Belum Rilis, Audi RS Q8 Sudah Jadi Raja Nurburgring

07/11/2019
Jelang peluncurannya bulan ini, Audi RS Q8 sudah berulah dengan mematahkan rekor SUV tercepat di Nurburgring. SUV kencang itu mengalahkan rekor milik GLC 63 S yang sudah bertahan sejak setahun lalu.

Sejak Agustus Audi membeberkan bocoran enam model RS yang akan hadir sepanjang paruh kedua 2019. Kita sudah melihat RS Q3, RS Q3 Sportback, RS4 Avant Facelift, RS6 Avant, dan RS7 Sportback, adapun Audi RS Q8 akan jadi model terakhir yang akan diluncurkan bulan Ini.

>>> Dipoles ABT, SUV Audi ini punya torsi 1000 Nm!

Line-up mobil Audi RS 2019

Audi masih menyimpan satu model RS yang akan diperkenalkan sebelum akhir 2019 (foto: Audi)

Belum sempat diluncurkan, Audi RS Q8 sudah menunjukkan kapabilitasnya sebagai SUV kencang. Dengan catatan waktu 7 menit 42,2 detik, RS Q8 memastikan statusnya sebagai SUV produksi tercepat di Nurburgring, mengalahkan rekor sebelumnya, 7 menit 49,3 detik yang ditorehkan Mercedes-AMG GLC 63 S dan bertahan hampir satu tahun lamanya.

>>> Temukan mobil pilihan dengan harga terbaik di sini

Aksi Audi RS Q8 saat mematahkan rekor SUV produksi tercepat di Nurburgring

Audi RS Q8 mematahkan rekor GLC 63 S dengan selisih 7,1 detik (foto: Autosport)

Audi RS Q8 menggunakan mesin V8 4.0 liter twin-turbo milik Audi RS6 Avant yang menghasilkan tenaga 592 HP dan torsi 800 Nm, angka yang cukup untuk melesatkan mobil dari 0-100 km/jam dalam waktu 3,9 detik saja dengan kecepatan puncak 306 km/jam. Angka yang sangat impresif tentunya, mengingat bobot mobil yang berkisar di 2300 kg-an.

Pelek yang digunakan Audi RS Q8 cukup besar, yakni 23 inci dengan ban Pirelli P Zero 295/35 ZR23, dan juga akan memiliki sistem torque-vectoring real differntial dan all-steering wheel, serta anti-roll bar yang juga digunakan SQ8, varian diesel yang sudah lebih dulu diluncurkan awal tahun ini di Eropa.

>>> Berita mobil baru lainnya bisa Anda lihat di sini

Namun, teknisi Audi Sport telah melakukan setting ulang pada suspensi untuk membuat Audi RS Q8 lebih lincah dibandingkan SQ8, khususnya saat meliuk-liuk melewati tikungan. Dari spy shot saat melakukan pemecahan rekor di Nurburgring, ubahan body RS Q8 tidak akan terlalu signifikan dibandikan varian standar, di mana hanya bodykit kecil dan knalpot oval yang membedakan varian RS dan standarnya.

SUV produksi tercepat di Nurburgring, Audi RS Q8

Setelah diluncurkan, Audi RS Q8 akan mejeng di Los Angeles Auto Show 2019 (foto: Autosport)

Sentuhan karbon fiber juga akan hadir di bagian atas grill yang mendapat sedikit penyegaran, sementara di bagian belakang Audi RS Q8 akan mendapatkan diffuser. Masuk ke dalam, ubahan hanya terdapat pada detail-detail khas mobil RS.

>>> Berita otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

Derry Munikartono

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain