Aston Martin V12 Speedster Lakoni Tes Akhir, Cuma Dibuat 88 Unit

08/10/2020

Mobil baru

3 menit

Aston Martin V12 Speedster Lakoni Tes Akhir, Cuma Dibuat 88 Unit
Tak mau kalah dari pabrikan premium lain, Aston Martin mengikuti tren mobil atap terbuka yang ekslusif dengan V12 Speedster. Saat ini, mobil yang cuma dibuat 88 unit itu tengah melakukan tes akhir.

Sepertinya mobil speedster ini sedang menjadi tren di kalangan brand mewah saat ini. Terinspirasi dari mobil balap tahun 1960-an, mobil atap terbuka ini dibuat dalam jumlah terbatas dan sangat mahal, sebut saja Ferrari SP1 dan SP2 Monza, McLaren Elva, atau Bentley Bacalar.

Aston Martin juga tak mau kalah, pabrikan Inggris yang terkenal dengan deretan mobil James Bond itu juga punya mobil serupa, V12 Speedster yang cuma dibuat 88 unit saja. Diperkenalkan pada awal Maret, karya terbaru Divisi khusus Aston Martin Q ini sudah memasuki fase testing.

>>> Setelah 50 tahun, Aston Martin produksi lagi DB5

Kabin penumpang dan pengemudi teripisah

Aston tak lupa mendokumendasikan prototype V12 Speedster yang sudah dites di jalanan terbuka. Dibangun menggunakan arsitektur alumunium terikat, Aston Martin V12 Speedster memadukan dua kendaraan, DBS Superleggera dan Vantage sebagai basisnya.

Secara proporsi mobil keseluruhan, dan detail desain Speedster mengikuti Vantage. Keduanya berbagi desain lampu depan yang sama, lubang angin besar yang depan, dan lampu belakang yang memanjang penuh.

Tampilan depan Aston Martin V12 Speedster

Tampilan belakang Aston Martin V12 Speedster

Aston Martin memadukan Vantage dan DBS Superleggera ke dalam desain V12 Speedster

Perbedaanya, bagian sisi kiri dan kanan bumper depan punya lubang udara yang dibuat lebih fungsional, dengan kisi-kisi udara tambahan di kap mesin dan di sisi kanan dan kiri, dekat fender dan di atas roda depan. 

Mengambin inspirasi dari mobil balap legendaris tahun 1960an, potongan kabin V12 Speedster sangat unik. Tidak ada kaca depan yang membatasi pandangan pengemudi, tapi bagian atas antara pengemudi dan penumpang dibatasi rangka yang memanjang ke belakang mobil, dengan dua punuk di dek belakang.

Tampilan interior Aston Martin V12 Speedster

Interior mobil terbagi dua oleh tiang di tengah kabin

Tampilan belakang dilengkapi dengan knalpot ganda yang besar dengan material alumunium, yang muncul di bagian tengah diffuser yang terlihat cukup proporsional.

Bagian dalam kabin diberi perpaduan trim carbon fiber satin, krom, alumunium, dan kulit. Dan untuk menggantikan glovebox konvensional, V12 Speedster menyiapkan tas kulit yang bisa dilepas-pasang.

>>> Gara-gara Corona, Aston Martin rumahkan karyawannya

Cuma dibuat 88 unit, harga mulai Rp 14 miliar

Aston Martin V12 Speedster memakai mesin V12 5.2L twin-turbo yang menghasilkan tenaga 700 HP dan torsi 753 Nm, hanya lebih rendah dari DBS Superleggera untuk urusan performa.

Tenaga mesin dialirkan ke roda belakang lewat girboks otomatis 8-speed dengan paddle-shifter, dan dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 3,5 detik dengan top speed dibatasi di 300 km/jam.

Prototype Aston Martin V12 Speedster sedang dites

Harga mobil ini dibanderol mulai Rp 14,5 miliar

Untuk menunjang performa mesin, V12 Speedster memakai suspensi depan double wishbone, sementara di belakang memakai multi-link with coil springs. Adaptive dampers juga disisipkan dengan pengaturan sesuai mode berkendara, baik itu Sport, Sport+, atau track. Sistem pengereman memakai cakram carbon ceramic di keempat roda, sedang velg yang dipakai berukuran 21 inci dengan satu pengunci di tengah layaknya mobil balap.

Naksir dan ingin memiliki Aston Martin V12 Speedster, siapkan dulu uang sebanyak £765.000 (setara Rp 14,5 miliar) untuk memiliki satu dari 88 Speedster yang diproduksi, dengan pengiriman dimulai dari Maret 2021.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top