Apakah Sistem Hybrid Rocky Bisa Diterapkan ke Toyota All New Avanza?

01/10/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Rencana peluncuran Rocky e:smart di Jepang seakan membuka pintu pada mobil hybrid terjangkau. Apakah sistem tersebut bisa disematkan ke Toyota All New Avanza?

Daihatsu Motor Corporation akhirnya mengeluarkan tanggal peluncuran Rocky Hybrid. Tentunya, Toyota Raize sebagai saudara kembarnya juga akan ditawarkan dengan mesin hybrid.

Peluncuran model tersebut juga menjadi ajang perkenalan teknologi hybrid dari Daihatsu, e-Smart Hybrid. Berbeda dengan Hybrid Synergy Drive milik Toyota yang menggunakan mekanisme hybrid paralel, e-Smart Hybrid akan menggunakan mekanisme hybrid seri.

Gambar Daihatsu Rocky e:smart

Dengan pengenalan teknologi e-Smart Hybrid tersebut, kami pun semakin yakin bahwa Toyota All New Avanza bermesin hybrid adalah sesuatu yang logis dan akan tetap sesuai dengan segmentasinya. Berikut kami jabarkan alasannya.

>>> Tiga Hal Yang Kami Ketahui Tentang Toyota All New Avanza

Teknologi Hybrid Terjangkau

Seperti yang kita tahu, penggunaan teknologi Hybrid Synergy Toyota pada mobil dengan harga terjangkau akan membuat harga jugal mobil tersebut melambung keluar dari segmentasinya.

Tetapi, tidak dengan e-Smart Hybrid milik Daihatsu. Sistem ini lebih sederhana dan lebih cost effective untuk diproduksi. Esensinya, mobil dengan e-Smart Hybrid digerakkan dengan motor listrik sepenuhnya dengan mesin bensin sebagai generator pengisi daya baterai.

Sistem ini jauh lebih ringkas dibanding Hybrid Synergy Toyota, komponennya lebih sedikit, dan teknologi yang diterapkan juga tak begitu rumit. Hasilnya, sistem lebih mudah dan lebih murah untuk diaplikasi.

Gambar e-Smart Hybrid

Arsitektur e-Smart Hybrid milik Daihatsu

Oke, kita masuk ke pembahasan di dunia nyata. Daihatsu Rocky tipe tertinggi di Jepang, Premium, dibanderol dengan harga ¥ 2.145.000 atau setara dengan Rp 274.733.459. Sedangkan bocoran harga Rocky e:smart dengan mesin hybrid untuk tipe tertinggi, G dibanderol ¥ 2.350.000 atau setara dengan Rp 300.990.037.

Artinya, hanya berbeda sekitar Rp 25 juta. Sedangkan harga Toyota Corolla Cross Hybrid dan Corolla Cross bermesin bensin, perbedaan harganya hampir menyentuh Rp 60 juta.

Menambah Rp 25 juta mendapatkan versi hybrid dari sebuah mobil menurut kami cukup logis. Saat ini, Avanza 1.3 G AT dibanderol Rp 216,5 juta. Seandainya Toyota Avanza Hybrid dibanderol Rp 231,5 juta, rasanya itu penawaran yang sangat menarik.

Perlu diingat, mobil hybrid sangat efisien bahan bakar sehingga perbedaan harga tersebut akan dikembalikan melalui penghematan bujet pembelian bensin bulanan Anda.

>>> Pajak Sedan Bakal Setara dengan Avanza, Harga Jadi Lebih Murah?

Pakai Mesin Apa?

Gambar DN Multisix

Kami mendapat bocoran bahwa Avanza terbaru akan menggunakan platform DN Multisix

Lantas, pertanyaan selanjutnya, akan memakai mesin apa Toyota All New Avanza Hybrid tersebut? Daihatsu Rocky e:smart sendiri akan menggunakan variasi mesin WA-VE dengan kode WA-VEX.

Jika berkaca dengan nomenklatur Toyota, artinya mesin tersebut adalah versi Atkinson Cycle dari mesin 1,2 liter WA-VE milik Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang dipasarkan di Indonesia.

Apakah Avanza terbaru akan memakai mesin WA-VEX juga? Kami rasa, mesin 1.200 cc terlalu kecil untuk sebuah Low MPV 7 penumpang. Kami memprediksi bahwa Avanza hybrid akan menggunakan variasi dari mesin yang akan digunakan oleh All New Avanza dan All New Xenia saat nanti diluncurkan.

Daripada berspekulasi, kita tunggu saja seperti apa kelanjutannya tahun depan. Yang pasti, ini akan menjadi terobosan baru di kelas Low MPV yang tentunya akan membuat duo Avanza-Xenia semakin menarik.

>>> Dapatkan harga mobil baru Toyota dan promo menarik hanya di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top