Aston Martin Valkyrie Siap Diantar ke Pemilik Pertama Pekan Depan

06/11/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Setelah melalui tahap panjang dari mulai konsep hingga produksi, akhirnya Hypercar Aston Martin Valkyrie siap untuk diantar ke pembeli pertamanya pekan depan.

Aston Martin Valkyrie merupakan hasil kolaborasi dari jenama asal Inggris itu dengan tim Formula 1, Red Bull Racing. Valkyrie dikonsepkan sebagai mobil sirkuit yang dapat digunakan serta dinikmati selayaknya mobil jalan raya.

Mobil ini dilahirkan dari pemikiran Adrian Newey, Dr Andy Palmer, Christian Horner, dan Simon Spoule. Bahkan, Max Verstappen yang kini sedang memimpin klasemen F1 2021 disebut turut serta dalam pengembangan Valkyrie.

Proyek ambisius yang mengusung teknologi Formula 1 ini awalnya menghadapi banyak masalah dan rintangan. Tetapi, di penghujung tahun 2021 akhirnya Aston Martin berhasil menyelesaikan produksi pertama dari Valkyrie dan siap untuk mengirimnya pekan depan.

Gambar Aston Martin Valkyrie

Setelah dihadang oleh berbagai kendala, akhirnya Aston Martin berhasil memproduksi proyek ambisius ini

Hanya Diproduksi 150 Unit

Valkyrie diproduksi secara hand-made di pabrik Aston Martin di Gaydon, Inggris. Hypercar ini akan menjadi komoditi panas di kalangan para kolektor mengingat mereka hanya memproduksi mobil ini sebanyak 150 unit.

"Ini adalah momen yang sangat membanggakan bagi kami untuk menyelesaikan hypercar pertama kami," ungkap Tobias Mooers, CEO Aston Martin dalam rilis resmi mereka.

Ia juga menyebut bahwa keberhasilan ini merupakan kerja keras semua pihak yang telah berusaha secara maksimal. Pada akhirnya, Aston Martin menjadi pabrikan pertama yang berhasil membawa mobil F1 ke jalan raya.

>>> Review Aston Martin Valkyrie 2018

Gambar Aston Martin Valkyrie

Bukan Hypercar biasa, Valkyrie adalah mobil F1 untuk jalan raya

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, mewujudkan hal tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah. Pada tahun 2020, rumor mengatakan bahwa mobil ini tidak bisa diandalkan dan sulit untuk dikendalikan sebagai mobil jalan raya.

Bahkan, Mercedes-AMG One yang menjadi pesaing utama Valkyrie hingga saat ini masih belum terlihat wujud nyatanya. Padahal, mobil yang awalnya disebut sebagai Project One tersebut dikembangkan oleh tim Formula 1 paling sukses sepanjang masa.

Spesifikasi Powertrain Aston Martin Valkyrie

Bicara soal spesifikasi, Vakyrie mengusung mesin V12 6.500 cc naturally aspirated buatan Cosworth yang dipadukan dengan sistem KERS (Kinetic Energy Recovery System) yang dikembangkan oleh Rimac. Jika Anda tak asing dengan nama KERS, sistem tersebut merupakan sistem pemulihan energi pada mobil F1 di era hybrid.

Gambar Mesin Cosworth

Nama Cosworth sebagai produsen mesin sudah tak perlu diragukan lagi, mereka mengemas 13 gelar juara dunia selama berlaga di F1

>>> Valkyrie AMR Pro, Bikin Serasa Nyetir Mobil Balap F1

Mesini tersebut mampu menghasilkan tenaga 1.013 HP pada putaran mesin 10.500 rpm dan torsi 740 Nm pada 7.000 rpm. Yes, mesin tersebut adalah sebuah screamer seperti mobil F1 dengan rotasi per menit yang tak mungkin dicapai oleh mobil produksi massal biasa.

Jika bekerja dengan motor listriknya, maka powertrain milik Valkyrie sanggup meletupkan tenaga hingga 1.155 HP. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang (RWD) melalui girboks sekuensial 7-percepatan lansiran Ricardo.

Aston Martin Valkyrie ditawarkan dalam tiga varian yakni Coupe, Spider, dan AMR Pro. Valkyrie Spider akan menjadi varian atap terbuka, sementara AMR Pro merupakan versi ekstrem yang lebih fokus pada performa di lintasan balap.

Gambar Aston Martin Valkyrie

Versi Coupe (kiri) dan versi Spider (kanan)

Selamat untuk Aston Martin atas pencapaiannya, kami berharap Mercedes-AMG One juga dapat diselesaikan dalam waktu dekat. Kami sudah tak sabar melihat persaingan kedua Hypercar yang terinspirasi dari mobil Formula 1 tersebut di jalan raya.

>>> Temukan Mobil Impian Anda di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top