Hyundai Staria Sudah Mulai Banyak Diburu Orang Indonesia

10/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
PT Hyundai Motors Indonesia memperkenalkan Big MPV Premium mereka, Hyundai Staria pada 20 Agustus 2021. Saat ini, pemesanan mobil itu sudah mencapai 70 unit.

Ketika pertama kali diperkenalkan ke masyarakat Indonesia, banyak yang beranggapan bahwa Hyundai Staria akan sulit diterima oleh konsumen karena desainnya yang radikal dan futuristik layaknya sebuah mobil konsep.

Kenyataannya, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) tidak kesulitan untuk memasarkan Premium MPV yang harganya mencapai lebih dari Rp 1 miliar dan menjadi pesaing berat Toyota Alphard.

"Saya yakin Indonesia adalah salah satu konsumen yang sangat terbuka dan siap menerima rancang desain dan terobosan yang penuh inovasi," ujar Astrid A. Wijana selaku Head of Marketing HMID saat peluncuran Hyundai Staria.

Gambar Hyundai Staria Media Drive

Tim Cintamobil.com sudah mencoba Staria secara langsung dan setuju bahwa mobil ini layak bersaing dengan Alphard

Pembuktian Ucapan HMID

Perkataan Astrid di atas terbukti benar, 3 minggu pasca perkenalan pertamanya, pemesanan konsumen terhadap Staria sudah mencapai 70 unit. Bukan angka yang kecil untuk sebuah mobil premium dengan banderol cukup tinggi.

>>> Meski Desainnya Radikal, Hyundai Indonesia Yakin Staria Bakal Digemari

Dari pemesanan tersebut, Astrid mengaku bahwa konsumen Indonesia lebih menyukai Hyundai Staria Signature 7 sebagai tipe termahal dengan konfigurasi 7 penumpang. Namun, belakangan ini minat masyarakat terhadap Staria Signature 9 pun mulai meningkat.

"Mengenai komposisi, pada saat awal di-launching 7 seater memang jauh sekali perbedaannya (dengan 9 seater). Karena memang di segmen Large MPV, 7 seater selalu menjadi 'idola', karena membuat mobil jadi spacious sekali. Tetapi sekarang pelan-pelan yang 9 seater juga banyak permintaan, jadi mulai berimbang," ujar Astrid.

Gambar Staria Signature 7

Staria Signature 7 dengan fitur Premium Relaxation Seat lebih diminati di Indonesia

Ia menambahkan bahwa saat ini HMID sudah mulai melakukan pengantaran unit di akhir Agustus 2021, saat ini konsumen yang sudah memiliki Staria di garasi rumahnya sudah mencapai 20 unit. Jadi jangan kaget jika Anda bertemu dengan MPV dengan tampilan bak pesawat  luar angkasa ini di jalanan.

Ada Inden Untuk Pilihan Warna Tertentu

Hyundai Staria saat ini masih didatangkan dari Korea Selatan secara CBU (Completely Bulilt-Up), sehingga ada beberapa pilihan warna dan tipe Staria yang mungkin harus mengalami inden saat dipesan oleh konsumen.

"Saat ini indennya sekitar 2 atau 3 minggu untuk warna tertentu. Kalau orang-orang Indonesia mostly warna hitam dan warna putih. Keduanya cukup imbang permintaannya,"

Gambar Staria Hitam dan Putih

Jika tertarik warna hitam atau putih, siap-siap menunggu inden Staria hingga 3 minggu

Sebagai ATPM, HMID berusaha untuk meyakinkan principal di Korea Selatan dalam hal kepastian unit. Sehingga ke depannya para pembeli Staria tak perlu menunggu lama untuk mendapatkan mobil idaman mereka.

Sejauh ini, HMID mengaku bahwa animo masyarakat yang cukup tinggi terhadap mobil ini sudah sesuai dengan ekspektasi dan mereka optimis bahwa angka tersebut akan terus naik seiring dengan minat masyarakat setelah melihat langsung Hyundai Staria.

>>> Adu Spesifikasi MPV, Hyundai Staria vs Toyota Alphard

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top