Audi A1 ini Bertenaga 400 Hp, Terinspirasi Dari Reli Grup B dan Hanya Ada Satu Di Dunia

29/10/2019

Mobil baru

3 menit

Audi A1 ini Bertenaga 400 Hp, Terinspirasi Dari Reli Grup B dan Hanya Ada Satu Di Dunia
Tuner spesialis Audi, ABT Sportsline, membangun sebuah Audi A1 Sportback dengan tenaga paling sadis di dunia, yakni 400 hp. Kabarnya, terinspirasi dari reli Grup B dan hanya dibuat satu unit saja. Lantas, siapakah pemilik yang beruntung tersebut?

Pada dekade ’80-an, ajang reli dunia pernah memiliki Grup B, yang menjadi reli paling brutal lantaran hampir tak ada regulasi dalam membatasi performanya. Para produsen mobil saat itu seakan berlomba-lomba dalam membangun mobil reli dengan tenaga bengis. Namun pada tahun 1987, reli Grup B terpaksa ditiadakan lantaran beberapa kasus kecelakaan yang terjadi dan menimbulkan korban jiwa. Namun reli Grup B selalu akan dikenang sebagai masa keemasan dunia reli.

>>> Audi TT Terbaru Akan Menjadi Sebuah Crossover Listrik?

Foto Audi A1 Sportsback Dari ABT Sportsline

Tampilan Audi A1 Sportback dari ABT Sportsline ini sungguh mengintimidasi

Audi, bukanlah nama asing dalam dunia motorsport dan reli. Salah satu prestrasinya adalah sempat mendominasi reli Grup B dengan Audi Quattro S1. Beberapa dekade berselang, salah satu satu tuner Audi, ABT Sportsline, membangun sebuah Audi A1 Sportback dan mengupgrade performanya hingga mampu menyemburkan tenaga 400 hp. ABT Sportsline bahkan melakukan ubahan cukup ekstrim pada sektor mesin 4 silinder berteknologi TFSI ini, dengan menggunakan turbo ukuran lebih besar, penggunaan komponen internal lebih kuat, sistem pasokan bahan bakar baru hingga transmisi yang mendapatkan penguatan.

>>> Ingin membeli mobil baru maupun bekas? Dapatkan daftarnya di sini

Foto dua warna pada Audi A1 Sportback dari ABT Sportsline

Konsep “Polygon Split design” yang menggabungkan dua warna yakni hitam dan merah dalam tubuh kompak Audi A1 Sportback

Dari eksterior, ABT Sportsline menggandeng desainer Jon Olsson untuk mendesain tampilan eksterior Audi A1 Sportback dengan konsep “Polygon Split design”. Dengan permainan dua warna, yakni warna merah dan hitam plus penggunaan sticker wrap di sekujur tubuh mobil kompak tersebut. ABT Sportsline bahkan mendesain aero kit dengan tampilan sedikit ekstrim dengan ukuran air scoop, lips spoiler, rear diffuser dan rear spoiler lebih besar. 

>>> Setelah E-Tron, Audi Bersiap Hadirkan Mobil Listrik Berbasis Sedan Premium

Foto interior Audi A1 Sportback dari ABT Sportsline

Interior Audi A1 Sportback dari ABT Sportsline yang cukup kental nuansa racing dengan balutan suede

Pada bagian suspensi, Audi S1 Sportback racikan ABT Sportsline ini menggunakan coilover yang dirancang khusus dengan menggunakan per dari H&R, demi melayani kemampuan mesin yang telah jauh meningkat. ABT Sportsline juga tak lupa untuk menggunakan big brake kit yang hadir di balik pelek eksklusif rancangan ABT Sportsline dengan berukuran 19 inci. Pada bagian interior, ABT Sportsline melapisinya denga motif suede dari Alcantara, lengkap dengan roll cage yang disamarkan serta desain jok dan setir yang kental dengan nuansa balap.

>>> Tanpa Kamuflase, Tampilan Baru Facelift Audi A3 2020 Tertangkap Kamera

Foto Daniel Abt berpose di depan Audi A1 Sportback ABT Sportsline

Daniel Abt berpose di depan Audi A1 Sportback ABT Sportsline miliknya

Namun sayangnya, ABT Sportsline dikabarkan hanya membuat satu unit Audi S1 Sportback. Kentalnya nilai ekskusivitas diwakili dengan beberapa emblem bertuliskan “One of One” pada interior. Lantas, siapakah yang berhasil memiliki mobil kompak bertenaga monster ini? Pemiliknya tak lain adalah Daniel Abt, pembalap berusia 26 tahun berkebangsaan Jerman yang turun di ajang Formula E. Bahkan ABT Sportsline menuliskan inisial “DA” pada bagian headrest yang merupakan singkatan dari Daniel Abt.

>>> Artikel berita terkini dunia otomotif lainnya di Cintamobil.com

 
back to top