All New Mercedes-Benz C-Class W206 Resmi Meluncur, Yuk Kita Kupas Kecanggihannya

14/07/2022

Mobil baru

5 menit

Share this post:
All New Mercedes-Benz C-Class W206 Resmi Meluncur, Yuk Kita Kupas Kecanggihannya
The All New Mercedes-Benz C-Class dengan kode bodi W206 telah resmi mengaspal di Tanah Air, mari kita kupas tuntas mengenai kecanggihan sedan mewah ini...

Seperti yang diketahui Mercedes-Benz C-Class W205 itu secara umur sudah hampir 8 tahun. Sehingga hari ini bertempat di Mall Senayan City PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia melaunch new model dari C-Class, yakni Mercedes-Benz C-Class W206.

Mercedes-Benz C300 Final Edition 2020

Tak terasa model C-Class berkode bodi W205 ini sudah jalan 8 tahun...

Mercedes-Benz C-Class W206 ini merupakan generasi penerus dari Mercedes-Benz C-Class W205. Untuk C-Class dengan kode bodi W206 ini meluncur dalam 2 varian yaitu C300 AMG Line dan C200 Avantgarde Line.

Eksterior Mercedes-Benz C-Class W206 Berkesan Timeless & Sporty

Kalau dilihat dari tampak depan yang terlihat sangat berubah adalah di kap mesin. Terlihat di sini sudah ada power dome (tonjolan) pada bonnet yang terlihat seperti mobil-mobil sport muscular, yang memberikan kesan sporty.

Kedua adalah dari sisi lampu, lampu ini totally new design, kalau dulu di W205 lampunya agak melebar, kini di W206 agak lancip dan meruncing (pipih), untuk penerangannya sendiri dipakai LED High Performance. Bukan hanya bentuk lampunya tapi total di dalam bentuk reflektornya sudah total berbeda.

Mercedes-Benz C300 AMG Line W206

Mercedes-Benz Pattern Grille ada di varian C300 AMG Line

Yang menjadi icon dari Mercedes-Benz C-Class W206 ini adalah sudah menggunakan Mercedes Pattern. Jadi di C300 AMG Line terdapat lambang-lambang three pointed star di grille. Kalau dulu di Mercedes-Benz AMG Line dulu kan identiknya dengan diamond pattern, sekarang lebih ke arah Mercedes-Benz.

>>> Miliki Mercedes-Benz C-Class Baru Dengan Bunga Hanya 2,2%

Dan yang membuatnya istimewa Mercedes-Benz pattern ini baru diterapkan di C-Class saja, untuk model lainnya seperti A-Class, GL-Class, CL-Class, E-Class bahkan S-Class saja belum. Spoiler di AMG Line bawah juga terlihat lebih sporty dengan lubang yang mengarahkan angin untuk ke dalam ruang roda dan samping kendaraan.

Mercedes-Benz C-Class W206 2022

Desain baru total, garis bahu membuatnya tampak cantik

Tampak samping tentunya terlihat berbeda dengan generasi sebelumnya, di mana di W206 ini terlihat lebih modern dan luxury dengan perpaduan garis-garis yang memberikan kesan 'bahu' yang sporty dan timeless.

Dan untuk velg Mercedes-Benz C300 AMG Line W206 ini menggunakan AMG 5-spoke Wheel, jadi velgnya sudah AMG ukuran 18 inci, dan untuk sektor kaki-kaki di bagian kaliper depan ia lebih besar demi stopping power yang lebih baik dan di kalipernya ada Mercedes-Benz lettering.

Eksterior belakang Mercedes-Benz C300 AMG Line W206 2022

Selain desain velg, ban yang digunakan C300 juga berbeda dengan C200

Ban khusus untuk yang Mercedes-Benz C200 Avantgarde Line menggunakan Mercedes-Benz menyematkan ban tipe Run Flat Tire. Sementara untuk varian C300 AMG Line masih mengusung ban 'biasa'. Hal ini dimaksudkan agar kenyamanan di C300 bisa tetap terjaga.

>>> First Drive Mercedes-Benz C200 AMG Line Final Edition 2021: Edisi Terakhir Layak Dimiliki?

Dan juga design dari lampu bagian belakang ini juga baru, kalau dulu hanya satu, kini desainnya two piece. Bentuknya lebih slim and sleek yang membuat kesan dinamis. Dari sektor bagasi juga sudah dilengkapi dengan hands free access yang bisa difungsikan melalui gesture kaki.

Bagasi Mercedes-Benz C-Class Avantgarde Line W206

Bagasi luas, pas buat eksekutif muda

Jadi Anda tinggal ayunkan kaki Anda ke bagian bawah bumper belakang maka bagasi akan terbuka untuk Anda. Tapi ingat, kunci harus Anda kantungi terlebih dahulu. Tutup bagasi ini juga bisa diatur dari Center Console di tengah agar tidak terlalu tinggi ketika terbuka.

