baru. Nama, volume produksi, harga, dan waktu peluncuran SUV kompak ini akan diumumkan mendekati tanggal penjualan.

interior Toyota Yaris di Eropa berwarna hitam 
Bagian dalam diprediksi memiliki kesamaan dengan Yaris yang dijual di Eropa

"Model ini akan menambah kesuksesan Yaris di Eropa dan bersama-sama, kami berharap kendaraan ini akan mencapai sekitar 30 persen dari volume penjualan Toyota di Eropa pada tahun 2025," tambah Harrison.

Penggunaan platform TNGA terbilang sukses menghemat biaya produksi dan RnD Toyota. Platform TNGA sendiri diperuntukan bagi model Toyota berukuran kecil. Platform ini menggunakan MacPherson strut untuk suspensi depan serta pilihan torsion beam atau multi-link untuk suspensi belakang.

>>> Berita otomotif lainnya dapat Anda lihat di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top