Baru Dirilis, Ini Alasan Lamborghini Countach Terlahir Kembali

14/08/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Model ikonik Lamborghini Countach akhirnya diperkenalkan dengan transformasi desain yang lebih futuristik sebagai perayaan 50 tahun kemunculan perdananya.

Lamborghini Countach generasi terbaru akhirnya debut perdana pada gelaran  Pebble Beach Concours d'Elegance 2021, tepat 50 tahun ketika pertama kali mobil orisinilnya diperkenalkan ke publik. Bukan hanya untuk mengulang masa lalu, ternyata tampilan anyar Countach dipersiapkan untuk menyongsong masa depan.

Perayaan 50 tahun

Kehadiran Lamborghini Countach generasi terbaru tak lepas dari campur tangan direktur desain Lamborghini, Mitja Borkert. Lahir di Jerman Barat, dia terkesima dengan mobil karya Marcello Gandini, Citroën BX. Gandini sendiri merupakan nama besar di balik terciptanya edisi pertama Countach tahun 1971 silam.

Borkert dan beberapa rekannya mulai mengerjakan proyek ini untuk memperingati perkenalan pertama Countach asli di Geneva Motor Show 1971. Terganggu oleh pandemi COVID-19, sehingga Borkert harus bekerja jarak jauh dengan pemodel di studio Lamborghini di Sant’Agata dan desainer lainnya di seluruh dunia.

Lamborghini Countach LPI 800-4 berwarna putih
Mobil ini merupakan bagian dari perayaan ulang tahun Countach edisi perdana

"Kuncinya adalah Countach untuk abad ke-21," kata Winkelmann yang baru saja diangkat menjadi CEO Lamborghini. "Apa yang mereka lakukan dengan sangat baik adalah memiliki elemen versi Countach yang berbeda di dalamnya, tetapi tanpa membebaninya atau membuatnya terlalu tua dalam hal desain. Mitja dan timnya telah melakukan pekerjaan yang sangat baik."

Winkelmann menyebutkan bahwa tampilan dari Countach yang baru saja dirilis ini tidak membawa keseluruhan nuansa nostalgia pada mobil. Meski desain mobil klasik yang mengesankan, ia tidak ingin memenuhi desain retro. Inilah sebabnya Countach mendapatkan warna futuristik untuk kemunculannya di Peeble Beach.

>>> Bocor di Medsos, Seperti Inikah Wujud Lamborghini Countach Terbaru?

Interpretasi desain baru

Nama Lamborghini Countach LPI 800-4 yang baru dirilis ini merupakan singkatan dari Longitudinale Posteriore Ibrido (longitudinal, bermesin belakang, hybrid), serta angka 800 menunjukkan tenaga yang ditawarkan serta angka 4 merujuk pada sistem penggerak empat roda yang ditawarkan untuk mobil ini.

pintu gunting Lamborghini Countach LPI 800-4 berwarna putih
Pintu gunting kembali disematkan pada mobil ini

Countach mendapatkan siluet yang mirip dengan versi 1971. Garis-garis tajam dan ventilasi besar di sisi dipadukan dengan spoiler tiga posisi yang bisa dioperasikan secara elektronik. Bagian belakang disebut sebagai interpretasi modern yang sempurna dengan empat pipa knalpot. Lengkap dengan pintu gunting yang pertama kali diperkenalkan kepada Countach sebelum menjadi ciri khas semua model V12 Lambo.

Sebagian besar panel terbuat dari serat karbon yang dicat. Termasuk splitter depan, rangka kaca depan, kaca spion, intake udara, menghasilkan bobot 1.594 kg saja. Atapnya terbuat dari kaca fotokromatik, yang bisa berubah dari transparan menjadi buram hanya dengan menekan tombol.

>>> Mengenang Sejarah 50 Tahun Supercar Ikonik V12 Lamborghini Countach

atap Lamborghini Countach LPI 800-4 berwarna hitam
Atapnya bisa berubah dari transparan menjadi buram

“LPI Countach 800-4 memberi penghormatan kepada warisan Lamborghini ini tetapi tidak retrospektif: ia membayangkan bagaimana Countach yang ikonik dari tahun 70-an dan 80-an mungkin telah berevolusi menjadi model super sport elit dekade ini,” terang Winkelmann.

>>> Punya Postur Tinggi, Wanita Ini Kesulitan Keluar dari Lamborghini

Dengan tambahan teknologi abad 21

Countach generasi terbaru mewarisi mesin V12 naturally aspirated serta girboks otomatis 7-percepatan yang diambil dari hypercar Sian FKP 37. Termasuk sistem motor listrik 48 volt dan superkapasitor untuk output torsi maksimal 755 Nm. Mengantarkan sprint 0-100 km/jam hanya dalam 2,8 detik dan kecepatan tertinggi 355 km/jam.

mesin Lamborghini Countach LPI 800-4 berwarna hitam
Masih mengandalkan mesin V12 yang sama

Suspensi aluminium double wishbone di depan dan belakang. Termasuk shock pushrod gaya F1 dengan roda klasik berukuran 20 inci di depan dan 21 inci di belakang. Ban Pirelli P Zero Corsa akan membantu mobil ini menghadapi tikungan lebih baik.

Kabin terinspirasi dari versi orisini, tapi dengan penambahan teknologi modern. Misalnya saja layar sentuh 8,4 inci dilengkapi dengan fungsi Apple CarPlay, kursi yang dirancang khusus, dan dashboard dengan jahitan kontras dalam motif persegi yang terinspirasi dari tahun 1970-an.

>>> Wuih! Lamborghini Countach 'Terlahir' Kembali Dengan Mesin Aventador

interior Lamborghini Countach LPI 800-4 dengan layar 8,4 inci
Ada kesan modern di dalam kabin mobil ini

Lamborghini hanya akan memproduksi 112 unit mobil, merujuk pada kode internal Countach asli, LP 112. Pengiriman pertama direncanakan pada kuartal pertama 2022. Belum ada informasi lengkap mengenai harga Lamborghini Countach, tapi diprediksi lebih dari $ 3 juta (sekitar Rp 43 miliar).

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top