Bicara soal bagasi kapasitasnya totalnya sekitar 450 liter, Anda bisa lihat dua koper ukuran medium dan sebuah tas golf besar bisa masuk dengan mudah di bagasi Mercedes-Benz C300 AMG Line W206 ini. Dari bagasi ini juga ada fitur rear seat folding, jadi bisa dilipat dari belakang dengan menarik dua buah tuas.

Interior Luar Biasa Canggih

Kalau hendak masuk ke dalam interior, juga lebih mudah berkat fitur Handsfree Access, jadi tidak perlu menekan tombol-tombol lagi, pokoknya kalau kunci sudah Anda kantungi Anda tinggal menarik gagang pintu saja.

Dan yang istimewa Anda akan disambut dengan Projection Logo Mercedes-Benz yang langsung menyorot ke bagian bawah pintu, sehingga Anda akan merasa disambut oleh mobil yang spesial.

Kursi belakang Mercedes-Benz C-Class W206 2022

Masih layak untuk digunakan pakai jasa supir

Karena ini mobil Mercedes-Benz yang biasa juga dipakai bos-bos, mari kita coba dulu duduk di kabin bagian belakang. Dengan postur tinggi tubuh tester Cintamobil.com yang berada di angka 173 cm, kami merasa masih cukup lega dan masih nyaman.

Karena dibandingkan dengan generasi sebelumnya yakni W205 ia memiliki jarak legroom yang lebih besar, dan headrestnya juga terasa nyaman menyangga kepala. Sehingga menurut kami disetirin pun masih kayak banget.

Kursi depan Mercedes-Benz C300 AMG Line W206 2022

Kursi depan mampu menopang badan dengan baik

Di kabin belakang juga enggak perlu khawatir kepanasan karena sudah ada kisi AC untuk penumpang belakang meski pengaturan THERMOTRONIC Dual Zone-nya masih harus dari depan.

Demikian juga dengan kursi depannya sudah pakai model baru, desain baru ini bukan hanya terlihat dari headrestnya tetapi juga seluruh model jok depan ini lebih menopang tubuh dengan baik. Bahannya juga menggunakan Artico leather yang terlihat dan terasa lembut tanpa meninggalkan kesan sporty.

Center Console Mercedes-Benz C200 Avantgarde Line W206

Center Console Operation beri kesan canggih

Highlight utama dari Mercedes-Benz C-Class W206 ini adalah interior di bagian depannya. Kini Mercedes-Benz sudah mengusung less button, semua kontrol dilakukan dari central display. 

Interior mobil ini namanya AMG Line Interior terlihat dari desain setir yang flat bottomed yang terdapat juga multifunction button untuk mengatur fitur Cruise Control, Center Display dan panel instrumen. Semua kontrol bisa dari setir maupun tombol di Center Display. Sedangkan Avantgarde Line setirnya masih bulat sempurna.

Interior Mercedes-Benz C200 Avantgarde Line

Cockpit Mercedes-Benz C200 Avantgarde Line W206 2022

Center Display ini dapat mengatur segala fitur di mobil, mulai dari mode berkendara, AC, navigasi offline, audio, smartphone intergration system, pengaturan fitur di mobil, tire pressure, temperature, status generator serta baterai 48 Volt dan semuanya. 

Interior sudah dilengkapi juga 64 warna, jadi lebih bikin betah di kabin. Ambient Light ini juga intuitif, misal Anda sedang mensetting AC dengan menaikkan suhu, maka kisi AC menjadi warna merah yang menandakan suhu dikabin diatur naik. Ambient Light ini jelas membuat aura di kabin ini semakin menyenangkan.

Camera 360 Mercedes-Benz C300 AMG Line W206

Fitur Camera 360° hanya ada di varian C300 AMG Line W206

Pada varian Mercedes-Benz C300 AMG Line 2022 motif Canter Console menggunakan jenis Carbon Fibre yang menambah kesan sporty, serta panel soft touch yang memperkuat kesan mewah. 

Posisi duduk ini juga bisa diatur menyesuaikan tinggi badan Anda, contoh Anda atur tinggi badan Anda di 183 cm maka secara otomatis kursi dan setir menyesuaikan sesuai postur tersebut. Meski menurut kami fitur ini agak kurang pas untuk postur tubuh orang Indonesia, lebih cocok postur tubuh orang barat yang pas dengan fitur ini.

>>> Segera dapatkan cashback Rp15 juta untuk Anda dari dengan membeli mobil dengan cara klik link ini

Mesin Efisien & Bertenaga

Beralih ke sektor Powertrain, Mercedes-Benz C300 AMG Line W206 ini menggunakan mesin terbaru berkode M254 dengan EQ Boost Engine. EQ Boost ini merupakan sistem mild hybrid dari Mercedes-Benz yang mengandalkan baterai 48V yang diletakkan di ruang mesin.

Baterai 48V itu digunakan untuk menggerakkan beberapa bagian mesin yang dulu digerakkan dengan mekanis (putaran mesin) menjadi elektrikal. Yang paling signifikan adalah dari kompresor AC, kalau kompresor AC biasanya pakai belt atau tali kipas, sekarang menggunakan electrical.

