Beralih ke Mercedes, McLaren F1 Sebut MCL35M Sebagai Mobil Baru

04/02/2021

Mobil baru

5 menit

Berbeda dari mayoritas tim yang mempertahankan desain tahun lalu, McLaren membangun mobil baru untuk F1 musim 2021 untuk menyesuaikan powertrain baru Mercedes.

Maret 2020, Formula 1 mengumumkan penundaan implementasi regulasi baru yang sedianya debut tahun 2021. Untuk memangkas biaya R&D tim, F1 juga memberlakukan Development Freeze untuk musim 2021.

Memang, tim masih diberikan dua token development untuk upgrade mobil besar. Hal ini dimanfaatkan McLaren, yang memakai token untuk merancang ulang mobil baru McLaren F1 yang sesuai dengan Power Unit (PU) Mercedes, yang dipakai mulai F1 musim 2021.

>>> Mercedes-AMG Umumkan Tanggal Peluncuran Mobil F1 W12

Perombakan setara mobil baru

Berbeda dari kebanyakan tim yang mempertahankan 60% desain mobil tahun lalu, mobil baru McLaren F1 yang diberi nama MCL35M itu mendapatkan perombakan selayaknya mobil baru, khususnya di sasis belakang tempat PU Mercedes-AMG F11 EQ Performance bersemayam.

Power unit V6 1.6L turbo-hybrid Mercedes-AMG yang akan dipakai McLaren mulai 2021

Kira-kira seperti ini tampilan mesin V6 turbo-hybrid yang akan dipakai McLaren musim 2021

“Berbeda dari tim lain yang mempertahankan sebagain besar mobil tahun lalu, peralihan ke PU Mercedes membuat kami tak bisa melakukan hal serupa,” ujar Direktur Produksi McLaren, Piers Thynne seperti dikuti F1i.com.

“Hal ini mendorong banyak perubahan, dan pada dasarnya kami membangun mobil baru. Jumlah komponen baru McLaren MCL35M sama seperti saat membangun MCL35 tahun lalu. Bagian belakang sasis dan rumah girboks di sekitar mesin harus diubah secara signifikan untuk menyesuaikan power unit baru.

“Mengganti power unit secara signifikan mengubah arsitektur mobil, dan keseluruhan paketnya. Jadi, tata letak sistem pendingin dan perpipaan, baik untuk jalur cairan atau udara sudah diubah, begitu juga kabel listrik dan boks pengendali.”

>>> Songsong Era Baru, Alpine F1 Pamer Livery Sementara

Homologasi telah selesai, beralih ke mobil 2022

Meski harus merombak total untuk keperluan PU baru, mobil baru McLaren F1 sudah selesai dihomologasi pada Desember 2020. Adapun mobil baru McLaren F1 MCL35M akan diluncurkan pada 15 Febrari. Setelah itu, Lando Norris dan Daniel Ricciardo akan tes pra-musim di Sirkuit Sakhir, Qatar pada 12-14 Maret mendatang.

Dan setelah pekerjaan McLaren MCL35M selesai, skuat yang berbasis di Woking itu langsung tancap gas menggarap prototype mobil F1 musim 2022, yang hadir dengan layout sasis serba baru.

Prototype mobil F1 musim 2022

Tim sudah diberi lampu hijau untuk mulai mendesain komponen aero mobil F1 2022

Setelah jendela untuk development aerodinamika sudah dibuka oleh F1 mulai 1 Januari 2022, McLaren mengatakan progress development mobil F1 musim 2022 sedang fokus di wind tunnel.

“Dalam hal produksi mobil musim 2022, ini masih sangat dini dan fokus tertuju ke testing komponen di terowongan udara. Seiring dengan matangnya desain aero, kami akan membuat lebih banyak komponen untuk diuji di wind tunnel,” lanjut Thynne.

“Tes ini sangat penting, ini soal memastikan mana komponen yang berfungsi, dan mana yang tidak. Karena saat kami mulai mendesain mobil tahun 2022, kami ingin mobil tersebut sudah bagus sejak kali pertama.”

Jika Anda sudah mengikuti F1 sejak tahun 90-an akhir atau 2000-an awal, tentu kolaborasi McLaren dan Mercedes sudah tidak asing lagi. Apalagi jika melihat mobil berkelir Silver-Hitam dengan livery West yang ikonik.

Dalam kurun waktu 1995 sampai 2014 dengan menorehkan satu kali gelar konstruktor (1998), dan tiga gelar pembalap, dua dari Mika Hakkinen (1998-1999) dan satu dari Lewis Hamilton (2008).

Mika Hakkinen memacu McLaren MP4/15 di GP Amerika Serikat 2000

Kolaborasi McLaren dan Mercedes termasuk salah satu yang paling ikonik di Formula 1

Apakah bab kedua kolaborasi McLaren dan Mercedes kembali menghasilkan prestasi setara, atau setidaknya muncul sebagai lawan sepadan untuk tim pabrikan Mercedes-AMG dan Red Bull Honda yang dominan sepanjang musim 2020?

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

 
back to top