Bahas Mesin Daihatsu Rocky yang Jadi Mobil Turbo Termurah Se-Indonesia Raya

03/05/2021

Mobil baru

3 menit

Jagoan baru PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ini resmi menjadi mobil bermesin turbo termurah se-Indonesia Raya, mari intip teknologi mesin Daihatsu Rocky

Dengan harga jual termurah untuk wilayah DKI Jakarta hanya Rp 216.000.000, tak pelak jagoan baru PT ADM di kelas compact SUV dengan panjang 4 meter ini resmi menjadi mobil bermesin turbo paling terjangkau se-Indonesia Raya. Namun, tak asal memasang mesin dengan pemampat udara paksa saja, mesin Daihatsu Rocky ini juga ditunjang dengan beberapa teknologi yang membuatnya punya performa baik.

Mesin Daihatsu Rocky Adopsi Teknologi VVT-i Dan Boost Turbo 1,8 Bar

Pertama adalah mesin yang digunakan, mesin ini punya kode 1KR-VET dan mengusung sistem katup variabel single VVT-i, tak seperti nanti varian 1.200 cc yang mengadopsi Dual VVT-i. "Karena basicnya mesin 1KR-VE yang kemudian dikembangkan dan ditambahkan turbo, dan secara performa serta efisiensi, VVT-i (single) sudah bisa memenuhinya," ujar Anjar Rosjadi, selaku Product Planning And Head, Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor kepada tim Cintamobil.com.

Foto Daihatsu Rocky 1.0 R ADS CVT 2021

Daihatsu Rocky masih andalkan turbocharger jenis fixed geometry turbo

Demikian juga dengan turbocharger yang digunakan, meski bilahnya masih fixed dan belum variable geometry turbo yang lebih modern namun sudut kemiringan bilah (kipasnya) sudah diatur cukup rebah sehingga mampu memampatkan udara dengan cepat ke dalam mesin. Berdasarkan informasi, boost turbo mesin Daihatsu Rocky ini berada di 1,8 bar atau "Maksimum 180 - 195 Kpa (tekanan absolut)," sahut Anjar sapaan akrab Anjar Rosjadi.

Foto Mesin 1KR-VET Daihatsu

Mesin Daihatsu Rocky punya rasio kompresi 9,5:1

Mengingat tiupan udara yang cukup kencang ke dalam mesin, maka tak heran rasio kompresi (statis) mobil ini diset di angka 9,5:1. Eits... meskipun terlihat rendah, namun Anda haram mengisi BBM dengan RON (Research Octane Number) di bawah 92. "Idealnya sih (pakai) Pertamax," papar Andreas Benyamin Peter selaku Kepala Bengkel Astra Daihatsu Sunter kepada tim kami.

>>> Daihatsu Rocky Bermesin 3-Silinder 1.000 cc Turbo Tak Butuh Dual VVT-i

Transmisi Transmisi D-CVT

Gambar tuas transmisi Daihatsu Rocky Jepang

Tenaga mesin tersalur ke dua roda depan melalui transmisi D-CVT

Apalagi untuk menyalurkan tenaga dan torsi yang dihasilkan dari mesin 1.000 cc 3-silinder turbocharger ini menggunakan transmisi D-CVT yang mampu menyalurkan tenaga dengan baik ke dua roda depan. Akselerasi Rocky juga semakin sempurna dengan penerapan transmisi Dual-Mode CVT (D-CVT). Sistem D-CVT ini mengandalkan planetary gear set setelah CVT sebelum menuju roda. Jadi saat high speed, CVT-nya di by pass pakai planetary gear tersebut. Jadi tenaga mesin lebih besar tersalurkan ke roda. Kalo 'dipaksa' melalui CVT akan ada potensi slip, sedangkan dari roda gigi tidak alias lebih presisi.

Mesin Daihatsu Rocky Ditunjang Teknologi Ramah Lingkungan

Demi menunjang performa tanpa meninggalkan kemampuannya untuk ramah terhadap lingungan, Daihatsu Rocky juga dilengkapi dengan teknologi ini:

Super Intelligent Catalyst

Teknologi pertama yang disematkan pada jagoan geng Sunter ini adalah Super Intelligent Catalyst. Katalis atau juga akrab disebut Catalytic converter ini berfungsi untuk menyaring polutan dan emisi gas buang tersebut ke batas paling minimal. Catalytic converter dibuat dari beberapa material seperti salah satunya adalah platinum (platina) dan paladium. Nah, keunggulan katalis super ini adalah Self Regeneration yang membuatnya bebas perawatan.

Gambar Super Intelligent Catalyst

Super Intelligent Catalyst bisa tahan hingga 100.000 kilometer

Bandingkan dengan merek lain yang katalisnya disarankan untuk diganti setiap 100.000 kilometer, bahkan masuk 60.000 kilometer saja sudah harus waspada. Artinya di atas jarak tempuh itu, komponen ini mesti mendapat perhatian ekstra. Apakah masih optimal atau tidak kinerjanya? Bila masih oke, tidak menutup kemungkinan usia pakainya bisa melebihi kisaran waktu tersebut. Tapi jika tidak, tentunya butuh penggantian sebab alat ini tidak bisa diakali bahkan dibersihkan.

>>> Daihatsu Rocky Resmi Meluncur, Ini 6 Rival Kuat Sekelasnya

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top