Apa Jadinya Jika Porsche Membuat Sebuah Truk Listrik?

27/03/2020

Mobil baru

4 menit

Apa Jadinya Jika Porsche Membuat Sebuah Truk Listrik?
Jika berbicara soal Porsche, tentu hal pertama yang terlintas adalah sportscar dan mobil performa tinggi. Tapi, bagaimana jadinya jika pabrikan Stuttgart itu memutuskan untuk membuat sebuah truk listrik sebagai rival Tesla Cybertruck?

Tampaknya, truk elektrik akan menjadi tren di masa depan. Bagaimana tidak, dua tahun terakhir kita sudah melihat berbagai model truk listrik seperti Rivian R1T, GMC Hummer, Lordstown Motor Endurance, dan jelas Tesla Cybertruck. Meski terdengar liar, rasanya tertarik jika akhirnya sebuah truk listrik Porsche menambah daftar panjang konsep truk listrik yang hadir, dan akan beradu viral dengan Cybertruck.

>>> Utamakan performa, Porsche Taycan jadi mobil listrik paling boros

Porsche Taycan dengan bak di belakang

Tidak, sampai saat ini rumor truk listrik Porsche masih sekadar ide liar yang dituangkan oleh Adel Bouras, seorang desainer grafis. Diberi nama Porsche Traykan, mobil yang mengambil inspirasi dari Taycan itu merupakan konsep truk pertama Porsche salam 90 tahun sejarahnya.

Rendering bagian belakang Porsche Traykan

Gimana, cocok ga sih kalo Porsche bikin sebuah truk listrik?

>>> Pilihan mobil baru dan bekas berkualitas bisa Anda temukan di sini

Desain Taycan yang dimasukan ke dalam Porsche Traykan bisa dilihat dari lampu depan LED yang memiliki empat titik, fascia depan yang langsing, dan lampu belakang yang sama langsingnya seperti mobil listrik pertama Porsche, ya meski sepintas saja. Traykan juga mengambil beberapa aspek dari SUV Cayenne, di mana Bouras merender kedua kendaraan bersebelahan.

Rendering Porsche Traykan dan Porsche Cayenne

Selain inspirasi dari Taycan, Traykan juga mengambil sedikit ciri khas SUV Cayenne

Namun demikian, Porsche Traykan juga memiliki beberapa identitas yang membedakannya dari mobil Porsche lainnya. Dimulai dari model kaca depan besar yang juga berfungsi sebagai atap, dan juga desain pillar B yang terlihat sangat halus, dan menghubungkan kabin dengan bagian bak. Pelek yang dipasangkan juga berbeda dibandingkan line-up Porsche saat ini, meski pelek two-tone dengan finishing hitam dan kuning itu terlihat sangat keren.

Belum minat buat truk listrik, fokus elektrifikasi

>>> Jangan lewatkan berita terbaru seputar mobil baru di sini

Apakah truk listrik Porsche akan jadi kenyataan dalam waktu dekat? Secara realistis, rasanya tidak. Pun demikian, pabrikan asal Stuttgart itu memiliki strategi agresif dalam elektrifikasi, dan akan meluncurkan banyak mobil listrik dalam waktu dekat. Selain Porsche Taycan Cross Turismo, varian crossover dari Taycan, akan hadir tahun depan, dan produksi Macan elektrik akhir tahun 2022. Mereka juga sedang menyiapkan varian elektrik dari Boxster dan Cayman.

Rendering Porsche Traykan

Sekeren apapun desain Traykan, rasanya sebuah truk Porsche rasanya cuma sebuah imajinasi semata

Saat ini, Porsche juga sedang berkolaborasi dengan Audi untuk menggarap PPE Platform yang akan jadi basis dari berbagai mobil listrik nantinya, tetapi tidak untuk sebuah truk listrik Porsche, meski kami merasa Porsche Traykan akan jadi rival menarik untuk Tesla Cybertruck yang nyeleneh dan viral itu.

>>> Berita otomotif terbaru, tips & trik terlengkap, dan pilihan mobil berkualitas bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top