Belum Dapat Update iDrive, Toyota Supra 2021 Tak Support Android Auto

06/05/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
BMW baru saja menghadirkan dukungan fitur integrasi smartphone Android Auto untuk iDrive 7. Namun, Toyota belum ingin mengupdate sistem iDrive di Supra A90, kenapa?

Desember 2019 lalu, BMW mengumumkan rencana untuk penambahan Android Auto di iDrive 7. Sitem yang terintegrasi dengan keseluruhan kokpit BMW, mulai dari head unit, panel isntrumen, sampai head-up display.

>>> Meski arah pengembangan berbeda, BMW-Toyota masih duduk bareng untuk development Supra

Tampilan Android Auto di mobil BMW

iDrive 7 menampilkan fitur integrasi smartphone Android Auto untuk pertama kalinya

Namun, Toyota Supra 2021 tidak akan mendapatkan update iDrive dengan fitur Android Auto ke dalam sistem mobilnya. Ini dikarenakan Supra A90, yang mengambil basis BMW Z4, masih memakai sistem iDrive 6.

Android Auto tidak terlalu dibutuhkan

Keputusan Toyota untuk tidak memperbarui sistem iDrive di Supra A90 mengundang tanda tanya, namun Senior Manager Product Planning Toyota, Ben Haushalter, menjelaskan pada Roadshow Android Auto bukan prioritas para pemakai Supra, maka update iDrive 7 belum terlalu dibutuhkan.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Kabin Toyota Supra dengan sistem iDrive 6

Toyota Supra masih mempertahankan iDrive 6

“Kami telah menerima berbagai masukan dari konsumen untuk melihat apa hal yang mereka inginkan. Kami telah mengunjungi puluhan dealer, bertemu dengan para pemilik mobil. Sejauh ini, Android Auto belum jadi kekhawatiran para pemakai,” ujar Haushalter kepada Roadshow.

Head unit 8,8 inci jadi standar, support Apple CarPlay nirkabel

Namun demikian, akan ada beerapa ubahan pada sistem infotainment Toyota Supra 2021. Mulai dari head unit 8,8 inci yang kini menjadi standar, dan juga fitur Apple CarPlay nirkabel yang hadir sebagai fitur opsional.

>>> Jangan lewatkan berita seputar mobil baru di sini

Seperti kita ketahui, Supra 2021 mendapatkan ubahan signifikan. Khususnya dari segi powertrain, di mana mesin inline-6 turbo 3.000cc kini menghasilkan 382 HP dengan torsi 499 Nm, naik 47 HP dari versi 2019.

Toyota Supra 2020 warna merah

Supra 2021 mendapatkan peningkatan tenaga mesin sebanyak 47 HP

Untuk model tahun 2021, Toyota Supra juga menawarkan varian 2.000cc turbo yang menghasilkan 255 HP dan torsi 400 Nm, keduanya mendapat transmisi otomatis 8-percepatan sebagai standar.

Penjualan Toyota Supra 2021 masih tetap berjalan sesuai jadwal pada bulan Juni karena sudah 400 unit yang diproduksi sebelum pabrik Magna Steyr yang jadi basis perakitan Supra dan BMW Z4 ditutup karena pandemi. Sementara itu, untuk model 4-silinder ditunda karena pabrik belum memproduksi varian murah tersebut.

>>> Berita otomotif terbaru bisa Anda cek di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top