Beralih ke Hybrid, Mercedes-AMG C63 Campakan Mesin V8?

21/10/2019

Mobil baru

5 menit

Beralih ke Hybrid, Mercedes-AMG C63 Campakan Mesin V8?
Jelang perubahan generasi, Mercedes akan menghadirkan varian hybrid pada line-up AMG C-Class dan S-Class, salah satunya C63 yang terkenal dengan mesin V8 yang ikonik itu.

Hal ini diungkapkan bos Mercedes-AMG, Tobias Moers bulan lalu dalam sebuah wawancara, yang juga mengungkapkan rencana mereka untuk menyiapkan sebuah hybrid GT untuk melawan Porsche Panamera Turbo S E-Hybrid.

>>> Bagaimana caranya Mercedes mengembangkan mesin 4-silinder bertenaga 416 HP?

Pada kesempatan berbeda, Tobias juga mengungkapkan bahwa mesin empat silinder turbo 2 liter yang digunakan A45 dan CLA45 dapat dipasangkan pada model yang lebih besar. Mengacu pada dua rumor ini, maka tidak mengherankan jika Mercedes-AMG C63 generasi terbaru dapat beralih menjadi mobil hybrid dengan mesin empat silinder.

Mesin V8 Mercedes AMG C63

Mesin hybrid baru akan menggantikan dapur pacu V8 yang sudah dipakai sejak generasi W202

Ini berarti C63 akan mencampakkan mesin V8 4.0 liter yang sudah identik dengan versi performa Mercedes C-Class sejak generasi pertama (W202), digantikan oleh mesin M139 yang hadir di mobil-mobil kompak AMG, dan mampu menghasilkan tenaga 419 HP dan torsi 500 Nm.

>>> Pilihan mobil terbaik bisa Anda lihat di sini

Mesin ini akan digabungkan dengan motor 48V seperti yang digunakan CLS53, yang menghasilkan tenaga tambahan 22 HP dan torsi  250 Nm. Meski memiliki empat silinder lebih lebih sedikit, Mercedes-AMG C63 generasi terbaru diklaim akan menyamai tenaga pendahulunya, 503 HP, dan dengan torsi naik 50 menjadi 750 Nm. Bukan hanya itu, kombinasi mesin dan motor elektriknya pun akan lebih ringan dari mesin V8 M177 yang digunakan saat ini.

Peralihan dari V8 menuju hybrid bukanlah satu-satunya perubahan signifikan dari Mercedes-AMG C63 generasi terbaru, model yang akan hadir dalam bentuk sedan, coupe, dan convertible itu juga akan menggunakan sistem penggerak semua roda 4Matic. Setidaknya, ini menjadi kabar baik bagi pecinta varian kencang Mercedes karena teknologi ini akan memiliki mode Drift seperti E63, dengan semua tenaga dari mesin dialihkan menuju roda belakang dengan melepaskan driveshaft depan.

Mercedes C-Class W206 spyshot

Mercedes C-Class terbaru masih dalam pengembangan, dan akan meluncur tahun depan

Generasi ke-4 Mercedes C-Class (W206) dirumorkan akan debut pada Paris Motor Show 2020 tahun depan, jadi kemungkinan besar C63 baru akan hadir paling cepat pada paruh kedua 2021 mendatang. Seperti saat ini, C63 akan memiliki adik dengan performa dan harga lebih murah. Namun bukan C43 yang hadir saat ini, karena Mercedes sudah menyiapkan C53 yang menggunakan platform dapur pacu serupa yang telah diturunkan tenaganya.

>>> Dapatkan berita mobil terbaru dan terlengkap hanya di Cintamobil.com

>>> Berita otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top