Aspark Owl, Mobil Tercepat Sejagad dari Pabrikan Kecil di Jepang

22/02/2018

Mobil baru
Aspark Owl, Mobil Tercepat Sejagad dari Pabrikan Kecil di Jepang
Pabrikan mobil butik dari Jepang, Aspark, sepertinya telah mencapai apa yang saat ini tampaknya tidak mungkin. Mobil listrik keluaran Aspark, Aspark Owl telah menciptakan mengguncang jalanan dengan mencapai 0-100 km hanya dalam waktu 1.9 detik saja.

Aspark Owl menghancurkan percepatan sebagian besar mobil jalanan termahal di dunia. Bugatti Chiron seharga $ 3 Juta telah mencatat 0-100 km dalam waktu 2.3 detik. Sedangkan Aventador Lamborghini melakukannya dalam 2.7 detik dengan santai.

Gambar yang menunjukan mobil tercepat Aspark Owl ketika sedang dipamerkan pada gelaran International Auto Show 2017

Mobil Aspark Owl pada peluncuran pertamanya di IAA 2017 lalu

Nama besar bukan menjadi patokan untuk mengukur kehebatan dan imajinasi yang dilakukan. Hal inilah yang bisa kita petik dari erusahaan kecil asal Jepang ini. Aspark mewujudkan gagasan tentang sub-detik dari 0-100 km lebih dari 2 detik sebagai penghalang yang tidak mungkin dipecahkan.

>>> Baca juga review mobil elektrik BMW i8 keluaran 2017

Aspark Owl adalah mobil sport elektrik yang mengejutkan. Diluncurkan pada gelaran Frankfurt Auto Show tahun lalu, mobil ini diklaim secara teoritis menghasilkan 420 tenaga kuda dengan torsi pada roda mencapai 563 Nm dan digadang-gadang bisa mencapai 100 km hanya dengan waktu 2 detik.

Berikut kecepatan Aspark yang ditangkap ketika sedang melakukan uji coba

Dengan video di atas, Aspark telah menurunkan tantangan untuk dunia supercar, menetapkan pencapaian 100 km hanya dalam 1.921 detik. Diakui, mobil ini dilengkapi dengan satu set ban balap Hoosier yang memiliki kemiripan dengan ban balap Continental yang saat ini digunakan pada Kejuaraan Mobil Sport IMSA WeatherTech. Pemadaman bahkan diperlukan untuk mengatasi ban mobil yang menjadi panas.

>>> Baca juga berita mobil baru lainnya disini

Sementara itu, hal ini masih membuktikan bahwa mobil ini memiliki mesin yang mempunyai kekuatan dan kecepatan yang luar biasa. Bahkan, Aspark mengklaim bahwa mereka akan terus men-tweak formula ini sampai waktu kurang dari dua detik ini dapat dicapai pada ban legal untuk pemakaian di jalan raya.

Gambar yang menunjukan mobil Aspark Owl sedang berada di jalanan

Aspark Owl ketika pengujian kecepatan di jalanan

Tes tersebut tampaknya telah selesai di bagian fasilitas manufaktur kecil, mungkin di tempat yang sama dimana mobil tersebut dirakit. Tentu saja hal ini memberikan hawa serius Aspark mengingat merekan sudah menggunakan prototype mahal yang terbuat dari serat karbon rapuh untuk pemakaian dengan percepatan yang luar biasa ini.

Aspark mengatakan Aspark Owl akan segera memasuki produksi sebanyak 50 unit dan akan dijual seharga $ 4.4 Juta. Jika dikonversikan, Anda membutuhkan hampir Rp. 60 Miliar untuk membeli mobil ini. Jika Anda ingin mengalahkan tetangga Anda yang membeli mobil tercepat Tesla, Anda harus membeli mobil ini.

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

 
back to top