All New Honda BR-V Buatan Indonesia Siap Diekspor ke 30 Negara

22/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
All New Honda BR-V Buatan Indonesia Siap Diekspor ke 30 Negara
PT Honda Prospect Motor (HPM) tak cuma meluncurkan All New Honda BR-V untuk pasar Indonesia. Mereka juga akan mengekspor Low SUV ini ke 30 negara lainnya.

Usai menggoda masyarakat Indonesia dengan N7X Concept, akhirnya HPM memperkenalkan versi produksi massal mobil konsep tersebut sebagai All New Honda BR-V. Penyebutan All New bukan sekadar gimmick marketing karena mobil ini memang 100% baru dibanding pendahulunya.

Dalam acara peluncuran yang dilakukan secara virtual, pihak Honda mengungkapkan rencana untuk mengekspor Low SUV dengan muatan lokal 84% ini ke 30 negara yang tersebar di seluruh dunia.

"Saat diperkenalkan, N7X mendapat sambutan baik dari konsumen indonesia. Tetapi, kita juga dapat good impression dari luar Indonesia. Jadi kami berencana untuk mengekspor All New Honda BR-V ke 30 negara," ungkap Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales HPM.

Gambar All New BR-V

Meski dikembangkan untuk pasar Indonesia, mobil ini akan dipasarkan di luar negeri

>>> All New Honda BR-V Meluncur, Harganya Mulai Dari Rp 260 Juta

Negara Mana Saja yang Menjadi Tujuan BR-V Terbaru?

Semenjak diperkenalkan di tahun 2015, Honda BR-V telah terjual lebih dari 255.000 unit secara global. Indonesia menjadi kontributor paling besar yang menyumbang 30% dari total penjualan tersebut.

Rencananya, Honda akan memasarkan Low SUV terbaru mereka di Meksiko, beberapa negara di Asia, Amerika Tengah Amerika Selatan, dan Afrika.

All New BR-V akan mulai diproduksi pada akhir tahun 2021 dan para konsumen yang sudah memesan akan menerima unit mereka pada awal tahun 2022. Selanjutnya, Honda akan mulai mengekspor mobil tersebut secara bertahap.

"Di tahun fiskal 2022, kami berencana untuk mengekspor 11.000 unit secara bertahap dan disesuaikan dengan permintaan dan kondisi pasar," sebut Billy.

Gambar Brio Ekspor

Seperti Brio, ekspor BR-V akan menjadi kontributor devisa negara

Sementara itu, Honda memprediksi bahwa mereka dapat menjual 40.000 All New BR-V selama tahun 2022 di Indonesia. HPM cukup percaya diri meski pandemi masih belum selesai hingga saat ini.

"Kami menerima antusiasme yang sangat tinggi dari para konsumen dan melihat kondisi pasar sudah mulai membaik. Jadi, ini waktu yang tepat untuk meluncurkan mobil baru," ujar Billy.

>>> Honda BR-V Terbaru Butuh Modal Ini Biar Lebih Sukses

Sudah Bisa Dipesan Hari Ini

Meski All New BR-V saat ini masih dalam tahap uji tipe dan belum diproduksi dalam waktu dekat, para konsumen yang tertarik sudah bisa memesan mobil ini di dealer Honda terdekat.

HPM memang belum mengumumkan harga resmi dari Low SUV 7 penumpang baru mereka, tetapi Billy meyakinkan bahwa mobil itu akan memiliki value for money yang tinggi.

Gambar Honda BR-V

Anda bisa melihat langsung mobil ini di Dreams Cafe yang berlokasi di Ground Floor Senayan Park

"Harga tunggu nanti, saat belum bisa kami umumkan. Tetapi kalau melihat kondisi saat ini dengan pajak normal, bisa diasumsikan, mulai dari Rp 260 juta. Sudah pasti dan kami janjikan, itu pasti value for money," tegas Billy dengan percaya diri.

Memang All New BR-V menawarkan fitur-fitur canggih yang belum pernah ada di kelasnya seperti Honda Sensing dan Honda LaneWatch. Selain itu, mobil ini juga dibekali mesin baru yang saat ini paling bertenaga dibanding rival-rivalnya di segmen Low SUV 7 penumpang.

Adapun secara global, BR-V telah terjual lebih dari 255.000 unit. Sementara Indonesia merupakan negara tertinggi dalam kontribusi penjualannya sebanyak 30 persen.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Baru Meluncur, Honda BR-V Terbaru Siap Diekspor ke 30 Negara", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/21/165100015/baru-meluncur-honda-br-v-terbaru-siap-diekspor-ke-30-negara.
Penulis : Dio Dananjaya
Editor : Azwar Ferdian

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top