Auto Shanghai 2021 : Melirik Wujud Mobil Listrik Mazda CX-30

22/04/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Diam-diam, tanpa rilis resmi dan seremoni besar-besaran mobil listrik Mazda CX-30 diluncurkan Mazda dan mitra lokalnya, Changan di pameran Auto Shanghai 2021.

Ajang Auto Shanghai 2021 mengungkap banyak model. Terlihat begitu jelas, tren kendaraan listrik menjadi fokus utama pabrikan otomotif lokal maupun global. Nyaris semuanya hadir dengan mobil listrik terbarunya, baik yang resmi diluncurkan maupun model konsep untuk masa depan. Mazda tak terkecuali, bersama Changan yang menjadi mitra lokalnya brand asal Jepang itu memperkenalkan mobil listrik Mazda CX-30 EV, opsi baru dari crossover Mazda CX-30.

Meluncur diam-diam

Hingga artikel ini ditulis belum ada rilis resmi dari Changan maupun Mazda. Meski mobilnya dengan jelas dipajang di stan sejak hari pertama pembukaan pameran, peluncuran mobil listrik Mazda CX-30 EV sepertinya memang dilakukan diam-diam. Apapun itu alasannya, kehadiran CX-30 EV sangat menarik. Changan Mazda sudah melakukan langkah besar di bidang elektrifikasi. Dikutip dari k.sina.com.cn, mobil listrik CX-30 EV bakal menjadi menjadi opsi lain dari CX-30 versi BBM. Mobil ini diharapkan meluncur di paruh kedua 2021 ini.

>>> Mazda CX-30 2020 Resmi Dijual di Indonesia, Ini 7 Fitur Unggulannya

Foto Mazda CX-30 EV tampak samping depan

Mazda CX-30 EV bakal melengkapi varian crossover CX-30

Dimensi lebih besar

Dari sisi desain mobil listrik Mazda CX-30 EV nyaris sama dengan CX-30 versi BBM namun dengan dimensi lebih besar. CX-30 EV berukuran panjang 4.409 mm, lebar 1.835 mm, tinggi 1.667 mm, dan jarak sumbu roda 2.672 mm. Sedangkan CX-30 konvensional berukuran panjang 4.395 mm, lebar 1.795 mm, tinggi 1.540 mm, dan jarak sumbu roda 2.655 mm. Perbedaan ini kemungkinan karena perakitan baterai sehingga harus disesuaikan.

Beberapa perbedaan lain bersifat menyesuaikan, seperti gril yang diganti dengan gril intake udara tertutup. Tampilannya lebih sporty dengan lampu depan yang tetap tajam dan sempit. Kisi-kisi udara depan mengadopsi desain hitam cerah yang lebih halus, dan bagian bawah diganti dengan yang lebih lebar.

Bagian samping bodi masih melanjutkan gaya desain CX-30, dengan garis pinggang yang cerdas dan keliling bodi plastik hitam matte. Bagian belakang lebih kaya dan lebih terintegrasi, dan frame lampu belakang telah dihitamkan untuk meningkatkan suasana sporty. Tidak ketinggalan emblem CX-30 dan e-Skyactiv menempel di bagian kiri dan kanan pintu belakang.

Mazda CX-30 EV dikabarkan bakal dilengkapi dengan sistem tenaga listrik murni baru. Untuk parameter spesifiknya belum diumumkan secara resmi. Sebagai tambahan, Mazda CX-30 merupakan satu dari 4 model yang dijual di pasar China, yaitu CX-30, CX-8, CX-5 dan Mazda 3.

>>> Auto Shanghai 2021: Hyundai Luncurkan Mobil Listrik Pertama Genesis

Foto Mazda CX-30 EV tampak samping belakang

Dimensi Mazda CX-30 EV dari CX-30 mesin BBM

>>> Cari dan temukan mobil Mazda favoritmu di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top