Audi e-tron GT Launching Tahun Depan, Siap Hadang Tesla Model S

09/10/2020

Mobil baru

4 menit

Audi e-tron GT Launching Tahun Depan, Siap Hadang Tesla Model S
Tak mau terlena dengan kesuksesan SUV listrik e-tron, Audi menyiapkan varian sedan e-tron GT yang disiapkan untuk launching tahun depan, dan berhadapan langsung dengan Tesla Model S dan Porsche Taycan.

Menyusul kesuksesan SUV listrik e-tron yang terjual lebih dari 17 ribu unit dalam satu tahun, Audi menghadirkan varian GT dari mobil listriknya. Saat ini, prototype Audi e-tron GT mulai melakukan tes di Nurburgring dan siap diluncurkan awal tahun depan.

Diplot sebagai rival Tesla Model S dan Porsche Taycan, e-tron GT akan menjadi EV flagship Audi, dan dirakit di pabrik Bollinger Hofe, satu rumah dengan Audi R8.

>>> Baru setahun launching, Audi e-tron jadi SUV listrik paling laris di Eropa

Siapkan varian RS, tampilan mirip dengan konsep

Nantinya, Audi e-tron GT akan disusul juga dengan varian RS yang diluncurkan beberapa bulan setelahnya. Sebagai varian tertinggi E-Tron GT, model RS memiliki tampilan lebih unik dan setting suspensi yang lebih agresif.

Saat ini, prototype e-tron GT masih dibalut kamuflase, namun sudah terlihat beberapa detail desain sedan listrik ini. Diprediksi e-tron versi siap produksi akan terlihat identik dengan konsep yang debut di Los Angeles Motor Show 2018, tentu dengan beberapa ubahan agar lebih relevan dengan penggunaan sehari-hari.

Tampilan depan Audi e-tron GT

Tampilan samping audi e-tron GT

Sedikit detail e-tron GT yang akan launching awal tahun depan

Dimulai dari depan, tampilan gril sedikit lebih kecil dibandingkan konsep, sedang pintu model sensitive touch digantikan oleh gagang konvensional. Desain velg satu pengunci pun tidak akan dipakai, gantinya Audi akan memasang velg 22 inci di e-tron GT.

Dalam spyshot ini, terlihat juga desain spoiler yang bisa keluar masuk dan keluar sesuai kebutuhan. Sedang bagian bawah aero mobil terlihat lebih bersih tanpa sistem knalpot khas mobil dengan mesin konvensional.

>>> Audi Q4 E-Tron Sportback, Crossover Listrik Futuristik Nan Sporty

Sharing platform dengan Taycan, kapasitas baterai 96 kWh

Nantinya, versi produksi Audi e-tron GT akan berbagi platform dengan Porsche Taycan, di mana sekitar 60% komponen kedua mobil identik. Bedanya, e-tron GT akan memakai tiga buah motor listrik, berbeda dari Taycan yang cuma dua.

Menggunakan layout all-wheel drive, Audi mengklaim e-tron GT mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 3,5 detik. Konfigurasi ECU yang unik, dan juga keahlian Porsche dalam manajemen baterai, akan membuat performa mobil tetap konsisten meski baterai mobil sudah terkuras.

Perakitan Audi e-tron GT

e-tron GT akan dirakit di tempat yang sama seperti supercar Audi R8

Berbicara soal baterai, Audi e-tron GT disisipi baterai berkapasitas 96 kWh, lebih besar 2,4 kWh dari kepunyaan Porsche Taycan, dan bisa menempuh jarak 400 km dalam satu kali pengisian penuh, dengan pengisian 0-80% dalam waktu 20 menit dengan DC charger.

Disiapkan sebagai rival Tesla Model S dan Porsche Taycan, Audi e-tron GT diplot sebagai EV flagship Audi, dan akan dibangun di Bollinger Hofe, satu rumah dengan Audi R8. Soal harga, tampaknya Audi akan membandrol e-tron GT di kisaran 100 ribu Poundsterling (setara Rp 1,9 miliar).

>>> Audi RS Berteknologi Plug-in Hybrid Tengah Dikembangkan

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top