Mesin Mercedes-Benz C200 Avantgarde Line W206

Output mesin C200 Avantgarde Line tenaganya 204 HP dan torsi 300 NM

Mesin M254 ini di C300 punya kapasitas silinder 1,998 cc punya tenaga 254 HP dan torsi 400 NM. Tenaga dan torsi tersebut semuanya disalurkan ke dua roda belakang melalui transmisi 9G-Tronic. Sementara untuk C200 mengusung mesin 1.500 cc dan sama-sama punya teknologi ECO Boost hanya tenaga dan torsinya lebih kecil.

O ya, karena mesin Mercedes-Benz C-Class W206 ini sudah pakai teknologi ECO Boost engine, ketika menyalakan mesin tak akan terdengar lagi suara cranking motor stater, jadi kalau tuas transmisi di P, injak pedal rem, tekan tombol stater, abrakadabra mesin langsung jreeeeng... nyala.

>>> Mercedes-AMG Tebar Ancaman Dengan Merilis Mesin 4 Silinder Turbo Terbaru

Fitur Bikin Aman Serta Nyaman

Bicara soal fitur keamanan Mercedes-Benz C-Class W206 dilengkapi dengan Active Brake Assist, Active Lane Keeping Assist, Blind Spot Assist, Parking Assist, Attention Assist, dan juga untuk C300 AMG Line sudah dilengkapi dengan kamera 360 yang mampu menyajikan citra mobil secara keseluruhan.

Jadi dimensi mobil tervisualisasi dengan baik di layar, sehingga akan memudahkan Anda bermanuver. Istimewanya lagi, mobil Mercedes-Benz C-Class W206 ini juga sudah dilengkapi dengan fitur tag location.

Interior Mercedes-Benz C200 Avantgarde Line W206

Fitur Mercedes-Benz C-Class W206 ini bikin aman dan nyaman

Jadi semisal Anda sudah terbiasa parkir di rumah, lalu tinggal aktifkan fitur ini, maka kalau lagi jalan sudah dekat tempat parkir kamera 360 tadi otomatis akan menyala seolah memberitahu Anda kalau sudah mau sampai rumah.

Soal kenyamanan kabin belakang juga patut diacungi jempol, karena sudah terdapat tirai belakang yang dapat dikendalikan secara otomatis dari tombol pengatur power window pengemudi. Eits, tapi ini khusus di varian C300 AMG Line ya...

Eksterior belakang Mercedes-Benz C200 Avantgarde Line W206

Mercedes-Benz C-Class W206 dipasarkan mulai hari ini (14/7)

Fitur DYNAMIC SELECT di C300 ada ECO, COMFORT, SPORT, SPORT+, dan INDIVIDUAL. Di mode INDIVIDUAL semuanya bisa Anda atur sesuai kemauan Anda, entah itu bagaimana respon setir, kesigapan transmisi, respon pedal gas, hingga karakter berkendaranya. Kalau C200 minus SPORT+ saja.

Fitur Voice Command juga tetap tersedia, Anda tinggal bilang 'Hi Mercedes' contohnya ingin mengubah warna ambient light, Anda tinggal mengucapkan 'Ambient Light Blue' maka secara otomatis sistem akan menjawab 'OK I'm Changing The Color' langsung lampu ambient di kabin berubah menjadi warna biru.

Layar pengatur fitur Mercedes-Benz C200 Avantgarde Line W206 2022

Pengaturan fitur Mercedes-Benz C-Class W206 bisa melalui perintah suara

Untuk Smartphone Integration Package kini tak harus menggunakan kabel lagi, tapi sudah menggunakan Bluetooth. Ketika sudah tersambung baik ke interface Android Auto maupun Apple CarPlay maka Anda bisa mendapatkan kontrol ke beberapa aplikasi penting seperti Whatsapp hingga memutar audio.

Ngomongin soal Audio, alunan musik terdengar merdu walau di C-Class terbaru ini hanya dilengkapi dengan audio standar dengan 5 speaker. Kami cukup terhibur dengan audio standar di Mercedes-Benz C-Class W206 ini.

Harga Mercedes-Benz C-Class W206

Jika Anda suka dengan Mercedes-Benz C-Class W206 ini, langsung kunjungi diler Mercedes-Benz terdekat atau buka website Mercedes-Benz Indonesia dan lakukan pemesanan online. Anda pun harus cepat biar enggak inden lama, karena kami yakin Mercedes-Benz enggak akan kesulitan menjual model ini dalam jumlah banyak.

Emblem C200 Avantgarde Line W206

C200 Avantgarde Line kami prediksi jadi best seller di model C-Class

Untuk harga off-the road Mercedes-Benz C300 AMG Line harganya Rp 1.095.000.000, sementara C200 Avantgarde Line dibanderol Rp 970.000.000. Kalau untuk harga on-the road Anda tinggal tambahkan kurang lebih sekitar 10% dari harga mobil.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com About Arfian Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jur
 
back to top