Auto Shanghai 2021: Hyundai Luncurkan Mobil Listrik Pertama Genesis

20/04/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Mobil listrik pertama Genesis Electrified G80 diluncurkan Hyundai Motor Group di Auto Shanghai 2021, bersamaan dengan penayangan perdana Genesis X Concept.

Auto Shanghai 2021 resmi digelar di Shanghai National Exhibition and Convention Center. Sejumlah merek otomotif kelas dunia hadir membawa model terbarunya. Tak ketinggalan Hyundai Motor Group juga hadir dengan model baru dan konsep dari divisi mobil mewah Genesis. Adalah G80 yang merupakan mobil listrik pertama Genesis, Genesis X Concept, dan Gran Turismo (GT) concept berbasis EV.

“Hari ini sangat istimewa karena mewakili variasi yang pertama untuk merek Genesis. Bukan hanya karena ini adalah penampilan pertama Genesis di Auto Shanghai, tetapi juga pertama kalinya kami meluncurkan produk baru di luar Korea,” kata Jay Chang, Kepala Global merek Genesis dalam keterangan resmi yang disiarkan di channel Youtube Genesis_Worldwide, (19/4/2021).

“Electrified G80, keseimbangan sempurna antara atletis dan keanggunan, menandai awal perjalanan kami ke pasar EV, mewakili Genesis di era elektrifikasi.” lanjut Jay.

>>> Ini Dia Mobil Listrik Termurah di Indonesia

World Premiere Electrified G80

Foto Genesis Electrified G80 tampak samping depan

Mobil listrik Genesis resmi diluncurkan

Di kesempatan pertamanya, dilakukan peluncuran global Electrified G80. Ini adalah mobil listrik pertama Genesis yang dibangung dari basis sedan mewah G80. Jadi, secara penampilan nyaris tidak berbeda dari kedua sedan mewah midsize tersebut kecuali di beberapa bagian.

Berdasarkan standar NEDC, Electrified G80 dibekali baterai yang mampu menjangkau lebih dari dari 500 km per pengisian penuh. Sistem ultra charging 350 kW memungkinkan baterai untuk mengisi daya dari 10% hingga 80% hanya dalam 22 menit. Untuk menambah efisiensi, Electrified G80 dibekali atap panel surya yang dapat menghasilkan listrik menggunakan sinar matahari.

Mobil listrik ini mengusung sistem penggerak All Wheel Drive. Tenaga maksimumnya 365 Hp dengan torsi 700 Nm, didistribusikan untuk roda depan dan belakang masing-masing 182,5 Hp dan 350 Nm. Beragam fitur kecanggihan juga diaplikasikan. Termasuk fitur V2L (Vehicle to Load) alias sistem pemanfaatan daya listrik untuk keperluan di luar kendaraan seperti berbagai peralatan rumah tangga.

Di bagian interior dibangun dari berbagai bahan alami dan daur ulang. Seperti  bahan kulit pada jok, konsol, dan sandaran lengan jok belakang yang memanfaatkan pewarna alami. Lalu hiasan motif kayu terbuat dari potongan kayu daur ulang dari proses pembuatan furniture, dan beberapa bagian menggunakan kain ramah lingkungan dari hasil daur ulang.

Asia Premiere Genesis X Concept

Sama dengan mobil listrik Genesis Electrified G80, Auto Shanghai 2021 juga ajang penayangan perdana Genesis X Concept di Asia. Genesis X Concept adalah mobil konsep kelima setelah New York Concept, GV80 Concept, Essentia Concept, dan Mint Concept. Penggunaan elemen visual Two Lines alias dua garis di seluruh eksterior dan interiornya menunjukkan ciri khas Genesis yang bakal dipakai berkelanjutan.

>>> Genesis X Concept Tegaskan Visual Two Lines Khas Genesis

Foto Genesis X Concept tampak samping belakang

Genesis X Concept tegaskan tema Two Line

Penayangan mobil listrik pertama Genesis, mobil konsep, dan sejumlah model yang telah ada membuktikan keseriusan Hyundai Motor Group membawa Genesis ke China. Di usianya yang hampir enam tahun merek ini Genesis memang belum menyentuh pasar otomotif terbesar di dunia tersebut.

“Penayangan perdana kendaraan listrik pertama di dunia Genesis di Shanghai ini menunjukkan dedikasi dan komitmen kuat kami terhadap pasar China,” kata Markus Henne, Chief Executive Officer Genesis Motor China.

Bakal hadir di Indonesia?

Meski hadir di pasar Asia, tidak ada tanda-tanda Genesis bakal hadir di Indonesia. Genesis bakal fokus pada pasar Korea Selatan, China, Timur Tengah, Rusia, Kanada, Australia dan Amerika Serikat, diikuti oleh Eropa (mungkin) dan negara Asia lainnya.

>>> Temukan mobil Hyundai favoritmu di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top