Bentley Bentayga Mansory, Bagi yang Tidak Puas Dengan Menu Standar

19/05/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Bentley Bentayga Mansory menjadi pilihan bagi konsumen kelas premium jika Bentley Bentayga standar dianggap kurang layak untuk tampil ke hadapan publik

Baru-baru ini Bentley merilis Bentayga model tahun  2021 versi mid-cycle facelift dengan sejumlah penyegaran penampilan yang terinspirasi oleh Continental GT. Walau sudah tampil lebih memikat melalui lampu belakang elips 3D dengan animasi  LED (serupa Continental GT), lalu dudukan plat nomer polisi dipindah ke bemper agar tulisan Bentley bisa dipajang di  tailgate.

gambar bentley bentayga

Bentley Bentayga 2021 versi mid-cycle facelift, mengadaptasi tampilan Bentley Continental GT

Berikutya spoiler belakang diperbesar, kisi ventilasi samping diperbaharui, tambahan  lainnya adalah velg 22 inci model baru, dan dua warna baru untuk bodi. Bentley Bentayga juga mendapatkan pipa knalpot baru model  oval, wiper dengan pemanas plus  22 washer jet untuk setiap wiper dan varian opsional  Blackline beserta  paket eksterior blacked-out chrome.

>>> Ragam Aksesoris Bentley Bentayga 2021, dari Knalpot Sampai Rak Sepeda

Modifikasi Total

Untuk seorang pakar modifikasi Kourosh Mansory yang juga pemilik rumah modifikasi Mansory yang bermarkas di Brand, Jerman, semua hal yang dilakukan oleh Bentley untuk Bentayga model tahun 2021 dianggap kurang dramatis. Maklum saja, selama ini Mansory dikenal sebagai rumah modifikasi spesialis SUV kelas premium. Menurut Mansory, beginilah seharusnya sosok Bentley Bentayga Mansory terbaru jika ingin memuaskan hasrat  khalayak.  

gambar mansory

Performa dan tampilan semakin garang berkat modifikasi total luar dalam 

Langkah awal program modifikasi untuk Bentley Bentayga Mansory dibuka dengan instalasi wide body kit lengkap berikut fender lebar, spoiler belakang di bagian atap dan  side skirt yang semuanya berkelir hitam. Para awak Mansory lalu memasang velg alloy custom 23 inci yang tampil kontras dengan aksen warna merah dan kap mesin serat karbon plus tambahan kisi ventilasi. Utak-atik itu saja sudah membuat  Bentley Bentayga model tahun 2021 ini tampil semakin “extravagant”, garang namun masih menjaga kesopanan dalam hal penampilan.

gambar mansory

Body kit serat karbon menjadi salah satu keahlian rumah modifikasi Mansory 

Untuk kabin, rumah modifikasi Mansory memberikan sentuhan  serba kulit, mencakup bagian upholstery berlapis kulit berwarna hitam merah yang tampil serasi  dengan karpet lantai yang berkelir  sama. Sebagai penutup rangkaian modifikasi interior untuk Bentley Bentayga Mansory, panel karbon berwarna hitam ditempatkan pada dashboard dan pintu.

gambar mansory

Warna hitam merah dipilih untuk kulit pelapis kursi dan karpet lantai  

Kurang puas dengan performa mesin standar Bentley Bentayga, Kourosh Mansory lalu memodifikasi habis-habisan mesin V8 4,0 liter twin turbo bawaan Bentley. Dalam kondisi standar, mesin tersebut menghasilkan tenaga 542 hp dan torsi 770 Nm, lebih dari cukup untuk kebutuhan pemakaian normal harian. Jika diterjemahkan menjadi bahasa performa, paduan tenaga 542 hp dan torsi 770 Nm berarti  akselerasi 0-100 km/jam dalam 4,4 detik dan top speed 290 km/jam.

gambar mansory

Kenaikan performa mesin V8 4,0 liter twin turbo tergolong ekstrem 

Utak-atik yang mencakup  turbocharger baru, airbox baru, knalpot sport baru dan catalytic converter performa tinggi menghasilkan tenaga 750 hp dan torsi 1.020Nm (wow!). Alhasil, akselerasi 0-100 km/jam bisa ditempuh dalam waktu 3,7 detik dan mencapai top speed  315 km/jam. Sejauh ini Mansory belum mengumumkan detail harga. Namun mengingat harga dasar Bentley Bentayga dimulai dari US$ 177.000, sangat boleh jadi kreasi Bentley Bentayga Mansory akan mencapai harga lebih dari US$ 200.000.  

Mansory

Seperti sudah disinggung di atas, Mansory adalah rumah modifikasi mobil-mobil premium yang bermarkas di  Brand, Jerman dan berdiri pada tahun 1989. Selain mobil mewah, Mansory  juga menerima pesanan modifikasi untuk  supercar, SUV mewah dan sepeda motor custom. Nama Mansory berasal dari nama sang pendiri, Kourosh Mansory.

Sejumlah nama pabrikan mobil yang sudah pernah dimodifikasi oleh Mansory antara lain Aston Martin, Audi, BMW, Bentley, Bugatti, Ferrari, Maserati, Lamborghini, Lotus, Rolls-Royce hingga Tesla. Pada  Nopember 2007, Mansory mengakuisisi rumah modifikasi  Porsche, Rinspeed AG. Salah satu ciri khas modifikasi Mansory adalah desain dan pembuatan body kit dari bahan  serat karbon, selain itu juga terkenal dengan modifikasi bodi, velg alloy ringan dan kreasi interior full custom. Dan Bentley Bentayga Mansory menjadi kreasi terbaru mereka.

>>> Bentley Bentayga Hybrid 2021 Meluncur Dibekali Tenaga 443 Daya Kuda

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top