Beberapa Hal Ini Masih Dites Jalan Pada Hyundai Creta 2021

31/05/2021

Mobil baru

3 menit

Hingga hari ini Hyundai Creta 2021 masih saja dites jalan dan tertangkap beberapa kamera netizen Indonesia, sebenarnya bagian apa saja sih yang dites?

Hingga hari ini Hyundai Creta 2021 masih saja dites jalan dan tertangkap beberapa kamera netizen Indonesia. "Betul, saya menemukan mobil tersebut di rest area tol Jakarta-Surabaya," sebut Anton Mulyana, salah seorang netizen yang mengaku mengambil foto mobil Hyundai Creta tersebut kepada tim kami. Lantas, sebenarnya bagian apa saja sih yang dites? Kok enggak launching-launching?

Gambar Hyundai Creta 2021 foto Anton Mulyana

Foto ini diambil seorang Netizen di salah satu rest area toll Jakarta-Surabaya

Komponen yang Dites Pada Hyundai Creta 2021

Gambar Spyshoot Hyundai Creta 2021

Bukan hal mudah, melewati target jarak yang ditentukan dalam waktu singkat

Para engineer dan tester baik dari prinsipal maupun lainnya (independet professional test driver) yang melakukan road test mobil Hyundai Creta ini harus berjalan tak kenal waktu untuk mencapai target kilometer yang sudah ditentukan. "Misalnya target jarak 30.000 kilometer. (Untuk mencapai) jarak yang ditentukan dalam singkat memang tidak mudah," tukas salah seorang narasumber teknik terpercaya kami yang mewanti-wanti agar namanya jangan sampai tertulis di Cintamobil.com.

Gambar spy shoot Hyundai Creta 2021

Cukup banyak data yang diambil pada tes jalan seperti ini

Masih menurut pria yang juga ikut andil dalam berbagai project mobil baru di Indonesia ini, banyak parameter pengetesan yang diukur dalam uji coba jalan suatu mobil baru seperti Sonet ini. Misal "Noise, Vibration, and Harshness (NVH) itu pasti di ukur. Belum lagi oli mesin yang selalu di kontrol di laboratorium untuk kebutuhan pengetesan keausan parts," tambah pria ramah yang juga buka bengkel mobil ini di bilangan Jakarta Timur ini.

Mungkinkan Creta Versi Indonesia 7-Seater?

Gambar tampilan samping Hyundai Creta 2021

Bukan hal mustahil bila Hyundai Creta tersedia trim 7-seaters

Bila melihat basis mobil ini yang agak mirip dengan KIA Sonet, bukan tidak mungkin bila PT Hyundai Motors Indonesia juga menyematkan versi 7-penumpang dari Hyundai Creta. Cara yang dilakukan juga bisa meniru saudara satu negaranya tersebut, caranya dengan menurunkan lantai, membuat tipis sandaran jok di baris kedua, memindahkan ban serep ke bawah, serta memasang dudukan seatbelt untuk penumpang baris ketiga.

>>> Hyundai Akan Produksi Creta di Indonesia?

Hyundai Indonesia 'Diam Seribu Bahasa'

Gambar tampilan depan Hyundai Creta 2021

Sayang PT Hyundai Motors Indonesia enggan untuk menanggapi tentang mobil ini

Kami tak ingin bola liar terus bergulir, dan hanya bertanya ke narasumber 'rahasia' kami soal metode tes dan lainnya. Tim Cintamobil.com pun mencoba mengkonfirmasi ke Hyundai Indonesia mengenai keberadaan Hyundai Creta 2021 ini. Tapi perusahaan asal Korea Selatan ini seolah 'diam seribu bahasa'. Semua tim Hyundai yang kami hubungi enggan atau mungkin belum ingin memberikan keterangan terhadap mobil ini. Kendati demikian, menurut kami mobil ini akan menjadi salah satu calon kuda hitam di kelasnya. We'll see...

>>> Profil Hyundai Creta, Sang Kuda Hitam Di Kelas SUV Murah

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top