Alpha Wolf, Pikap Listrik Yang Siap Hadang Tesla Cybertruck

06/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Alpha Motor Corporation memperkenalkan pikap listrik mereka, Alpha Motor Wolf. Pikap ini bisa jadi alternatif dari Tesla Cybertruck yang tak kunjung dijual.

Meski sudah diperkenalkan dari tahun 2019, Tesla tak kunjung meluncurkan pikap listrik mereka, Tesla Cybertruck. Tantangan pasokan suku cadang dan masalah teknis menjadi alasan mengapa peluncuran pikap yang banyak mengundang kontroversi ini terus tertunda.

Truck atau pikap merupakan salah satu jenis mobil yang paling disukai di Amerika Serikat. Karena itu, Alpha Motor Corporation pun mengambil kesempatan dari minimnya persaingan dengan meluncurkan pikap listrik mereka sendiri, Alpha Wolf.

Gaya Retro dengan Teknologi Modern

Gambar Alpha Wolf

Tampilan tahun 1990-an dengan teknologi tahun 2020-an

Jika Tesla Cybertruck mengusung desain yang hiper-futuristik (bahkan terlihat seperti mobil dari film atau video game sci-fi), Alpha Wolf justru kebalikannya. Mobil listrik ini mengusung desain retro bak pikap dari tahun 1980-an dan 1990-an yang mengutamakan desain sederhana namun sarat fungsi.

>>> Kalau Dijual Sekarang Harga Tesla Cybertruck Bisa Lebih dari Rp 14 Miliar

Masuk ke interior, Anda baru yakin bahwa mobil ini diproduksi pada tahun 2020-an dengan kluster instrumen digital dan layar infotainment besar di konsol tengah. Secara keseluruhan, bagian kabin Alpha Wolf cenderung sederhana tanpa banyak kemewahan.

Truk pikap ini menawarkan kabin tunggal kecil dengan bak belakang cukup besar dan ban gemuk yang mengisyaratkan bahwa mobil ini siap untuk bekerja keras bahkan ke medan-medan yang sulit.

Gambar Interior Alpha Wolf

Tampilan interior cukup sederhana

Alpha Motor Corporation memilih Petersen Automotive Museum sebagai lokasi peluncuran pikap listrik ini. Mereka menyebut bahwa Alpha Wolf akan mulai dipasarkan pada tahun 2023.

Tersedia Dalam Dua Varian

Alpha Wolf akan hadir dalam dua varian, yaitu penggerak satu motor listrik Rear-Wheel Drive (RWD) dan dua motor listrik All-Wheel Drive (AWD). Sampai saat ini, Alpha Motor belum membagikan detail mengenai tenaga dan torsi motor listrik mobil ini.

>>> [INFOGRAFIK] 7 Model Perdana di Era Pikap Listrik di Dunia

Mereka mengklaim bahwa pikap listrik ini dapat berakselerasi 0 - 60 mil per jam (0-96 km/jam) dalam waktu 6,2 detik. Alpha Wolf juga dapat menarik trailer dengan bobot maksimum mencapai 1.360 kilogram.

Gambar Alpha Wolf

Akan jadi pesaing berat untuk Tesla Cybertruck

Soal baterai, Alpha Motor menyebut bahwa Wolf akan dibekali dengan baterai Lithium-ion berkapasitas 75 kWh. Mereka mengestimasi Wolf dapat menempuh jarak 402 - 442 kilometer dalam sekali pengisian daya.

Rencananya pikap listrik ini akan dibanderol dengan harga mulai dari $36.000 hingga $46.000 US atau setara dengan Rp 517,7 juta - Rp 661,5 juta untuk pasar Amerika Serikat.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top