Apa Jadinya Jika Cadillac Escalade 2021 Diajak Offroad?

21/10/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Apa Jadinya Jika Cadillac Escalade 2021 Diajak Offroad?
Cadillac Escalade 2021 merupakan model terbaru dari Escalade yang masuk kategori big SUV premium. Berbagai fitur pemanja pengemudi dan penumpang belakang ada di mobil ini. Tapi bagaimana dengan kemampuan offroad-nya?

Sebuah mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) berharga miliaran rupiah, rasanya terlalu sayang untuk dipakai di medan ekstrim. Padahal mungkin mobil tersebut punya kemampuan seperti itu. Misalnya saja yang beberapa waktu lalu dibuktikan Rolls-Royce melalui Cullinan yang diajak "bermain" di hamparan gurun pasir. Kini hal senada juga dilakukan pada sebuah Cadillac Escalade 2021.

Menjadi sebuah big SUV dengan sasis body-on-frame dan memiliki bobot yang cukup berat, apakah Cadillac Escalade memiliki kemampuan offroad juga? Hal ini pun dibuktikan tim The Fast Lane dan kemudian diunggah melalui video di channel Youtube mereka. Tim ini ingin membuktikan kemampuan SUV premium tersebut, karena sejatinya Escalade generasi terbaru ini syarat akan fitur modern.

>>> GM Luncurkan Cadillac Lyriq, SUV Listrik Dengan Head Unit 33 Inci

Cadillac Escalade Ini Offroad Pakai Velg 22 Inci

Cadillac Escalade 2021 offroad

Kondisi mobil semuanya dalam keadaan standar termasuk velg dan ban yang digunakan

Cadillac Escalade memang cukup terkenal di Amerika Serikat (AS). Para borjuis biasanya memilih SUV gambot ini sebagai kendaraan hariannya ketimbang SUV Jerman. Tak cuma itu, Escalade juga kerap kali jadi kendaraan pengawal rombongan kepresidenan. Sehingga populasi Escalade memang cukup tinggi di Negeri Paman Sam itu.

Pada Cadillac Escalade 2021, ada banyak pembenahan yang terjadi bukan hanya soal desain eksterior dan interiornya. Seperti semakin lengkapnya ketersediaan fitur keamanan dan keselamatan, penggunaan suspensi udara, sampai ditempatkanya beberapa kamera di mobil ini. Hal itulah yang menjadikan Escalade terbaru SUV premium yang layak dimiliki oleh mereka yang suka dengan kemewahan.

Namun memiliki fitur Off-Road Mode dan Terrain Mode untuk berkendara di kecepatan rendah dalam menghadapi medan ekstrim membuat kemampuan mobil ini dipertanyakan. Tim penguji dair The Fast Lane pun lantas membawa kendaraan ini ke sebuah medan berbukit curam. Uniknya pengujian dilakukan dengan unit Cadillac Escalade 2021 dalam keadaan standar seutuhnya termasuk masih menggunakan velg 22 inci dengan ban tipe all-season. Tim ini pun berusaha membuktikan bagaimana kemampuan offroad dari SUV berbasis truck yang di AS dijual seharga USD 102.000 atau kira-kira Rp 1,5 miliar tersebut.

>>> Tips Bermain di Medan Off-road Dengan SUV 4x2

Kehilangan Traksi Saat Menanjak

Cadillac Escalade 2021 interior

Cadillac Escalade 2021 punya fitur lengkap untuk mendukung mode offroad

>>> Review Range Rover LWB 2018: Bukti Bahwa Fungsi Off-Road Beranjak Ke Tahap Mewah

Tim penguji menjelaskan mobil seberat 2,7 ton itu memiliki beberapa fitur untuk mendukung kegiatan di medan kasar. Antara lain ketinggian suspensi yang bisa diatur secara elektronik, berbagai pilihan sistem penggerak roda termasuk mode 4HI yang umumnya ada di mobil-mobil offroad, serta fitur-fitur pendukung lainnya.

Namun mungkin karena suspensi udara yang digunakan pada mobil ini, serta ban tipe all-season dari Bridgestone yang kurang mendukung, membuat mobil tersebut sempat kehilangan traksi saat diajak menanjak medan curam menggunakan Off-road Mode. Tapi ketika dicoba dalam Terrain Mode dan ketinggian suspensi diset maksimum, ternyata mobil ini masih mampu untuk merayap ke atas bukit walaupun beberapa kali ban mobil terlihat kehilangan grip ke permukaan tanah kerikil.

beberapa komentar di video ini menyebutkan kalau The Fast Lane merupakan pikah pertama yang menguji Cadillac Escalade 2021 di medan offroad. Tapi melihat kemampuannya yang tak sekeren penampilannya, mungkin jika Anda benar-benar mencari SUV mewah tanpa mengorbankan kemampuan offroad, Range Rover atau Land Rover Defender lebih layak dijadikan pilihan.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top